Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 16 Mei 2017

Belajar Sukses dari “Merry Riana : Mimpi sejuta Dollar”



Disusun oleh : Sindy Rukmayanti






Judul Film : Merry Riana : Mimpi Sejuta Dollar

Tahun : 2014

Sutradara : Hestu Saputra

Pemeran : 

1. Chelsea Islan

2. Dion Wiyoko

3. Kimberly Ryder

4. Ferry Salim

5. Ninik L. Karim

6. Cinthya Lamusu

7. Ramzi




Orientasi

Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar adalah film drama Indonesia yang dirilis pada 24 Desember 2014, diadaptasi dari novel dengan judul sama yang di tulis oleh Alberthiene Endah dan diterbit pada tahun 2011 oleh Gramedia Pustaka Utama. Film berdurasi 1 jam 45 menit ini di sutradarai oleh Hestu Saputra dengan MD Pictures sebagai Production House-nya. Film ini diperankan oleh Dion Wiyoko, Chelsea Islan,Kimberly Ryder, dan Ferry Salim. 

“Merry Riana Mimpi Sejuta Dolar” diangkat dari kisah nyata seorang gadis bernama Merry Riana yang mendapatkan 1 juta dolar pertamanya di Singapura pada saat umur 26 tahun. Latar belakang film ini adalah kisah nyata yang dialami oleh Merry Riana, sepertinya Sutradara ingin menunjukkan betapa kerasnya hidup seorang Merry Riana untuk meraih kesuksesan di Singapura. Setelah melalui banyak rintangan dan tantangan, akhirnya ia dapat meraih kesuksesan tersebut.



Tafsiran 1

Kisah berawal di jakarta tahun 1998. Pada saat kisruh yang terjadi pada masa itu. Penjarahan dimana-mana dan yang menjadi sasaran ialah kaum etnis Cina. Memaksa seorang gadis yang bernama Merry Riana yang diperankan oleh (Chelsea Islan) yang baru saja lulus dari SMA terpaksa mengungsi ke negara Singapura Walau sebenarnya ingin tetap bertahan, namun kedua orang tua Merry Riana tetap memintanya untuk segera berangkat. 

Tafsiran 2

Ketika sampai di Singapura, Merry disuruh ayahnya untuk mencari alamat teman ayahnya yang tinggal disana. Namun ternyata alamat yang dia cari tidak ada. Merry yang kini sendirian di Singapura dengan bekal uang yang pas-pasan, Harus bertahan hidup minimal sampai ayahnya kesana menjemputnya . Dari sinilah kisah perjuangan Merry Riana dimulai dengan harus mencari tempat tinggal dan bertahan hidup. Banyak kata-kata yang memotivasi dalam film ini. Salah satu yang paling saya suka ialah “sukses itu bukan sekedar memiliki uang banyak, Tapi sukses itu ketika kita bisa membuat orang memiliki harapan”.

Tafsiran 3

Dalam Film “Merry Riana : Mimpi Sejuta dollar” memiliki pesan moral yang terkandung didalamnya yaitu, jika kita memiliki sebuah keinginan, gapai keinginan tersebut tanpa mengenal menyerah dan tanpa mengenal lelah.

Tafsiran 4

Film “Merry Riana : Mimpi sejuta dollar” diangkat dari kisah Merry Riana. Merri Riana sendiri adalah salah satu motivator ternama di Indonesia. Kisah hidupnya di Singapura mendapatkan 1 juta dolar pertamanya di usia 26 tahun, kini telah di konversi menjadi gambar bergerak.

Tafsiran 5

Ditengah maraknya film-film berbau romantis yang merabak di kawasan anak remaja, “Merry Riana : Mimpi Sejuta Dollar” cukup menarik perhatian masyarakat. Walau tidak se-booming “Comic 8” atau “Hijrah Cinta”, namun film ini mampu menyita perhatian masyarakat luas.

Tafsiran 6

Dengan Genre Komedi/Drama dan dengan kisah perjuangan hidup di bumbui oleh kisah cinta yang sangat menguras perasaan, film “Merry Riana : Mimpi Sejuta Dollar” sangat dianjurkan bagi pecinta film, khususnya kalangan remaja agar lebih termotivasi oleh kegigihan sosok Merry Riana.



Evaluasi

Walau termasuk dalam film ber-genre drama, film “Merry Riana : Mimpi Sejuta Dollar” memiliki beberapa scene yang menampilkan sisi humoris film ini. Dalam film ini, juga terdapat satu tokoh yang aktingnya sangat lebay. Namun itu malah sangat pas dan cocok, membuat penonton tertawa karenanya. Ia adalah bos dari Alva. Seorang pengusaha di Singapura. 

Latar negeri Singapura yang indah membuat film ini juga mempunyai sensasi tersendiri ketika menontonnya. Seolah kita melihat atau menikmati film luar negeri. Dipadukan dengan kisah cinta, menambah komplit dan lengkapnya cerita film ini. Cinta segitiga dalam film ini dicampurkan sangat baik. Penonton dibuat tersentuh dengan kisah cintanya. Kisah perjuangan hidup Merry Riana dikemas dengan baik di film ini. Setting yang diambil di Singapura menampilkan scene yang bagus. Kita hanyut dibawa dalam cerita ini tanpa sadar mungkin air mata akan mengalir ketika Merry kembali lagi mengalami musibah. Nilai yang dapat dipetik pasti macam-macam. Masing-masing orang dapat menilai sendiri apa saja itu. Kisah percintaan tentunya merupakan penarik para remaja untuk menonton film ini. SHMILY, ini mungkin bisa menjadi salah satu trend berikutnya setelah menonton ini.

Chelsea Islan, pemeran Merry dalam film ini nampaknya sangat menikmati perannya. Ia tampil begitu natural dan aktingnya sangat pas. Yah walaupun ada beberapa mimik wajahnya yang dilebih-lebihkan, namun itu tidak begitu terlihat. Chelsea tetap tampil memukau, ia patut diacungi jempol. Begitu juga dengan pemain lainnya seperti Dion Wiyoko sebagai Alva, yang menjadi penjamin student loan Merry, ia tampil sangat bagus. Tidak berlebihan dan sangat pas, mungkin juga karena dia sudah berpengalaman dengan dunia akting berakting.

Tapi ada hal yang menjadi sorotan penting, film besutan sutradara Hestu Saputra ini mempunyai kekurangan-kekurangan di dalamnya. Salah satunya dari pengambilan latarnya. Walaupun itu membuat filmnya semakin greget, namun terlihat kurang selaras dengan kisah aslinya. Kisah Merry Riana pada tahun 1998 dan sangat berbeda dengan Singapura tahun 2014 ketika film dibuat. Sayangnya Hestu Saputra tidak mengganti latar dan menyamakannya seperti tahun 1998. Hanya saat terjadi kerusuhan tahun 1998 saja latarnya pas, dan itu hanya sebentar. Seharusnya ada penyesuaian yang lebih pas untuk latar tersebut. Ini juga terbukti bahwa terdapat adegan percintaan Merry dan Alva yang berlatar belakang di gedung Singapore Flyer yang memang pada tahun 1998 gedung tersebut belum ada.



Rangkuman

Kisah Merry Riana yang dikenal sebagai sosok yang memotivasi banyak orang, dan saat ini pekerjaanya adalah memang memotivasi. Banyak yang dapat diambil dari kisah Merry Riana ini. Kisah cinta Merry dan Alva yang sungguh dramatis. Akhirnya menjadikan mereka satu sebagai sepasang kekasih. Ada suatu kutipan difilm ini, ketika Alva menyatakan perasaanya kepada Merry dengan memberinya buku berjudul (s.h.m.i.l.y) yang artinya ‘See How Much I love you’. Banyak kata-kata yang memotivasi dalam film ini. Salah satu yang paling saya suka ialah “sukses itu bukan sekedar memiliki uang banyak, Tapi sukses itu ketika kita bisa membuat orang memiliki harapan”.

Dengan amanat yang terkandung di dalam film Merry Riana Mimpi Sejuta Dolar yaitu, jika kita memiliki sebuah keinginan, gapai keinginan tersebut tanpa mengenal menyerah dan tanpa mengenal lelah, sukses membawa film ini menjadi salah satu fim yang diperhitungkan diranah perfilm-an dan sangat amat layak untuk ditonton.





Daftar Pustaka

https://www.google.co.id/urlq=https://id.m.wikipedia.org/wiki/Merry_Riana:_Mimpi_Sejuta_Dolar&sa=U&ved=0ahUKEwj_we2wl-

http://syaifardhinata.blogspot.co.id/2015/04/sinopsis-mengenai-film-merry-riana.html?m=1

https://www.finansialku.com/kisah-sukses-merry-riana-mimpi-sejuta-dolar/

http://m.kompasiana.com/diananggriani27/resensi-novel-merry-riana-mimpi-seribu-dolar-karya-alberthiene-endah_5630497c3eafbd430781bd1e

https://davidadinugroho.wordpress.com/2015/04/21/teks-ulasan-film-merry-riana-mimpi-sejuta-dolar/



Diakses Pada Tanggal 8 Mei 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar