Follow Us @literasi_smkn23jkt

Minggu, 03 Desember 2017

Shawn Mendes – Penyanyi Tampan Multitalenta

Disusun Oleh : Lia Daryanti


1.    Shawn Mendes, ia lahir dengan nama Shawn Peter Raul Mendes, pada tanggal 08 Agustus 1998 di Toronto, Ontario, Kanada. Ia dibesarkan di Pickering, sebuah kota di pinggiran. Sewaktu kecil ia bercita – cita ingin menjadi arsitek. Selain itu, ia juga suka menonton acara televisi, salah satu acara yang sangat disukainya adalah “The Berenstain Bears”.
2.    Shawn adalah putra dari Karen, seorang agen real estate, dan Manuel Mendes, seorang pengusaha. Ayahnya berasal dari Portugis, sementara ibunya berasal dari Inggris. Shawn mempunyai adik perempuan bernama Aaliyah Mendes yang usianya lima tahun lebih muda dari Shawn.
3.    Shawn mengenyam pendidikannya di Pine Ridge Secondary School. Pelajaran favoritnya di sekolah adalah sejarah. Selain sejarah ia juga suka olahaga, seperti ice hockey, sepak bola, dan basket. Ketertarikannya dalam musik dimulai saat ia berumur 13 tahun. Ia mulai belajar bermain gitar sendiri dengan melihat video tutorial yang ada di Youtube.
4.    Shawn kemudian mendapatkan popularitasnya melalui cover videonya yang ia unggah di aplikasi Vine sejak 2013 dan mendapat jutaan penonton dan pengikut hanya dalam hitungan bulan. Manajer artis Andrew Gertler menemukan Shawn secara online pada November 2013, dan mengajaknya ke Island Records pada Januari 2014. Ia secara resmi dikontrak pada Mei 2014 dan merilis single pertamanya “Life of the Party” pada 26 Juni 2014.
5.    Sebelum ia terikat kontrak dengan Island Records, Shawn pernah tur sebagai anggota dari MagCon Tour bersama artis muda lainnya dengan pengikut yang besar di media sosial. Ia juga pernah ikut tur nasional bersama Austin Mahone sebagai artis pembuka. Hal inilah yang kemudian memenangkan Shawn dalam Teen Choice Awards 2014 sebagai Webstar in Music.
6.    Shawn merilis album penuh pertamanya, Handwritten, pada 14 April 2015. Album ini terjual 116.000 kopi di minggu pertamanya. Single ketiga dari album tersebut, “Stitches” berada di nomor empat di Billboard Hot 100.
7.    Tidak hanya itu, Shawn juga merekam sebuah lagu berjudul “Believe” untuk Disney Channel Original Movie Descendants. Ia juga menjadi pembuka di konser 1989 Taylor Swift di Amerika Utara. Dan pada November 2015 Shawn dan Camila Cabello merilis single kolaborasi mereka, “I Know What You Did Last Summer”.
8.    Tidak hanya di dunia tarik suara, Shawn juga mengembangkan bakatnya dalam dunia akting dan model. Di bidang akting, Shawn muncul di musim ketiga serial TV The 100 di The CW, premier pada 21 Januari 2016. Dan di bidang model, Shawn menandatangani kontrak dengan agensi modelling, Wilhelmina Models pada Januari 2014.
9.    Setelah tur pertamanya “Shawns First Headlines” (2014-2015). Shawn kemudian mengumumkan tur keduanya “Shawn Mendes World Tour” sebagai headlining, yang akan mengunjungi Amerika Utara dan Eropa, dimulai pada Maret 2016.
10. Walaupun masih sangat baru di industri musik, Shawn sudah mendulang banyak penghargaan di perjalanan karirnya. Shawn memenangkan Teen Choice Awards sebagai Webstar in Music, Juno Awards sebagai Breakthrough Artist of the Year, IheartRadio Music Award sebagai Best Fan Army, Radio Disney Music Award sebagai Best New Artist, American Music Award sebagai New Artist of the Year. Selain di bidang musik Shawn juga pandai berbicara tiga bahasa, yaitu bahasa Inggris, Spanyol, dan Perancis.
11. Shawn Mendes memiliki bakat yang multitalenta. Sudah sepantasnya dia mendapat popularitas yang secepat itu dan mendapat penghargaan. Selain itu, baik terhadap penggemar juga menjadikan dia tetap bertahan di industri musik.



Daftar Pustaka





 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar