Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 01 Desember 2017

Ashanty – wanita yang bermimpi untuk menyanyi dan kini menjadi kenyataan


Disusun oleh : Atiatussholehah
 
  1. Ashanty adalah penyanyi kelahiran Jakarta, 4 November 1984, dengan nama lengkap Ashanty Siddik Hasnoputro. Ia merupakan anak bungsu dari lima bersaudara pasangan Prof. Soejahjo dan Farida Siddik. Gadis keturunan Arab-Perancis-Jawa ini dikenal di dunia industri musik Indonesia sejak 2009. Namun namanya baru melejit setelah digandeng musisi Anang Hermansyah sebagai pasangan duetnya yang baru. ashanty  memiliki bernama Ibu Ratu Farida Hanum (m. 06-Nov-16) Pekerjaan Ibu sebagai penyanyi dan mempunyai  Saudara yaitu Mia (kakak perempuan), dan Yusuf Kusno Putra (kakak laki-laki). Ashanty, yang merupakan anak dari seorang staf ahli UNICEF, menghabiskan masa kecilnya dengan tinggal berpindah-pindah di beberapa negara. Negara-negara yang pernah ia tinggali, seperti Thailand, Amerika Serikat, Srilanka, Belanda hingga Nigeria, sudah membentangkan pengetahuannya sehingga ia tumbuh menjadi seseorang yang peka dan rendah hati.  
  2. Gadis alumni SDN 02 Lebak Bulus, SMP 85 Pondok Labu dan SMA Islam Harapan Ibu ini mengaku bahwa sejak kecil dirinya dilarang keluarga menjadi penyanyi. Kakeknya yang merupakan mantan diplomat dan ayahnya yang seorang staf di lembaga internasional PBB, tentu mengarahkannya ke profesi serupa. Ashanty pun mengambil kuliah Hubungan Internasional di Universitas Paramadina yang akhirnya memberinya gelar Sarjana Sosial. Secara diam-diam, gadis yang sempat menjadi anggota cheerleaders semasa duduk di bangku SMA ini mengikuti kontes "Abang dan None 2001". Tak diduga, di kompetisi itu Ashanty malah keluar sebagai "None Favorit" yang mewakili Jakarta Utara. Mengantongi gelar tersebut, Ashanty memberanikan diri mengutarakan keinginannya terjun ke dunia musik pada orangtuanya. Orangtuanya pun akhirnya mengalah dan mendukung langkah putrinya 
  3. Ashanty yang memiliki seorang kenalan di perusahaan rekaman terkenal di Indonesia, akhirnya bertemu dengan Yovie Widianto. Oleh Yovie, Ashanty diberi kesempatan membawakan lagu ciptaannya, "Aku Ingin Kamu, Kamu Ingin Dia" (2009).Tak lama setelahnya, album perdana Ashanty self-titled, "Ashanty" (2009), dirilis. Dua single yang ikut dirilis, "Aku Ingin Kamu, Kamu Ingin Dia" (2009) dan "Dulu" (2009) terbilang cukup dikenal masyarakat. Namun anehnya, masyarakat masih banyak yang merasa asing dengan nama Ashanty. Meski sudah sering muncul di televisi sebagai ikon iklan "Chat & Date", masyarakat masih belum menyadari keberadaan dirinya.Nama gadis yang bersaudara ipar dengan penyanyi dangdut Liza Natalia ini baru melejit setelah ia menjadi pasangan duet Anang di single "Menentukan Hati" (2011). Tidak ingin dikatakan hanya menumpang kepopuleran, lewat semua penampilannya, Ashanty berusaha menunjukan kualitas dan potensi yang dimilikinya. Duet Anang dan Ashanty kemudian merilis sebuah album bertajuk "Jodohku" (2011). Lewat single "Jodohku" (2011) dan "Sumpah Mati" (2011), duet ini berhasil mendapatkan berbagai tawaran manggung di acara musik.Selain "Aku Ingin Kamu, Kamu Ingin Dia", dalam album tersebut juga hadir single Ashanty yang lain berjudul “Dulu”. Dari sinilah, nama Ashanty mulai dikenal meski memang belum meledak. Meski Ashanty telah membintangi iklan ‘Chat & Date’, namanya masih terasa asing bagi sebagian pecinta musik Indonesia.Ketenaran Ashanty melaju setelah ia menjadi teman duet Anang Hermansyah dalam single "Menentukan Hati" yang dirilis tahun 2011. Duet Anang-Ashanty pun berlanjut hingga menciptakan satu album bertajuk “Jodohku”. Duet mereka telah menarik perhatian masyarakat, terbukti dengan datangnya berbagai tawaran manggung di beberapa daerah. 
  4. Ternyata, kedekatan Ashanty dan Anang tidak hanya sebatas di atas panggung belaka. Hubungan mereka pun akhirnya menapaki jenjang pernikahan pada 12 Mei 2012 di Masjid Al-Bina, Senayan, Jakarta. Ashanty dikaruniai 2 orang anak dari pernikahannya dengan Anang, yaitu Arsy Addara Musicia Nurhermansyah dan Arsya Akbar Pemuda Hermansyah. Saking romantisnya, pasangan ini diganjar sebagai Pasangan Terdahsyat dalam program Dasyatnya Awards, RCTI, pada tahun 2015.
  5. Tak sebatas itu, Ashanty pun mampu menjadi ibu yang baik bagi Titania Aurelie Hermansyah Azriel Akbar Hermansyah, anak Anang Hermansyah dari Krisdayanti. Ashanty pun menggapai mimpinya dan gembira bersama keluarga besarnya. (AC/DN). 
  6. Ashanty mengirimkan surat terbuka kepada Presiden Jokowi. Ia geram melihat banyaknya kasus pelecehan seksual dan kekerasan pada anak di bawah umur. Dalam surat tersebut, Ashanty mengemukakan kekhawatirannya sebagai orang tua serta kesedihannya yang mendalam atas kasus-kasus tindak pemerkosaan yang hingga kini belum di putuskan hukuman.





    DAFTAR PUSTAKA :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar