Follow Us @literasi_smkn23jkt

Rabu, 24 April 2019

Cinta yang Tak Bisa Bersatu dari novel Cinta Adelia

Disusun oleh : Bayu Pujonarko


Judul Buku            : Cinta Adelia
No. ISBN              : 9786027821354
Penulis                  : Ajeng
Bahasa                  : Indonesia
Kategori                : Fiksi, teenlit, romance
Dimensi Buku       : 142 halaman, 23x12 cm
Berat Buku            : 150 gram
Jenis cover             : Soft Cover
Penerbit                 : Cahaya Atma Pustaka
Tahun terbit           : Juni 2015
Harga                     : Rp30.000


Cinta Adelia adalah buku karya dari seorang penulis bernama Ajeng di dalam buku ini penulis menuliskan sebuah kisah cinta  dari dua orang remaja pada umumnya bernama Adelia dan Andre. Kisah cinta mereka berdua yang rumit karena hadirnya mantan-mantan mereka.
     Adelia dan Andre yang sama-sama single menjadi dekat karena sebuah kejadian. Namun, hubungan mereka terusik saat mantan kekasih mereka kembali hadir. Mitha, mantan kekasih Andre, ingin Andre kembali padanya. Sedangkan Robby, mantan kekasih Adelia, tiba-tiba muncul lagi setelah dua tahun berlalu sejak insiden itu - di mana kehormatan Adelia nyaris terenggut. Beruntung, Adelia memiliki Dody, sepupunya yang sangat perhatian dan sayang padanya.
     Di saat Adelia sedang gundah dengan Robby yang menghubunginya lagi dan serba salah dengan sikap Mitha yang terang-terangan memusuhinya, Andre malah menyatakan cinta padanya. Entah karena tidak peduli atau takut, Adelia masih saja ragu-ragu akan perasaannya sendiri meskipun ia merasa senang dengan pengakuan Andre.
Lalu berapa lama Andre harus menunggu Adelia menjawabnya?
     Ia - Adelia ingin berdamai dengan dirinya sendiri terlebih dulu sebelum memberikan keputusan - apalagi kehadiran Robby menimbulkan tanda tanya baginya; apa yang diinginkan Robby darinya - sekarang.
Akankah perasaan Andre pada Adelia berbalas? Apakah Andre berhasil mendapatkan cinta Adelia?
     Menurut saya kelebihan dari buku ini dari segi fisik, baik itu kualitas kertas yang menggunakan jenis kertas HVS, ukuran, spasi dan jenis huruf semuanya bagus.penulis menggunakan kata ganti, sapaan dan percakapakan dalam kata-kata/kalimat yang menggunakan EYD dengan benar, sehingga buku ini benar-benar enak dibaca. Tapi yang menarik dan beda dari buku-buku bertema sejenis yang pernah saya baca adalah bagaimana cara penulis menuturkan kisahnya itu, sangat lembut dan manis meskipun didalamnya juga saya merasakan ada ketegangannya juga. Di samping itu, novel ini juga mempunyai kekurangan, yaitu adanya beberapa kesalahan penggunaan tanda baca saja. Salah satunya begini, saat mama Adelia mengatakan akan pergi, "Mama pergi dulu ya?". Yang saya tahu, kalimat seperti itu tidak menggunakan tanda tanya, karena itu bukan kalimat pertanyaan melainkan kalimat pernyataan bahwa mama nya mau pergi.
     Buku ini cocok dibaca oleh para remaja karena mengajarkan untuk berhati-hati dalam menjalin hubungan dengan pasangannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar