Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 23 April 2019

MENENTUKAN SEBUAH PILIHAN DALAM KISAH PERCINTAAN DARI NOVEL INESTABLE

Disusun oleh : Eva Nurlatipah




Judul Novel                 : Inestable
Pengarang                   : Eko Ivano Winata
Penerbit                       : Pastel Books
Tahun terbit                 : Tahun 2019
Jumlah halaman           : 324 halaman
Harga                          : Rp65.000

Novel Inestable ini bertema romance. Di dalamnya akan ditemukan pula kisah-kisah lucu,sedih,dan senang seputar tokoh dan alur ceritanya. Novel ini berisikan tentang perjalanan cinta dua remaja yang penuh dengan tantangan dan banyak sekali kesalahpahaman diantara mereka.Tetapi,akhirnya mereka dapat menjalani itu semua dan dapat memahami perasaan satu sama lain.
Dalam novel ini dikisahkan konflik-konflik sepasang kekasih anak Sekolah Menengah Atas (SMA). Yaitu mereka bernama Nakula Jamie Manuel Megantara dan Aluna Amanda Nindiatama. Mereka merupakan pasangan yang harus LDR-an. Sebelum LDR-an Nakula sering main ke rumah Aluna, entah itu ketika waktu luang, disaat sedih, maupun Aluna sakit. Dan ketika itu Nakula harus ke Seville menemani adik kembarnya yang kembar yaitu Sadewa Jamie Manuel Megantara. Akhirnya Aluna dan Nakula harus Skype-an penuh selama tiga bulan.
Hingga akhirnya Nakula pulang ke Indonesia dan kembali di SMA Sevit Bandung. Aluna dan Nakula tentu saja senang mereka dapat bertemu langsung. Namun, ternyata semua itu tidak selalu membuatnya bahagia. Karena, di depan mereka banyak sekali tantangannya. Semenjak kepulangan Nakula dari Seville, dia menjadi seorang yang pencemburu. Dia sangat cemburu kepada Ketua Osis SMA Sevit Bandung yaitu bernama Arjuna. Nakula cemburu ketika Arjuna mendekati Aluna. Masalah tersebut baru saja selesai, lalu datang masalah lain dari siswi baru yang berasal dari Amerika, Aurel namanya. Dulu Nakula, Sadewa,Kainan,Aurel adalah sahabat.
            Dikisahkan pula dengan adanya kedatangan dan sapaannya kepada Nakula membuat Nakula dan semua orang di kantin canggung. Aluna pun berfikir macam-macam. Apalagi Aurel merangkul Nakula. Mereka terlihat cukup akrab. Sedangkan Nakula masih belum mau menceritakan ada rahasia apa dibalik itu semua. Hubungan Nakula dan Aluna kembali terganggu. Aluna merasa sebal kepada Nakula.Hingga Bunda Aluna bercerita bahwa dulu dia dan Ayahnya pernah ada salah paham. Bunda dan Ayahnya menjalin persahabatan. Bunda melihat pacar Ayah seseorang yang tidak baik. Dan Bunda pun mengingatkannya. Tetapi, Ayah malah memarahi Bunda dan tidak menyapa selama enam bulan. Ayah sengaja melakukan itu agar Bunda tidak diapa-apakan oleh anak pemilik sekolah tersebut. Karena salah paham mereka berdua jadi mengerti kalau saling cinta dan saling menjaga.Sehingga akhirnya mereka berdua menikah. Aluna pun mendapat pencerahan dari kisah Bundanya.
Dan ternyata benar, Nakula belum menceritakan sehingga terjadi kesalahpahaman antara mereka berdua.Benar dulu Nakula pernah suka dengan Aurel. Sebelum tahu kisah sebenarnya. Ternyata, Aurel adalah saudara seayah Nakula dan Sadewa. Itulah alasan mengapa Aurel sangat dekat dengan Nakula. Begitupun Nakula selalu mencoba memberikan yang terbaik kepada saudaranya. Hingga terkesan selalu mendahulukan Aurel ketimbang Aluna.Setelah mengetahui rahasia tersebut, Aluna pun memahami perasaan Nakula. 
Buku ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari buku tersebut diantaranya yaitu buku ini sangat menarik bahkan dari segi judul, karena menggunakan bahasa Itali di judulnya yang memiliki arti,cerita yang di tulis pada buku tersebut sangat ringan dan mudah dipahami oleh pembaca, buku menggunakan cover yang menarik dengan sederhana yang mampu memikat daya tarik orang yang melihatnya,pemberian ilustrasi di pertengahan halaman membuat buku tersebut semakin menarik,dan isi novel tersebut lebih banyak adalah cerita tentang percakapan sehingga memudahkan pembaca yang tidak terlalu menyukai permainan kata yang berbelit-belit. Selain kelebihan terdapat juga kekurangan dari buku tersebut ialah  melihat dari isi buku ini yaitu kalangan pembaca yang dianjurkan adalah remaja dan diatasnya.Kemudian, latar ceritanya terkesan monoton,dan menyajikan kisah cinta dan persahabatan yang sangat umum, sehingga alurnya mudah ditebak.
Cerita novel ini memberikan gambaran tentang kisah pentingnya sebuah kepercayaan dan memahami satu sama lain dalam sebuah hubungan percintaan. Dan buku ini sangat digemari oleh kalangan remaja khususnya dikalangan anak Sekolah Menengah Atas (SMA). Ini merupakan permasalahan kehidupan cinta anak remaja sekarang.Pengarang seharusnya mencantumkan data diri lengkap agar pembaca mudah memahami latar belakang kehidupan pengarang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar