Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 16 Mei 2017

DRAMA KELUARGA YANG DIKEMAS SECARA KOMEDI “CEK TOKO SEBELAH”

DISUSUN OLEH :

 TIARA PUSPITA




JUDUL FILM             : CEK TOKO SEBELAH
TAHUN                       : 2017
SUTRADARA            : ERNEST PRAKASA
PEMAIN                     :




Orientasi 1 :
Cek Toko Sebelah adalah film komedi Indonesia produksi Starvision Plus yang dirilis pada 28 Desember 2016 dan disutradarai oleh Ernest Prakasa. Ide cerita film ini dibuat berdasarkan pada realitas etnis Tionghoa saat anak beranjak dewasa, kuliah yang tinggi, mirisnya ujung-ujungnya bekerja di toko orang tuanya sendiri. Film ini ditulis oleh Ernest Prakasa dan Jenny Jusuf dengan pengembangan cerita dari Meira Anastasia.

Orientasi 2 :
Alkisah hidup sebuah keluarga etnis Tionghoa yang terdiri dari sang ayah yang akrab disapa Koh Afuk (Chew Kin Wah) dan kedua putranya: sang kakak Yohan (Dion Wiyoko) dan sang adik Erwin (Ernest Prakasa). Koh Afuk adalah seorang pemilik toko kelontong yang laris manis.Kedua anaknya memiliki kehidupan yang bertolak belakang. Sang kakak adalah seorang fotografer serabutan yang memiliki masa lalu kelam setelah ditinggal wafat ibu mereka. Sedangkan sang adik mempunyai hidup yang lebih sempurna. Kuliah di luar negeri hingga kini mempunyai pekerjaan yang sangat mapan. Apalagi ditambah memiliki kekasih cantik (Gisella Anastasia) yang juga datang dari kelas atas.

Tafsiran Isi 1 :
Erwin yang mempunyai karir sukses tiba-tiba binggung dengan permintaan Koh Afuk yang tengah terbaring di rumah sakit yaitu untuk mewarisi toko. Erwin yang merasa karirnya cemerlang dan tidak enak hati dengan abangnya Yohan, mencoba menyakinkan Koh Afuk untuk memikirkan permintaan itu. Tapi Koh Afuk berkeras hati untuk memberikan toko itu kepada Erwin dan tidak kepada Yohan yang menurut Koh Afuk, dia mengurus sendiri dan istrinya saja tidak mampu apalagi mengurus toko beserta karyawan.

Tafsiran Isi 2 :
Erwin pun menyerah dan menyanggupi permintaan Koh Afuk karena Koh Afuk bercerita tentang susah payahnya membangun toko itu dengan istrinya. Erwin tidak mampu menolak karena ingat ibunya yang telah tiada. Koh Afuk bilang untuk mencoba dulu 1 bulan, dan bila sudah selesai Erwin boleh memilih untuk terus menjaga toko itu atau meneruskan karirnya. Natalie yang merasa "menjaga" toko bukanlah pekerjaan yang baik memprotes keputusan Erwin itu. Begitupun juga Yohan yang memperlihatkan dia marah sampai memukul lemari kayu. Ayu sebagai istri Yohan berusaha menenangkan suaminya.

Tafsiran Isi 3 :
Ada banyak pesan moral yang bisa kita dapatkan dari film ini. Selain keuletan dalam berusaha, tipikal khas dari orang-orang etnis Cina yang saya kenal sejak kecil, dari film ini kita juga diingatkan untuk menjaga baik-baik hubungan dengan orang tua.Pesan moral lainnya adalah bahwa persaingan toko dengan produk sejenis, tidak selamanya menjadikan toko sebelah adalah pesaing.

Tafsiran Isi 4 :
Setelah mencoba menjalankan bisnis Toko Kelontong milik ayahnya selama satu bulan, Erwin pun kembali ke pekerjaan dia yang sebenarnya. Walaupun Koh Afuk tetap ingin mewariskan tokonya kepada Erwin, tetapi Erwin lebih memilih untuk bekerja di perusahaan yang dia kerjakan. Koh Afuk pun akhirnya menjual Toko Kelontong nya kepada Robert yaitu orang yang ingin membeli tanah milik Koh Afuk dengan harga yang tinggi dan Koh Afuk pun terbaring di rumah sakit untuk yang kedua kalinya. Karena melihat ayahnya yang begitu miris, Erwin dan Yohan bekerja sama untuk mengembalikan Toko Kelontong milik ayahnya dan mereka berhasil membatalkan perjanjian menjual Toko Kelontong ayahnya. Dan setelah kejadian tersebut akhirnya Erwin pun sadar bahwa keluarga adalah segalanya dan Koh Afuk pun meminta maaf kepada Yohan karena telah salah menilai Yohan dengan sikap yang buruk.

Tafsiran Isi 5 :
Film kedua garapan Ernest Prakasa ini menyuguhkan drama keluarga yang bercampur dengan komedi.Cek Toko Sebelah ini terinspirasi dari orangtua keturunan Tionghua yang kebanyakan memiliki Toko Kelontong dan membanding-bandingkan harga dengan menjawab cek aja toko sebelah. Yang kental dari kehidupan orang Tionghoa tampil dengan subtil dan cerdas, misalnya sudah bersekolah tinggi tapi jatuh-jatuhnya "hanya" membantu orang tua berjualan di toko sederhana. Atau bahwa Erwin tidak ingin membuat ayahnya kecewa tapi ia juga ingin mengikuti mimpinya sendiri.Sasaran penonton dalam film ini adalah dari umur 13 tahun.

Evaluasi 1 :
Akting semua peran menurut saya pas. Koh Afuk sanggat menyentuh ketika meminta maaf ke Yohan di pemakaman, dan Dion Wiyoko tidak usah diragukan lagi kualitasnya.Musik dan lirik pas sekali mengalun di tiap babak film ini. Seperti salah satu judul lagunya: Berlari Tanpa Kaki. Cek Toko Sebelah sangat mungkin untuk berlari menembus batas, tanpa kaki (terbang), jauh, tidak hanya berlari melewati layar bioskop dan jatuh ke hati penonton, tapi jauh berlari menjadi salah satu film terlaris di Indonesia.Pesan moral yang disampaikan juga terkena dengan sangat baik. Drama keluarga yang dicampur dengan komedi ini mendapat pujian yang baik oleh respon penonton.

Evaluasi 2 :
Ada adegan yang menurut saya "percuma", seperti adegan seorang ibu melunasi hutang; di situ ada Koh Afuk yang sedang menghitung uang pengembalian ibu tadi dan memprotes kok tidak sama dengan hitunganya. Koh Afuk mencari sesuatu di bawah meja, lalu bilang kalau jumlahnya ternyata sesuai. Setelah itu Koh Afuk pergi dan ibu tadi mencubit pipi dan memuji ketampanan Erwin. Ernest yang banyak menggunakan dialek bahasa inggris dirasa kurang pantas karena dialek Ernest yang masih “terlalu” Indonesia dirasa kurang pantas untuk orang yang tinggal lama kuliah di Australia. Respon penonton yang sangat baik menghilangkan kekurangan yang ada di dalam film tersebut. Dan film Cek Toko Sebelah masuk dalam nominasi Indonesia Box Office Movie Award 2017 (IBOMA 2017) dan mendapatkan 6 penghargaan sekaligus.

Rangkuman :
Inti cerita dalam film Cek Toko Sebelah ini menceritakan tentang seorang ayah yang punya 2 orang laki-laki dan ingin mewariskan Toko Kelontong nya kepada anak bungsunya karena anak bungsunya mempunyai tanggung jawab dan karier yang lebih sukses daripada kakak nya.Jadi makna film ini adalah bahwa jagalah hubungan baik dengan orangtua yang masih dimiliki sampai sekarang. Film ini sangat layak ditonton karena penyuguhan film ini yang dibuat dengan sangat menarik dengan menampilkan drama keluarga yang dicampur dengan komedi.



DAFTAR PUSAKA

http://www.hipwee.com/opini/ulasan-film-cek-toko-sebelah-2017-berlari-tanpa-kaki/

https://www.bintang.com/celeb/read/2684732/ini-alasan-ernest-prakasa-bikin-film-berjudul-cek-toko-sebelah

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Cek_Toko_Sebelah

http://googleweblight.com/?lite_url=http://poskotanews.com/2017/03/30/cek-toko-sebelah-boyong-enam-penghargaan-iboma-2017/&ei=T9fD_0vE&lc=en-ID&s=1&m=420&host=www.google.co.id&ts=1494832700&sig=AJsQQ1CQOgChGMCg4qplK4oeOhT2Uga6Wg
Diakses pada tanggal 14 Mei 2017   












Tidak ada komentar:

Posting Komentar