Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 16 Mei 2017

Cinta Datang Tanpa Harus Direncanakan “I Love You From 38.000 Feet”



Disusun oleh : Kartika

 
          Judul Film  : I Love You From 38.000 Feet
          Tahun         : 2016
          Sutradara    : Asep Kusdinar
          Pemain       : Michelle Ziudith dan Rizky Nazar

Orientasi :
Film yang berjudul “I love You From 38.000” Feet merupakan film remaja yang bergenre drama romantis yang dimainkan oleh Michelle Ziudith (Aletta), Rizky Nazar (Arga), Derby Romero (Rimba), Ricky Cuaca (Bugi). Film ini diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Tisa TS. Sedangkan, judul film ini terinspirasi dari kisah nyata seorang pramugari bernama Khairunnisa Haidar Fauzi yang mengunggah foto sebuah kertas bertulisan  “I Love You From 38.000 Feet” di akun media sosialnya sebelum pesawat yang ia tumpangi mengalami kecelakaan hingga ia pun tewas. Film produksi Screenplay Films dan Legacy Pictures yang berdurasi 90 menit ini menceritakan tentang seorang gadis yang bernama Aletta berusia 18 tahun, seorang gadis periang berstatus jomblo dan berjiwa petualang yang terbang ke Bali untuk berlibur. Di saat yang sama bertemu dengan Arga yang berusia 20 tahun, seorang mahasiswa yang menyebabkan Aletta langsung dekat dengannya. Seiring berjalannya waktu hubungan mereka semakin dekat sehingga pada saat Aletta ingin kembali ke Jakarta, Arga berjanji akan menyusul Aletta dan menikahinya. Akan tetapi, Arga belum memenuhi janjinya kepada Aletta.
Tafsiran Isi 1 :
Aletta seorang gadis manis dan periang yang merupakan keturunan ningrat. Karena jomblo, maka sang nenek yang menginginkan cucunya tetap menjaga tradisi keluarganya berencana untuk menjodohkan Aletta dengan Dhito. Aletta tidak menyukai rencana ini. Ia tidak tertarik pada Dhito dan kemudian memutuskan untuk berlibur ke Bali. Aletta bertemu dengan Arga dan berusaha untuk mengambil hati Arga, walaupun pada awalnya Arga terlihat dingin, namun akhirnya Aletta berhasil mengambil hati Arga.
Tafsiran Isi 2 :
            Sejak pertemuan itu hubungan Arga dan Aletta semakin dekat dengan banyak kejadian-kejadian yang lucu diantara mereka. Suatu ketika Arga mengetahui bahwa Aletta ke Bali bukan untuk berlibur melainkan kabur dari rumah karena tidak suka dijodohkan. Arga pelan-pelan membujuk Aletta agar mau kembali ke rumahnya dan Arga berjanji akan menyusulnya ke Jakarta, akhirnya Aletta mau pulang ke Jakarta. Hari demi hari Aletta selalu menunggu kedatangan Arga tetapi tak kunjung datang. Karena Aletta sudah kembali ke rumahnya maka perjodohan pun dilanjutkan. Hingga pada saat hari pernikahan Aletta dengan Dhito, Aletta masih menunggu Arga. Pada akhirnya Arga datang saat pernikahan sudah dimulai dan pernikahan tersebut gagal karena Aletta ingin menikah dengan Arga bukan dengan Dhito. Aletta dan Arga pun dapat hidup bahagia bersama selamanya.
Tafsiran Isi 3 :
            Dalam film “I Love You From 38000 Feet” sikap moral yang disarankan kepada penonton adalah Percaya diri dan tidak tidak boleh menghakimi orag lain. Aletta tidak mau mengikuti kemauan sang nenek yang ingin menjodohkannya dengan Dhito, karena menurut Aletta hal yang paling penting dalam hidupnya adalah hak untuk memilih dan memutuskan yang terbaik untuk hidupnya. Pada akhirnya, Aletta memilih untuk hidup bersama Arga bukan Dhito. Sang nenek tidak boleh menghakimi Aletta dengan menjodohkannya dengan Dhito karena dua orang yang tidak saling mencintai tidak bisa hidup bahagia, dan dua orang yang tidak pernah saling kenal bisa saling jatuh cinta dan hidup bahagia seperti Arga dan Aletta.
Tafsiran Isi 4 :
            Makna cerita dalam film ini adalah keyakinan pada cinta. Karena kita tidak tau kapan cinta itu datang, cinta datang tanpa direncanakan. Aletta dan Arga tidak saling mengenal tetapi bisa jatuh cinta dan yakin pada cinta mereka berdua.
Tafsiran Isi 5 :
            Film ini dapat ditujukan kepada kalangan remaja. Karena kalangan remaja biasanya menyukai film-film tentang percintaan mengenai khayalan indahnya cinta sejati. Kalangan remaja juga masih labil dalam memilih, maka dari itu film ini sangat cocok untuk remaja karena para remaja bisa lebih percaya diri dalam memilih dan bertahan pada pilihan.
 Evaluasi :
            “I Love You From 38.000 Feet” merupakan film Indonesia yang menempati peringkat ketujuh film terlaris di tahun 2016 yang sukses menembus angka 1 juta penonton. Film ini dapat memuaskan hati penonton tentang khayalan indahnya cinta sejati. Adegan yang dimainkan oleh Aletta dan Arga saat menghabiskan waktu kemesraannya itu terasa manis dan berhasil melelehkan hati penonton. Selain itu, unsur komedi Ricky Cuaca dapat menghibur para penonton.
            Setiap kelebihan pasti ada kekurangan, film ini juga memiliki kekurangan. Salah satunya pada pemanfaatan keindahan setting seharusnya setiap adegan dapat dikemas dan disajikan dengan baik, sehingga memberikan kesan di hati penonton khususnya pada adegan romantisnya. Namun, hal ini tidak dilakukan dengan maksimal sehingga secara keseluruhan film “I Love You From 38.000 Feet” disajikan dengan cara asal saja. Selain itu, novel dengan filmnya berbeda alur ceritanya. Di novel Arga hilang entah kemana karena ketinggalan jam keberangkatan pesawat. Sedangkan pada filmnya Arga hilang karena pesawat yang ia tumpangi mengalami kecelakaan.
Rangkuman :
            Film “I Love You From 38.000 Feet” merupakan film Indonesia yang menceritakan tentang kekuatan cinta Aletta dan Arga yang penuh dengan momen indah serta kejadian yang tidak diinginkan. Jadi, pada film ini tokoh telah memperjuangkan cinta mereka, dan keyakinan satu sama lain yang mampu membuat mereka bisa bersatu kembali dan hidup  bersama selamanya. Oleh karena itu, film ini layak ditonton oleh kalangan remaja karena pesan moral yang disampaikan sangat diperlukan penonton di kehidupan sehari-hari untuk selalu percaya diri dalam mengambil keputusan. 
Sumber :
https://posfilm.com/sinopsis-i-love-you-from-38000-feet/
http://montasefilm.com/i-love-you-from-38-000-feet/

Diakses pada tanggal 12 Mei 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar