Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 16 Mei 2017

Kekuatan Cinta dari "I Love You From 38000 Feet"

Disusun Oleh : Delta Maryana Putri 


Judul Film     : I Love You From 38.000 Feet
Tahun            : 2016
Sutradara      : Asep Kusdinar
Pemain         : Michelle Ziudith, Rizky Nazar, Derby Romero, Tanta Ginting, Ricky
                       Cuaca, Varrel Bramasta

ORIENTASI
I Love You From 38.000 feet adalah film yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Tisa TS dan diproduksi oleh Screenplay Films yang bekerja sama dengan Legacy Pictures yang ternyata ada pesan cinta tersirat dari film ini, mungkin beberapa penonton tidak menyadarinya karena pesan ini muncul saat ‘credit tittle’ In Memoriam Khairunisa. Almarhumah khairunisa, pramugari Air Asia yang mengalami musibah kecelakaan pesawat 28 Desember 2014. Almarhumah menulis “I Love You from 38.000 feet” yang singgah ke akun instagram. Lalu “I Love You from 38.000 feet” menjadi inspirasi untuk Screenplay menjadikan judul produksi filmnya. Namun film ini bukan cerita asli almarhumah Khairunisa. Melalui film ILY from 38.000 ft yang berdurasi sekitar 90 menit, Screenplay Film Ingin memberikan apresiasi atas pesan cinta yang inspiratif tersebut. Dan kekuatan cinta yang indah itu terwakilkan melalui tokoh Aletta (Michelle Ziudith) dan Arga (Rizky Nazar).

TAFSIRAN ISI 1
Film ini berkisah tentang seorang gadis yang bernama Aletta (Michelle Ziudith) yang pergi ke bali untuk berlibur. Di pesawat pada ketinggian 38.000 kaki Alleta bertemu dengan Arga (Rizky Nazar). Seorang sutradara dalam acara Geography Chanel. Arga yang pergi ke Bali dengan tujuan melakukan syuting acaranya pada saat itu membutuhkan seorang host. Alleta yang tahu kalau Arga membutuhkan seorang host datang keperusahaan tempat Arga bekerja dan menawarkan diri menjadi host. Aletta awalnya tidak diterima oleh Jonah (Tanta Ginting) untuk menjadi host di acara tv mereka. Namun teman-teman Arga yang lain Rimba (Derby Romero) dan Bugy (Ricky Cuaca) menerima Aletta sebagai host mereka karena menurutnya apa salahnya Aletta mencoba untuk menjadi host mereka.

TAFSIRAN ISI 2
            Seiring berjalannya waktu dalam film tersebut, Rimba diam-diam menyukai Aletta. Namun, Aletta tetap menyukai Arga yang bersikap cuek kepadanya. Karena sering bertemu dan banyak kejadian-kejadian lucu yang terjadi di antara mereka, hubungan kedua insan tersebut semakin dekat. Suatu hari Arga menanyakan tujuan Aletta ke Bali. Ternyata Aletta ke Bali bukan untuk berlibur, namun untuk kabur dari rumah, karena berselisih paham dengan orangtuanya. Arga yang lebih dewasa membujuk Aletta agar segera pulang ke rumah dan berjanji akan menyusulnya ke Jakarta. Namun ternyata Arga tidak pernah muncul menemui Aletta di Jakarta dan menepati janjinya. Hari demi hari Aletta menunggu sosok cowok yang dicintainya, namun tak kunjung datang dikarenakan kecelakaan pesawat yang menimpa Arga. Aletta masih berharap Arga menepati janjinya. Akhirnya Arga ditemukan dalam kecelakaan pesawat tersebut, dan kembali menemui Aletta untuk menepati janjinya yang saat itu hampir menikah dengan Dito (Varrel Bramasta) yang dijodohkan oleh keluarga mereka.

TAFSIRAN ISI 3
            Pesan moral yang ingin disampaikan yaitu perjuangkanlah seseorang yang patut untuk diperjuangkan. Selalu percaya pada harapan, bahwa kekuatan cinta sejati itu nyata.

TAFSIRAN ISI 4
            Makna dari nama I Love You From 38000 Feet diambil dari sebuah pertemuan Aletta dengan Arga dalam perjalanan pesawat pada ketinggian 38000 kaki. Sejak pertemuan itulah Aletta jatuh hati dengan sosok Arga.
           
TAFSIRAN ISI 5
            Film ini ditujukan untuk para remaja yang hatinya sedang merasa jatuh cinta. Film ini sangat ringan dan mampu membuat para penonton/pembacanya tersenyum dan tertawa melihat kisah di dalam film tersebut.

EVALUASI
            Keinginan Screenplay Film menjadikan film I Love You from 38.000 Feet (Film ILY), sebagai hattrick box office, terbayar tuntas. Film ILY akhirnya tembus satu juta penonton.
Kelebihan dari film ini, sangat mudah dimengerti bahasanya bagi para remaja. Mengingat cerita dalam film ini bergenre drama percintaan remaja. Sehingga bagi para remaja yang sedang merasa jatuh cinta pun ikut terbawa suasana dalam kisah film tersebut. Soundtrack yang ada pada film tersebut pun sangat cocok dan menyentuh, salah satu judul lagu yang populer yaitu “Jangan Hilangkan Dia” dinyanyikan oleh Rossa ciptaan Ryan D’Masiv. Dibalik kelebihan pasti ada kekurangan, salah satunya yaitu banyak perbedaan yang terdapat di dalam novel dan film I Love You From 38000 Feet nya itu sendiri.

RANGKUMAN
            Film I Love You From 38000 Feet ini berkisah tentang seorang wanita yang bernama Aletta (Michelle Ziudith) pergi ke Bali dengan tujuan berlibur. Di sana, ia bertemu dengan Arga (Rizky Nazar), seorang mahasiswa, yang menyebabkan Aletta langsung dekat dengannya. Lambat laun, hubungan Aletta dan Arga semakin dekat sehingga pada saat Aletta hendak kembali ke Jakarta, Agra berjanji akan menyusul Aletta ke Jakarta untuk menikahinya. Akan tetapi, Arga belum juga hadir ke Jakarta untuk memenuhi janjinya tersebut kepada Aletta karena kecelakaan pesawat yang menimpa Arga. Hingga akhirnya Arga kembali untuk memenuhi janjinya kepada Aletta.
Dengan demikian film ini sangat layak dan ditujukan untuk para remaja dan berkesan menarik bagi siapa saja yang melihat kisah I Love You From 38000 Feet.


Daftar Pustaka


Diakses Pada : 14 Mei 2017


Tidak ada komentar:

Posting Komentar