Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 23 April 2019

"Belajar Memahami Arti Kekeluargaan Dalam Novel Rainbow Of Love"

Disusun oleh : Arditta Al Fianti


Judul Buku                          : Rainbow Of Love
Penulis                                 : Niki Zulfah
Penerbit                               : PT. Tangga Pustaka
Tahun Terbit.                       : 2013
Jumlah Halaman Buku        : 318 halaman


Novel Rainbow Of Love adalah novel fiksi pertama karya Niki Zulfah. Memang tidak banyak yang mengetahui siapa itu Niki Zulfah, karena dia pun tidak seterkenal penulis-penulis novel lainnya. Namun dia mampu menyelesaikan novel ini dan mengemasnya dengan cerita yang menarik. Novel ini bercerita bukan hanya tentang percintaan seperti novel pada umumnya namun juga bercerita tentang kekeluargaan di dalamnya.
Novel "Rainbow of Love" adalah kisah seorang gadis berusia 26 tahun bernama Anna. Anna tampaknya memiliki kehidupan normal, dengan pekerjaan sebagai guru seni di sekolah dasar. Namun, setiap orang punya rahasia. Rahasia yang mereka simpan untuk diri mereka sendiri dan Tuhan. Ketika orang tuanya meninggal 9 tahun yang lalu, Anna melakukan kesalahan dengan meninggalkan saudara tirinya yang masih bayi dan bahkan belum memiliki akta kelahiran. Dia sangat menyesali kesalahannya dan tidak pernah menjalani hidupnya tanpa rasa bersalah sejak dia meninggalkan saudara tirinya.
Anna memutuskan untuk mengakhiri kesengsaraannya. Dia ingin memperbaikinya. Dia siap untuk mengambil tanggung jawabnya atas kesalahan terbesarnya. Ketika Anna kembali ke panti asuhan untuk menjemput saudara tirinya, ternyata adik tirinya telah diadopsi oleh seorang dokter yang baru saja menceraikan istrinya.
Anna menyerah. Dan, dia mencoba untuk melepaskan rahasia itu dari hidupnya. Sampai tahun ajaran baru di sekolah dimulai. Anna bertemu dengan siswa berusia 9 tahun bernama Evan yang ternyata adalah saudara tirinya, dan siswa barunya. Anna kembali pada misinya untuk membayar harga atas apa yang dia lakukan 9 tahun yang lalu. Anna ingin mengenal Evan. Satu-satunya masalah adalah orang yang mengadopsi Evan sangat protektif dan sulit memaafkan orang yang telah meninggalkan Evan.
Anna takut, tetapi dia tidak mau menyerah. Dia berusaha keras untuk mendekati Evan, meskipun dia harus menyembunyikan identitasnya. Akhirnya pada suatu hari, Anna memberanikan dirinya untuk membongkar semua identitas dirinya meskipun dia tahu bahwa hatinya tidak ingin melakukannya, karena dia juga sangat mencintai orang yang telah mengadopsi adik tirinya tersebut. Namun semua keputusannya telah Anna pertimbangkan dengan baik, ia rela laki-laki yang dicintai nya menjauhinya dan membencinya daripada dia hidup dalam segala kebohongan yang ia perbuat.
Keunggulan yang dimiliki novel ini yaitu ceritanya yang ringan, alur cerita yang tertata dengan baik, dapat menguras emosional bagi yang membaca novel ini seperti emosional sedih, senang, dan bahagia. Selain keunggulan yang dimiliki, namun novel ini juga mempunyai kekurangan yaitu, alur cerita yang mudah ditebak jadi membuat pembaca cepat mengetahui akhir dari cerita novel tersebut.
Novel ini cukup bagus dan menarik karena tidak seperti novel - novel lainnya karena novel ini bukan hanya menceritakan tentang percintaan, romansa, dan drama tetapi juga mengajarkan kepada para pembaca arti dari sebuah kekeluargaan dan novel ini sangat di rekomendasikan sekali kepada para pecinta novel, karena memang ceritanya tidak seperti novel yang lainnya dan ceritanya yang sangat unik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar