Follow Us @literasi_smkn23jkt

Sabtu, 02 Desember 2017

Oki Setiana Dewi: Si Motivator Muslimah


Oki Setiana Dewi: Si Motivator Muslimah
  Disusun oleh: Tasya Rahmawati 




1.    Oki Setiana Dewi lahir pada 13 Januari 1989 di Batam, Indonesia. Saat ia masih kecil, ia mempunyai hobi menulis, ia sudah terbiasa menuangkan segala yang dia alami ke dalam sebuah buku harian atau diary untuk mencatat tentang pengalaman-pengalaman dan kegiatan sehari-harinya.
2.    Oki lahir dari pasangan berdarah Jawa-Palembang. Ayahnya yang bernama Suliyanto dan Ibunya yang bernama Yunifah Lismawati. Sejak tahun 2005, keluarga Oki hijrah dan menetap di Jawa tepatnya di Depok.  Ia mempunyai dua orang adik perempuan yang bernama Shindy Kurnia dan Ria Yunita. Pada tanggal 12 Januari 2014, Oki Setiana Dewi menikah dengan Ory Vitrio  seorang pengusaha restoran, yang sebelumnya mereka menjalani proses ta’aruf. Dari pernikahannya, kemudian lahirlah seorang anak perempuan  cantik yang bernama Maryam Nusaibah Abdullah dan Khadeejah Faatimah Abdullah.
3.    Oki Setiana Dewi pernah mengenyam pendidikan di SMAN 1 Depok,  Sarjana Humaniora (Program Studi S1 Sastra Belanda, Lulus Tahun 2012) FIB UI, Lulus dari Universitas Indonesia, Oki Setiana Dewi kemudian mengikuti program Tahfidzul Qur’an di Rumah Qur’an yang ada di depok dan kemudian ia belajar bahasa Arab di Mekkah di Universitas Umm Al Qur’an di tahun 2012, Magister Pendidikan (Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini, Lulus Tahun 2015) Program Pascasarjana UNJ, Kandidat Doktor (Program Studi S3 Pengkajian Islam Konsentrasi Pendidikan Islam, masuk tahun 2016) UIN Jakarta.
4.    Ia  mulai dikenal masyarakat ketika ia sukses dalam film 'Ketika Cinta Bertasbih', Oki berperan sebagai Anna dalam film tersebut. Selain itu dia juga pernah berperan di film dan sinetron islami seperti, Ketika Cinta Bertasbih 2, Demi Cinta, Ketika Cinta Bertasbih Spesial Ramadhan, Ketika Cinta Bertasbih Meraih Ridho Ilahi, Dari Sujud Ke Sujud, Anak-Anak Manusia. Dia juga seorang penulis,  beberapa judul buku yg membuat ia jadi sukses yaitu Melukis Pelangi; Catatan Hati Oki Setiana Dewi, Sejuta Pelangi; Pernik Cinta Oki Setiana Dewi, Cahaya Di Atas cahaya; Perjalanan Spiritual Oki Setiana Dewi, Hijab I'm In Love, Dekapan Kematian, dan Ketika Guru SD Sakit. Selain kegiatannya sebagai penulis dan artis, Oki Setiana Dewi juga kerap mengisi menghadiri beberapa seminar muslimah dan juga kepemudaan. Selain itu ia juga aktif dalam mengajar mengaji di TPA untuk anak-anak serta ibu-ibu. Oki memiliki komunitas sendiri yaitu Sahabat Oki Setiana Dewi atau SOSD yang telah memiliki anggota beribu orang baik itu di Indonesia dan juga di luar negeri. Dalam komunitas tersebut, Oki menggalakkan kegiatan DMKM yaitu Dari Masjid ke Masjid dan juga program “Yuk Mengaji, Al Qur’an di Hati” dimana pelaksanaannya juga menyentuh lingkungan Lapas Wanita Tangerang.
5.    Di Universitas Indonesia, ia menjadi mahasiswi teladan di kampusnya, penghargaan sebagai mahasiswi baru Selain itu, Oki Setiana Dewi juga pernah mendapatkan penghargaan seperti, Pendatang Baru Wanita Terbaik Indonesian Movie Award  dan Pendatang Baru Wanita Favorit Indonesian Movie Award
6.    Selain suka menulis dan membaca, ia juga gemar bergaya namun Oki sudah berkali-kali gagal menjuarai lomba peragaan busana dari tingkat kecamatan hingga provinsi, namun hal itu tidak membuat ia kecewa berat.
7.    Oki Setiana Dewi memilki sifat disiplin dan selalu berusaha jika menginginkan sesuatu. Sudah sepantasnya sosok yang pantang menyerah ini disanjung dan dikenal oleh seluruh muslimah di Indonesia.
"Ilmu takkan pernah datang kalau kita hanya berdiam diri, ilmu harus dicari dan dikejar." – Oki Setiana Dewi



Daftar Pusaka:





 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar