Follow Us @literasi_smkn23jkt

Rabu, 24 April 2019

Persahabatan berubah menjadi sebuah percintaan dari Novel Spring In London

Disusun oleh : Kevin Wijaya


Judul                            : Spring In London
Penulis                         : Ilana Tan
Penerbit                       : Gramedia Pustaka Utama
Price                            : Rp38.000,00
Tahun Terbit                : 2010
Tempat Terbit              : Jakarta
Ukuran                         : 20 cm x 13.5 cm
Halaman                      : 240 halaman
ISBN                           : 978-979-225376-4

Pendahuluan

Novel ini menceritakan seorang Jo In Ho atau dengan nama panggungnya, Danny Jo, seorang artis terkenal asal Korea Selatan. Awalnya, Danny diminta rekannya, Jung Tae Wo, untuk menjadi model dalam video klip terbarunya. Di video klip tersebut, Danny dipasangkan dengan Naomi Ishida, seorang artis dari Jepang. Naomi memiliki masa lalu yang kelam sehingga ia berusaha menjauhi pria – pria yang hendak mendekatinya. Danny pun merasa aneh dengan sikap Naomi kepadanya, padahal tak ada niat untuk mencelakai gadis itu. Namun Danny berusaha mendekati Naomi secara perlahan, dan hubungan mereka pun menjadi lebih baik.
Suatu hari Naomi bertemu dengan Kim Dong Min, seseorang dari masa lalunya, di sebuah pesta. Akibat pertemuan itu, rahasia Naomi pun terkuak, ternyata kakak Danny Jo pernah melakukan pelecehan seksual padanya. Naomi pun menjadi malu dengan kondisinya dan menjauhi Danny. Ia pun memutuskan pulang ke negaranya untuk menenangkan pikiran.
Setelah dua tahun berlalu, Danny mencoba mencari tahu keberadaan Naomi yang tanpa kabar setelah ia menghilang dari kehidupan London. Danny mengunjungi negara asal Naomi dan berusaha mencari tahu alamat di mana gadis pujaannya itu tinggal. Ia benar – benar mengharapkan jawaban atas cintanya selama ini. Setelah ia mengetahui alamat Naomi tinggal, ia melihat seorang gadis yang tengah berdua dengan seorang laki – laki, ia mengira gadis itu adalah Naomi. Ternyata gadis yang dilihatnya tersebut adalah saudara kembar Naomi.
Tawaran Anna Jo, kakak perempuan Danny, pada Naomi untuk menjadi model iklan produk pakaian terbarunya disanggupi Naomi untuk dapat bertemu kembali dengan pria asal Korea Selatan tersebut. Setelah dua tahun berpisah mereka dapat bertemu kembali.


SIPNOSIS

Jo In-Ho (Danny Jo) adalah seorang model yang terkenal di Korea. Di dalam cerita ini dia diminta membintangi video klip musik temannya yang bernama Jung Tae-Woo. Ia berprofesi menjadi seorang penyanyi terkenal di Korea. Dalam pembuatan video itu Danny Jo memiliki lawan main yang bernama Naomi Ishida seorang model terkenal di Jepang keturunan Indonesia juga. Video musik itu dibuat di London. Danny Jo merasa Naomi Ishida menjauhinya sejak dari awal mereka bertemu, hal itu yang membuat Danny Jo penasaran terhadap gadis itu, karena dia merasa tidak pernah berbuat salah kepada gadis itu dari awal bertemu. 
            Apa yang membuat Naomi menjauhi  Danny Jo? Sedangkan Danny Jo dikenal banyak orang bahwa dia orang yang baik.  Lalu Danny Jo perlahan-lahan mendekati Naomi dengan alasan hanya sebagai teman. Hari demi hari mereka jalani bersama. Dan mereka pun merasakan jatuh cinta yang membuat mereka saling membutuhkan satu sama lain.
            Terkadang Danny Jo merasakan ada masa lalu yang sangat kelam pada diri Naomi, karena Danny Jo suka melihat Naomi yang tiba-tiba ketakutan saat melihat Danny Jo.Kemudian Kim Dong-Min datang, dia adalah teman kakak Danny Jo yang sudah meninggal karena kecelakaan. Kakaknya bernama Jo Seung-Ho. Dengan datangnya Kim Dong-Min semua rahasia yang membuat ketakutan Naomi akhirnya terkuak. Dong-Min pun menceritakan bahwa kakak Danny dulu suka Naomi tapi Naomi sok jual mahal dia pikir semua Model sama saja, hingga saat kakak Danny mabuk Dong Min memberi Naomi minuman yang dicampur obat & Membawa Naomi ke hotel lalu menghubungi kakak Danny. Parahnya kakak Danny pun meninggal beberapa hari setelah memperkosa Naomi.
            Danny kalap menghajar Dong Min lagi. Esoknya Naomi bersikap sewajarnya hingga Danny datang & ingin tahu darinya tentang masalah itu. Naomi yang selalu menutup kejadian kelam yang terjadi padanya bagai masuk kembali ke masa lalunya saat Danny bertanya. Danny juga akhirnya tahu alasan Naomi selama ini dingin padanya, karena Naomi tahu ia adalah adik dari pemerkosanya .Hingga Naomi bilang hubungan mereka tak bisa lanjut karena sekarang Danny tahu & ia melihat Danny seperti melihat kakaknya dan menganggap Danny tidak akan bisa memandang dirinta tanpa memikirkan apa yang sudah terjadi antara dirinya dan kakaknya, Danny yang kecewa pergi namun meminta Naomi percaya padanya.
            Lama tak saling komunikasi, Naomi yang merasa hampa pergi ketaman tempat ia pernah bersama dengan Danny & mereka bertemu dan berdamai. Danny mendadak harus kembali ke Korea karena gosip kakaknya telah meyebar luas karena Dong Min yang mabuk tak sengaja membicarakan itu didepan temannya yang kebetulan wartawan. Sebelum berangkat Danny meminta Naomi menunggunya. Isu atau gosip itu akhirnya terdengar di telinga Naomi saat temannya yang bernama Miho menceritakan alasan mengapa Danny harus pulang ke Korea. Naomi merasa sedih karena tak bisa mendampingi Danny disana dan Danny harus menghadapinya dengan seorang diri. Naomi ingin menenangkan pikirannya sejenak dan Naomi pun  memutuskan untuk kembali ke Jepang & bilang ke Danny untuk jangan pernah menemui  Naomi  sebelum menjadi sutradara terkenal.
 2 Tahun Kemudian……..
            Naomi yang tinggal di Tokyo,Jepang bersama kembarannya Keiko. Saat, sesampainya di Tokyo, Jepang Naomi langsung menceritakan semua apa yang di tidak beritahu selama ini. Naomi merasa gelisah karena  Anna Jo  yang tak lain nuna Danny (Dalam bahasa korea Nuna adalah panggilan pria untuk perempuan yang lebih tua) menawarkan tawaran kepada Naomi untuk menjadi modelnya.
            Danny sekarang sudah jadi Sutradara, sejak ia kembali ke Korea dan mencoba membuat Video Clip untuk artis yang akan debut pada waktu itu. Disaat Danny Sedang memikirkan Naomi, tiba-tiba handphonenya berdering ternyata Kakaknya Anna Jo, yang memaksa Danny untuk menjadi model majalahnya edisi terkini.Rasa rindu Danny kepada Naomi tak bisa terbendungkan lagi, dia juga sudah menjadi sutradara terkenal sesuai dengan syarat yang di ajukan oleh Naomi jika ingin bertemu kembali. Tiba di Tokyo,
            Jepang Danny langsung pergi ke Apartemen Naomi yang berada dipinggir kota. Tapi saat tiba di depan apartemen Naomi, ia melihat Naomi sedang berjalan mesra dengan seorang pria. Karena merasa kecewa Danny pun memustuskan untuk kembali ke Seoul.Tiba hari dimana pemotretan Naomi yang sudah sampai lebih dulu, akhirnya tahu siapa pasangannya yaitu Danny Jo. Badan Naomi langsung bergemetar dan bingung harus bertingkah seperti apa nanti di depan Danny. Saat bertemu Danny, mereka sempat bersitegang karena salah paham, hingga Danny sadar wanita yang dilihatnya di Jepang adalah Kembaran Naomi, Keiko. Dan akhirnya mereka kembali bersatu.

Kelebihan       : Sampul buku yang di gunakan sangat menarik, alur cerita yang mengalir sehingga mudah dipahami oleh pembaca,dan penggunaan kata yang mudah dipahami membuat novel ini menjadi bacaan yang menarik untuk dibaca. Sudah ada keterangan yang menjelaskan kata-kata yang berasal dari bahasa yang kurang dipahami, seperti Nuna(Dalam bahasa korea) yang artinya Panggilan pria untuk wanita yang lebih tua/kakak.
Kekurangan  : Banyak sekali kesalahan pengetikan. Dan juga penggunaan diksi yang terbatas,sering kali pengarang mengulang-ulang penggunaan diksi. Akhir ceritanya juga mudah ditebak,sehingga membuat bosan pembacanya dan menjadi kurang tertarik membacanya.

PENUTUP

Kesimpulan : Novel ini cocok untuk para remaja. berisikan tentang cerita dua orang model yang awalnya hanya ingin berteman, dan pertemanan itu berubah menjadi oleh benih-benih cinta yang muncul diantara keduanya. Tetapi ada masalah masa lalu yang menghalangi mereka untuk bersatu.  Karena mereka saling percaya satu sama lain terhadap cinta mereka, masalah masa lalu itu pun dapat terselesaikan dan mereka daoat kembali bersatu. Cerita dalam novel ini memberikan gambaran tentang betapa pentingnya kerpercayaan satu sama lain. Dan jadikan masa lalu sebagai pelajaran.
Saran : Selain tata bahasa yang rapi dan baik, alur bahasa juga tentunya sangat diperhatikan. Menurut saya, alur dari novel berjudul "Spring in London" karya Illana Tan terlalu mudah untuk ditebak. Dan juga lebih memerhatikan pengetikan buku karena terjadi banyak kesalahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar