Follow Us @literasi_smkn23jkt

Sabtu, 16 Desember 2017

Irham Nuran Harir : Pemuda Mengejar Karier

Disusun oleh : Sherlyana



  1. Irham Nuran Harir yang akrab dipanggil Ari Irham lahir di Bandung, 24 Oktober 2001. Dia adalah seorang Disc Jockey (DJ), Aktor dan Model berkebangsaan Indonesia. Pada masa kecilnya, Ari mempunyai impian untuk menjadi DJ yang terkenal. Ketertarikan Ari menggeluti dunia DJ berawal dari kesukaanya pada musik R&B dan Hip Hop. Pada saat itu, Ayahnya menawarkan kado ulang tahun untuk Ari, dan disitulah Ari meminta untuk masuk sekolah DJ. Permintaannya pun dikabulkan.
  2. Ari Irham merupakan anak kandung dari pasangan Herlan Joerliawan dan
    Dian Camelia. Ari anak kedua dari dua bersaudara, Ari mempunyai kakak kandung yang bernama Faza Isa. Sejak Ari kecil, Ayah dan Ibunya sudah berpisah. Setelah mereka berpisah, Ari terbiasa hidup hanya bertiga dengan Ayah dan Kakaknya. Ayahnya menikah lagi dan Ari mempunyai Mama Angkat yang bernama Uchi Herlan, dan mempunyai Adik Angkat yang bernama San Abimana.
  3. Ari mengenyam pendidikan di Bandung, Jawa Barat. Dia memulai pendidikan dimulai dari Taman Kanan-Kanak dan Sekolah Dasar (SD) yang sama yaitu TK Al-Irhaam Global Islamic School dan dilanjut ke jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Bandung. Dia melanjutkan sekolah DJ selama enam bulan di Bandung dan dilanjut privat dengan DJ ternama di rumahnya.
  4. Ari memulai kariernya sebagai Disc Jockey (DJ) berawal dari main DJ di jalanan seperti acara-acara Car Free Day dan tanpa bayaran apapun. Dia sangat rutin bermain DJ diacara Car Free Day. Hingga saat itu, adalah salah satu Event Organizer (EO) yang melihat Ari bermain Dj. Mereka tertarik dengan kemampuan Ari yang membawakan lagu-lagu yang enak didengar oleh orang lain dan diterima konsumen. Dan pada akhirnya mereka menawarkan Ari main di festival-festivalnya, disanalah Ari mempunya fanbase yang bernama Arhamnatic.
  5. Seiring berjalannya waktu, Ari makin sibuk dengan jadwal DJnya diberbagai event. Ari pun mencoba untuk daftar ke club atau cafe yang ada di Bandung, setelah melalui test yang sama, tanpa adanya tolakan Ari diberi kesempatan buat main di tempat-tempat tertentu. Setelah Ari sering mengisi acara di Bandung, Ari mencoba untuk daftar di acara atau event-event ke luar Bandung, seperti Jakarta dan daerah-daerah luar Jawa dan Alhamdulillah Ari selalu diberi kesempatan main, setelah masuk babak seleksi.
  6. Pada saat Ari mengisi acara di Jakarta, Dia bertemu dengan salah satu anggota dari Spinach Management yang bernama Chevy . Kebetulan, Spinach adalah Management DJ yang diasuh sama salah satu DJ legendaris yang keren di Indonesia yaitu DJ Riri. Om Chevy menawarkan Ari untuk bergabung dalam Spinach. Akhirnya Ari pun bergabung dalam Spinach dan bermain DJ yang bergabung dalam Backroom DJ yang videonya sudah diupload dichannel youtube Backroom DJ. Dan dikontrak selama 5 tahun.
  7. Tak hanya itu, kariernya lanjut hingga Ari diundang mewakili Bandung untuk perform dua hari di Osaka, Jepang. Dalam event Festival Umekita, mewakili Indonesia. Dia menampilkan Djnya yang bercolaborasi dengan alat musik tradisional. Sebagai seorang DJ, Ari sudah merilis dua singel album DJ ditahun 2016. Singel yang pertama kali dirilis oleh Ari berjudul “XXIV DAT A$$” dan singel yang kedua berjudul “Me”dan Ari sudah menciptakan lagu yang berjudul “Arhamnatic” yang udah masuk diitunes.
  8. Di bulan Juni 2016, Ari tengah sibuk berakting dan berperan sebagai Dito dalam sinetron Super Puber SCTV yang disutradarai oleh Rudi. Banyak yang mengatakan bahwa sinetron tersebut adalah sinetron perdana bagi Ari. Sinetron yang tayang pukul 16:30 WIB setiap hari senin-sabtu di SCTV tersebut juga diramaikan oleh sederet nama aktor, aktris muda yang ganteng, cantik seperti Ajil Ditto, Mawar Eva, Azka, Dimas, Aisyah, Kefan. Tahun 2016, Ari kembali membintangi sinetron yang menjadi pemeran utama yang berjudul “Diam-Diam Cinta” yang tayang di SCTV. Ari berperan sebagai anak SMA yang menjadi DJ tanpa sepengetahuan Ayahnya. Ari beradu Akting dengan Aisyah Aqilah, Naufan Raid Azka, Dimas Gabra, Ricky Cuaca.
  9. Film yang pertama kali diperankan oleh Ari adalah “I Love U From 38.000 ft” yang bergenre drama romantis. Fim ini tayang perdana bioskop pada tanggal 5 juli 2016 disutradarai oleh Asep Kusnidar dan diproduksi oleh Screenplay Films. Film ini dibintangi oleh Rizky Nazar, Ricky Cuaca, Tanta Ginting, Michelle Zuidith. Tahun 2017 pada bulan Januari, Ari kembali bermain diFilm layar lebar yang berjudul “Promise” yang diproduksi oleh Screenplay Productions & Legacy Pictures. Ari berperan sebagai adiknya Moza (Mikha Tambayong) yang berprofesi DJ. Film ini dibintangi oleh Dimas Anggara, Amanda Rawles, Mawar Eva, Boy Wiliam dan Mikha Tambayong.           
  10. Pada Tahun 2017 ini, Ari disibukkan dengan acara meet and greet diluar maupun di Pulau Jawa. Dan sekarang menjadi ambassador 3second untuk menyelesaikan program acara tour 30 kota di Indonesia bareng 3second. Ari sudah menciptakan dua bukunya. Yang pertama bukunya berjudul “The Diary Of Ari Irham” yang dicetak pada tahun 2016 dan masuk kategor best seller dan yang kedua bukunya berjudul “After Met You” feat Dwitasari yang dicetak pada tahun 2017 yang dua-duanya diterbitkan oleh Loveable.
  11. Dalam hidup Ari, dia sangat phobia sama mall yang mau tutup. Dia phobia karena pernah menonton film horror tentang peristiwa mengerikan yang terjadi pada suatu tempat atau mall sebelum tutup. Dan dia juga pernah dijudge oleh haters, tetapi Ari hanya mengatakan “Haters tidak usah ditanggepin, mereka Cuma mau memengaruhi saja”. Ari juga mempunyai penyakit asma.
  12. Irham Nuran Harir atau Ari Irham memiliki sifat yang ramah da rendah hati. Dia orang yang sangat mengerjar imipiannya dari bawah hingga sampai sekarang sukses ia tetap jalani. Dia pemuda yang sukses dalam berkarya diumur yang sangat muda dan sudah bisa membahagiakan kedua orang tua dan bisa menghasilkan uang sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar