Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 16 Mei 2017

KESAKSIAN DAN PENGORBANAN DARI “HIJRAH CINTA”

Disusun Oleh :
Pitri Handayani


Judul Film     : Hijrah Cinta
Tahun            : 2014
Sutradara      : Indra Gunawan
Pemain          :
- Alfie Alfandy sebagai Uje
- Revalina S Temat sebagai Pipik
- Wieke Widowaty sebagai Umi Tatu
- Piet Pagau sebagai ayahnya Uje

Orientasi
Hijrah Cinta adalah sebuah film produksi MVP Pictures yang bercerita tentang kisah hidup Uje. Mulai menjalani kehidupan gelap sebagai pecandu narkoba hingga berpulang ke Ilahi karena kecelakaan. Para pemain Alfie Alfandy (Uje), Revalina S Temat (Pipik), Valentino (Gugun Gondrong), dan Wieke Widowaty (Umi Tatu) mampu berperan apik menyajikan sebuah kisah nyata yang menjadi nyata. Serpihan perjalanan hidup ustad gaul yang menggetarkan dan mengharukan ini menjelma menjadi sebuah kisah film yang juga bercerita tentang cinta, persahabatan, dan dakwah.

Tafsiran 1
Uje adalah aktor sekaligus model. Bahkan, pita suaranya menyimpan vokal yang kaya warna. Dikisahkan bagaimana almarhum setelah melewati godaan dunia dan kembali pada titik penyadarannya. Kisah tentang Uje muda yang hanyut dalam kenikmatan dunia, yang kemudian tinggalkan semua bakat yang dimilikinya sebagai aktor, model, bahkan masa depan yang bagus, ia sia-siakan begitu saja. Karena ulahnya, ia dijauhi teman dan sahabat. Bahkan harapan seorang ibu yang inginkan sang anak tidak menyia-nyiakan hidup harus pasrah menghadapi kenyataan.

Tafsiran 2
Sampai suatu saat Allah mempertemukan Uje dengan seorang gadis bernama Pipik. Pipik inilah yang mengubah hidup Uje. Dihadapan Pipik, Uje bertanya, “Maukah kau menjadi saksi perubahan hidupku?” pertanyaan itu menjadi simbol titik balik hidup Uje. Pipik meyakini laki-laki yang dicintainya ini memiliki tekad besar untuk beranjak dari hidupnya yang kelam.

Tafsiran 3
Saat menikah inilah yang menjadi titik puncak hijrah Uje dimana ia ingin sembuh dan tidak lagi menjadi pecandu narkoba, di dampingi Pipik. Uje mencoba melawan rasa sakitnya saat diguyur air dikepalanya berkali-kali. Perlahan hidup Uje mulai berubah dan ia mulai mengajak sahabatnya kembali ke jalan yang benar, walaupun banyak yang menolak ajakannya itu.

Tafsiran 4
Pada saat Uje melaksanakan sholat berjamaah di masjid dan saat itu ditawari untuk menjadi imam sholat berjamaah banyak orang yang tidak percaya diimamkan oleh Uje, sampai beliau selesai sholat berjamaah hanya tersisa dua orang yang menjadi makmum. Uje pun ditawarkan untuk menjadi pengisi ceramah Jumat di masjid tempat kakaknya biasa ceramah dan pada saat itulah untuk pertama kalinya Uje memberikan uang halalnya kepada Pipik.

Tafsiran 5
Pipik bukan sekedar menjadi saksi perubahan hidup. Ia penyelamat hidup Uje. Melepaskannya dari jerat narkoba dan mampu merubah sosok Uje menjadi seorang ustad terkenal. Selain Pipik, salah satu motivasi Uje melakukan hijrah adalah perkataan ayahnya, “Jadilah yang nomor satu dimata Tuhan” pesan singkat almarhum sang ayah, menyadarkan Uje.

Evaluasi
Film yang dirilis pada 24 Juli 2014 lalu ini mampu memaksa sang istri, Pipik, mengeluarkan air mata sepanjang film Hijrah Cinta ketika diputar untuk kalangan terbatas pada 19 Juli lalu di Epicentrum Walk XXI, Jakarta. Semua kenangan dan kisah cinta bersama almarhum suaminya, ustad Jefri Al Buchori alias Uje, bagaikan terulang. Walaupun hanya sebuah film, Hijrah Cinta mampu menyajikan semua yang diceritakan memang benar adanya. Karakter Uje yang diperankan apik oleh Alfie yang memiliki kemiripan perawakan dan bentuk wajah hingga suara yang berpotensi membuat penonton semakin merasa tersentuh.

Rangkuman
Film yang diproduseri oleh Raam Punjabi dan disutradarai oleh Indra Gunawan ini nampaknya wajib menjadi tontonan sekaligus tuntunan, terutama bagi para pengagum Uje. Film ini juga memberi pelajaran baik bagi kita untuk menjalani kehidupan yang fana ini.




SUMBER


Diakses pada tanggal 12 Mei 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar