Follow Us @literasi_smkn23jkt

Minggu, 03 Desember 2017

Raditya Dika blogger inovatif

Disusun oleh : Defia Fitri Ani


  1. Raditya Dika lahir pada tanggal 28 Desember 1984, di Jakarta. Nama aslinya adalah Dika Angkasaputra Moerwani, namun ia menggantinya saat duduk di bangku kelas 4 SD. Saat itu ia meminta izin kepada orang tuanya untuk mengganti namanya dari Dika Angkasaputra Moerwani menjadi Raditya Dika.
  2. Raditya merupakan anak pertama dari 5 bersaudara. Adiknya yang pertama adalah Yudita Nasution, yang kedua sekaligus ketiga adalah Ingga dan Anggi. Mereka berdua merupakan saudara kembar. Dan yang keempat adalah Edgar. Edgar adalah adik Dika yang terakhir.
  3. Tidak hanya saat SD (Sekolah Dasar), saat memasuki SMP (Sekolah Menengah Pertama) ia menuliskan nama Raditya Dika mengikuti ijazah SD, bukan mengikuti nama akte kelahiran. Ia pun terdaftar di SMP Tarakanita I dengan nama Raditya Dika. Sejak saat itu namanya dalam kehidupan pendidikannya menjadi Raditya Dika. Ia juga akrab dipanggil teman-temannya dengan nama Radith. Dia pernah mengenyam pendidikan di:
    • SMP Tarakanita I
    • SMU 70 Bulungan
    • Universuty of Adelaide
    • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia
  4. Novel Radith mengundang banyak perhatian masyarakat Indonesia dan membuat para produser tertarik untuk mengajaknya bermain film. Film pertama yang ia mainkan yaitu “Kambing Jantan: The Movie” yang diangkat dari adaptasi novel pertamanya yang berjudul “Kambing Jantan”. Film tersebut diproduksi pada tahun 2009.Sukses dengan film pertamanya, Raditya kembali mengangkat novelnya ke layar lebar. Tercatat ada 3 filmnya yang berjudul “Cinta Brontosaurus”, “Manusia Setengah Salmon” dan “Marmut Merah Jambu” diambil dari judul buku yang sama.
  5. Karya pertama yang mengangkat namanya adalah buku berjudul Kambing Jantan: Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh (2005). Buku ini menceritakan kehidupan Raditya ketika masih berkuliah di Adelaide, Australia. Cerita yang dibawakan Raditya adalah kisah-kisahnya sebagai pelajar Indonesia yang berkuliah di luar negeri. Buku ini ditampilkan dalam format buku harian. Seluruh cerita dalam karyanya tersebut berasal dari blog pribadinya. Karya Tulisnya:
    • Kambing Jantan: Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh - Tahun 2005
    • Cinta Brontosaurus - Tahun 2006
    • Radikus Makankakus: Bukan Binatang Biasa - Tahun 2007
    • Babi Ngesot: Datang Tak Diundang Pulang Tak Berkutang - Tahun 2008
    • Marmut Merah Jambu - Tahun 2010
    • Manusia Setengah Salmon - Tahun 2011
    • Koala Kumal - Tahun 2015
  6. Raditya dikenal sebagai orang yang cukup terbuka. Ia pernah berpacaran dengan sederet artis seperti Herfiza Novianti, Sherina dan Anissa Aziza. Setiap perempuan yang hadir di dalam hidup Raditya selalu dijadikan sebuah cerita romantis dalam novelnya. Contohnya dengan Sherina yang pernah muncul dalam novel "Marmut Merah Jambu". Kini ia berkarier di penerbit buku Bukune, Raditya bertindak sebagai direktur juga sebagai direktur dan pemimpin redaksi.
  7. Semangat Radith untuk mempromosikan hasil karta bukunya dengan berpromosi di blog yang ia kelola. Selain itu ia juga promosi dari mulut ke mulut (word of mouth). Semangat Radith  terus berkreasi dan bertindak kreatif  dan tekanan kompetitor bisa menjadi motivasi untuk terus memberikan ide-ide baru dan menggali kemampuan.
Daftar Pustaka



1 komentar:

  1. Menurut saya radity dika memiliki banyak sekali karya yang menarik dan patut di con

    BalasHapus