Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 23 April 2019

Si Genius Kaku

Disusun Oleh : Sela Anjani




Judul Buku               :           The Number You Are Trying to Reach is Not Reachable
Penulis                     :           Adara Kinara
Penerbit                   :           Bukune
Penyunting               :           MB Winata
Desainer Sampul     :           Raden Monic
Tahun Terbit             :           Cetakan I, 2016
ISBN                        :           978-602-220-196-0
Tebal Buku               :           298 halaman

            The Number You Are Trying to Reach is Not Reachable adalah novel perdana karya Adara Kinara yang diterbitkan oleh Bukune tahun 2016. Adara Kinara lahir tanggal 6 Oktober, menulis dengan nama An dan akun @expellianmus di wattpad, ia juga menyukai bacaan fiksi dan ingin suatu hari bisa membaca di perpustakaan Hogwarts. Novel ini juga merupakan novel tembusan wattpad, yaitu wadah digital bagi para penulis untuk menyalurkan karyanya berbentuk tulisan. Novel ini menceritakan tentang seorang gadis remaja genius yang anti-sosial namun ingin mencoba bersekolah umum karena terdapat sesuatu hal yang diinginkan.
            Aira, Seorang gadis genius yang bersekolah secara homeschooling, mendapat tantangan ketika kak Zahra, guru homeschooling-nya memberitahu bahwa ada lomba cerdas cermat matematika berhadiah buku yang diincarnya, The Thirteen Books of Euclid's Elements. Namun demi mendapatkan buku The Thirteen Books of Euclid’s Elements yang ditulis oleh matematikawan Yunani Euklides pada awal abad ke-3 SM, yang kemudian diterjemahkan oleh Thomas Heath, Aira harus masuk SMA agar bisa terlibat dalam lomba tersebut. Selama ini, Aira hanya pernah mengenyam bangku sekolah ketika kelas 1 SD selama satu semester saja dan itu menyebabkan minimnya pengalaman sosialisasi Aira. Aira adalah anak genius, bahkan saat seumuran murid kelas sepuluh SMA, Aira telah menguasai materi SMA seluruhnya.
            Disekolah barunya, Aira tidak mau menunjukkan kalau dia memiliki kecerdasan di atas rata-rata, dia tidak ingin dikata aneh oleh teman-teman barunya nanti. Selalu menghabiskan waktunya sendirian tentu bukan hal yang mudah bagi Aira untuk mencari teman. Teman pertamanya adalah Kalila, tapi Aira kesulitan dengan pola pikir teman-temannya terlebih bahasa yang digunakan. Kemudian ada Rio, yang terlihat naksir dengannya, Aira diajarka bahasa-bahasa gaul supaya Aira mengerti dan cepat beradaptasi. Kemudian ada guru magang di kelas tambahan yang menjadi teman asik ketika mengobrol tentang karya Charles Dickens, Arka. Keakraban Aira dengan Arka bermula dari Aira yang salah sambung menghubungi Rio dan justru memencet nomor telepon Arka. Dari sana, ketahuan bahwa mereka ternyata memiliki minat yang sama yaitu buku sastra terutama A Tale of Two Cities.
            Kehidupan barunya Aira bersekolah formal berjalan dengan baik dan sudah bisa beradaptasi dengan lingkungan barunya. Namun semua mulai berubah ketika pemilihan peserta lomba cerdas cermat yang hanya berjumlah tiga orang saja. Dengan kegeniusannya, tentu Aira menduduki posisi pertama, hanya saja Kalila yang ingin membuktikan diri kepada orang tuanya gagal pada posisi keempat. Lalu bagaimanakah hubungan Aira dan Kalila? Akankah Aira akan mengatakan tujuan utamanya dia bersekolah atau terus diam dan hanya berura-pura menjadi siswa biasa?. Namun satu hal dan mengubahnya, Aira yang dulunya pendiam, kini mulai membuka diri dan bahkan mulai pendekatan dengan Rio.
“Menurutku, perubahan memang menakutkan. Tapi, itu adalah bagian dari hidup -bagian dari tumbuh besar. Mama pernah bilang, kalau Mama tidak berubah, mungkin aku tidak akan pernah ada. Dan itu benar. Perubahan tidak selamanya buruk, dan lagi pula, menurutku sekarang, perubahan juga dapat menentukan siapa diri kita sebenarnya.”      
            Melalui novel The Number You Are Trying to Reach is Not Reachable, pembaca dapat melihat jelas karakteristik tokoh-tokoh remajanya yang disuguhkan oleh penulis, mulai dari fashion, lifestyle, sampai penggunaan bahasa gaul. Terlebih cerita ini menekankan psikologi dan pemeran utamanya dari masa remaja ke masa dewasa. Selain itu, lebih mengutakan dialog dan monolog internal daripada tindakan. Semua tersaji sebagai satu paket teenlit yang mudah dibaca serta desain cover yang cukup menarik perhatian pembaca. Nampak jelas bahwa kesolidan di antara para remaja adalah poin penting dalam cerita ini.
            Namun sayangnya, kelemahan buku ini sendiri adalah tentang judulnya sendiri yang membuat pembaca bingung karena kurang nyambung dengan alur cerita. Selain itu, adanya beberapa kesalahan ketik atau typo yang terdapat dalam isi buku ini yang membuat pembaca sedikit kebingungan.
            Secara keseluruhan, The Number You Are Trying to Reach is Not Reachable sangat rekomendasi untuk kalian khususnya para remaja karena banyak sekali pesan moral yang dapat dipetik karena buku ini lebih mengutamakan proses pendewasaan sesorang atau perkembangan psikologi seseorang, dan masih terdapat kisah cinta yang tetapi tidak terlalu menonjol.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar