Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 23 April 2019

“Menghargai Pengorbanan Seseorang dari Novel Dear Nathan"

Disusun oleh : Tiffany Drisella

Judul buku : Dear Nathan
Penerbit     : Best Media
Genre         : Roman, Fiksi
Kategori      : Young Adult, Family Drama, Persahabatan, Wattpad
Terbit           : Maret 2016 (Cetakan Pertama)
Tebal           : 528 halaman


Penulis memilih buku ini karena buku ini sangat digemari anak-anak Remaja. Selain itu  karena novel ini menceritakan tentang kisah cinta asmara di masa-masa SMA.

Novel Dear Nathan merupakan novel yang bertema kisah cinta remaja anak SMA. Bagi kebanyakan orang, masa SMA adalah masa paling indah. Banyak orang yang merasa setelah melewati masa putih abu-abu mereka ingin kembali lagi mengulang masa tersebut. Dimasa itu, kita mulai tahu sedikit banyak tentang artinya persahabatan, cinta, dan kehidupan. Suka, duka, tawa, dan canda menjadi kenangan tersendiri di masa tersebut. Akan tetapi, kenangan itu hanyalah sebuah kenangan yang tidak bisa terulang. Hanya untuk dikenang.

Diceritakan bahwa  seorang murid baru, Salma Alvira yang datang terlambat pada upacara pertamanya di SMA. Keterlambatannya tersebut membuatnya kenal dengan Nathan, murid yang selalu membuat onar. dengan adanya kejadian tersebut, malah membuat mereka semakin dekat. Tingkah laku yang bertolak belakang antara Nathan dan Salma membuat mereka saling melengkapi satu sama lain. Seorang Salma yang polos dan Nathan dengan berbagai kekacauannya. Dibalik kacaunya Nathan tersebut, ternyata banyak rahasia kehidupannya yang tersimpan. Belum cukup luka itu mengering, ia harus dihadapkan kenyataan bahwa ibunya pergi untuk selamanya.

Adapun Kelebihan yang terdapat didalam novel Dear Nathan. Penulis sudah berhasil membuat karakter-karakter yang kuat, atau hanya pada tokoh utamanya, untuk tokoh pendukung yang jumlahnya tidak sedikit, penulis dapat memberikan mereka ciri khas pada masing-masing tokoh.
Jalan cerita yang digambarkan dalam novel ini juga terasa masuk akal. tahap-tahap konflik dapat diceritakan dengan apik, dan penyelesaiannya cukup jelas.
Banyak ilmu yang dapat kita ambil dari novel ini. yaitu tentang pengorbanan, tentang kasih sayang, persahabatan, bahkan tentang mau menerima kenyataan dan arti memaafkan.

Kekurangan Novel Dear Nathan ini adalah cara penulis membuat narasi. Beberapa terasa berlebihan dan terkadang pemilihan diksinya terasa kurang pas dan beberapa kata masih menggunakan kata yang tidak baku.

Novel Dear Nathan ini mengajarkan mengenai kesetiaan dan saling menghargai pengorbanan diantara dua orang kekasih. Mengajarkan agar kita selalu berjuang dan selalu setia kepada sesuatau yang kita anggap baik untuk masa depan kita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar