Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 23 April 2019

Kesabaran dan kesetiaan dalam novel Forever In My Heart

Disusun oleh : Anggela Veronica


Judul Buku               : Forever In My Heart
Pengarang                 : Monica Petra
Penerbit                     : Sheila
Tahun Terbit              : 2015
Tempat terbit             : Yogyakarta
Jumlah halaman         : 264        
Harga                          : Rp59.000
  
          Novel ini bergenre Romantis, karena mengisahkan hubungan-hubungan diantara anak-anak sekolah. Novel ini dibuat oleh Monica Petra namun nama ini bukanlah nama yang sebenarnya.Nama Monica Petra di kehidupan nyatanya adalah Patricia Sarah, ia seorang mahasiswi semester akhir yang tengah sibuk menyusun skripsi. Sebagai novelis muda berbakat, karier dan kesibukan membuatnya belum memiliki pasangan. Rupanya perjalanan cintanya tak semulus perjalanan karier dan studinya. Beberapa pemuda membuat Patricia tertarik. Novel yang dibuat oleh Monica Petra disarankan dibaca oleh semua wanita single yang masih menunggu cinta sejatinya. Pahit manis cinta akan selalu ada, tetapi kehidupan tidak akan pernah berhenti berjalan. Novel ini mengisahkan tentang sebuah hubungan dengan sahabat, pacar dan teman baru. Dalam novel ini terdapat berbagai karakter yang berbeda sehingga membuat  si pembaca merasa penasaran dengan isi novel ini. Saya meresensi novel ini karena novel ini dapat mengajarkan untuk selalu bersyukur dan dapat menginspirasi. Novel ini cocok dibaca oleh kalangan remaja karena dapat membuat pembaca menjadi terinspirasi untuk bersyukur akan apa yang dia miliki saat ini dan dapat membuat pembaca agar tidak menilai orang lain dari luarnya saja.
            Novel ini bercerita tentang persahabatan antara Sabrina, Travis, dan Renata bukan hanya tentang persahabatan tetapi juga hubungan lebih dari sahabat antara mereka bertiga.Yang kemudian akan mucul sosok Boas dengan bahasa gaulnya dia yang membuat sabrina jengkel namun dapat membuatnya menjadi suka dengan Boas, lalu ada Lin dengan gaya dan cara pakaiannya yang bukan layaknya anak sekolahan, selain itu ada juga Belinda si adiknya Boas yang selalu tersenyum dalam keadaan apapun.
            Sabrina dan Travis adalah sepasang kekasih, sabrina biasa dipanggil sasa. Sasa suka membesar-besarkan masalah sepeleh dengan Travis, sementara Travis tidak suka membesar-besarkan masalah. Mereka sering bertengkar karena sifat kekanak-kanakannya sasa. Hingga beberapa saat kemudian datanglah murid baru dari Jakarta yaitu Boas dan adiknya Belinda. Boas adalah orang yang cukup gaul begitupun dengan bahasa dan pakaiannya, dan karena itu sasa tidak menyukainya karena dianggap tidak sopan. Tak lama setelah kedatangan Boas ada sesosok murid perempuan dengan ram but berwarna, make up dan masih banyak lagi, namanya Lin. Awalnya mereka tidak saling dekat karena tingkah laku dan gayanya yang aneh.  Seiring berjalannya waktu mereka mulai saling dekat dan menjadi teman. Namun tak lama kemudian Boas menyukai Sasa. Dan Belinda menyukai Marvel. Belinda sering sekali mengajak Marvel untuk tersenyum sedangkan Marvel sangat cuek pada Belinda. Namun belinda sama seperti Boas yang tidak mudah menyerah untuk meraih sesuatu.
            Boas memiliki penyakit yang takut dengan hujan bisa dibilang trauma karena ayahnya meninggal saat hujan turun dan mengalami kecelakaan. Sedangkan Belinda memiliki penyakit yang cukup parah, namun Belinda menutupinya. Sasa berusaha membuat Boas melawan rasa takutnya dan pada akhirnya Boas memberanikan diri untuk berdiri dihadapan hujan. Saat itu Sasa sedang berdiri ditengah hujan deras karena putus dengan Travis selain itu Sasa merasa dikhianati oleh sahabatnya yaitu Renata. Travis menyukai Renata karena Renata memiliki sifat yang tidak seperti Sasa yang mudah marah. Hingga saat liburan natal Sasa memilih ikut ayahnya untuk pergi keluar negeri untuk menenangkan pikirannya.  Setelah pulang Sasa sudah memaafkan Travis dan Renata namun tidak ingin bersahabat lagi.
            Boas menelepon Sasa dan memintanya untuk datang kerumah sakit bersama Marvel, karena Belinda dirawat. Saat mendengar kabar tersebut Marvel merasa terpukul dan menyesal karena telah bersikap tidak baik dengan Belinda selama ini. Marvel juga merasa terkagum karena Belinda merupakan seseorang yang kuat sebab dia bisa menyembunyikan rasa saitnya dengan senyumannya. Akhirnya Sasa mulai dekat dengan Boas, dan Marvel mulai terbuka dengan Belinda sedangkan Travis dan Renata tetap menjadi kekasih.
            Kesimpulannya novel ini mengisahkan tentang hubungan diantara persahabatan, hubungan yang tidak bertahan lama karena selalu memperbesar masalah-masalah kecil. Selain itu juga menceritakan tentang seseorang yang berusaha membuat orang lain untuk tersenyum dan peduli pada sekitarnya. Keunggulan buku ini menarik dan unik, sinopsis dibelakang bukunya juga membuat penasaran sehingga membuat seseorang ingin membacanya. Kekurangan buku ini lem panasnya tidak terlalu kuat sehingga covernya terlepas dari isinya dan kertasnya kurang tebal sehingga mudah sobek. Seharusnya tidak memakai kertas yang mudah sobek dan memakai lem yang kuat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar