Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 04 Desember 2017

Neymar – sang bintang lapangan hijau

Disusun oleh  - Bayu Khusnia Wahab 



1.    Neymar da Silva Santos Junior atau yang akrab dikenal sebagai Neymar adalah pesepakbola yang lahir di Mogi das Cruzes, Brazil, 5 Februari 1992. Dia merupakan anak dari pasangan Neymar da Silva Sr. dan Nadine Santos. Neymar bergabung dengan klub bola pertamanya, Portuguesa Santista, ketika usianya 11 tahun. Namun tidak sampai setahun ia harus meninggalkan klub itu. Hal ini disebabkan oleh kepindahan keluarganya ke kota Santos.

2.    Profesi ayahnya sebagai mantan pesepakbola membuat Neymar tertarik dengan olahraga iniAyah Neymar, Neymar senior, sekarang manajernya, harus melakoni tiga pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan, dan menggambarkan tempat mereka tinggal seperti kota tempat 'pembuangan sampah'. "Itu beberapa waktu yang lalu, sekitar pada 2000. Kami tinggal di sana sampai Neymar menjadi profesional," ujar Neymar Snr.Kisah Neymar itu, pun nyaris tidak pernah terjadi atau berakhir sebelum semuanya dimulai. Ketika baru berusia empat bulan, dia terlempar dari sebuah mobil dalam sebuah kecelakaan. Namun, si kecil itu selamat dan berkembang menjadi jenius sepakbola.Pelatih pertama, Betinho, yang mengawali semua kisah Neymar. Betinho melihat sosoknya yang melesat di salah satu klub lokal. "Saya melihat seorang anak berusia enam tahun melewati tribun dan menarik perhatian saya. Kemampuan, kelincahan dan koordinasi motoriknya." "Dari semua anak laki-laki, tidak satupun dari mereka memiliki apa yang dimiliki Neymar. Dia bergerak cepat. Itu adalah fasilitas untuk menipu lawan, menggiring bola, menggerakkan tubuh sendiri."

3.    Meski bukan di favela, rumah keluarga Neymar itu terletak di sebuah wilayah yang sama sekali belum berkembang. Di dekatnya, ada sebuah tempat pembuangan sampah akhir dan pada sore hari, di jalanan yang tidak rata, pemandangan yang lazim adalah bocah-bocah kecil menendang bola. kemudian bertemu dengan Betinho yang akhirnya membawa Neymar ke pendidikan formal sebagai pesepak bola.Rasanya memang baru kemarin melihat Neymar muncul ke permukaan. Tahun 2011, di usianya yang baru menginjak angka 19, dia bersama Paulo Henrique Ganso mencuri perhatian dunia lewat penampilan impresif untuk Santos. Kedua pemain ini pun berjasa besar dalam membawa Santos ke partai puncak Piala Dunia Antrklub.

4.    Debut perdananya di lapangan dengan tim Santos FC Senior terjadi 7 Maret 2009. Di usianya ke-17, pemain yang mendapat julukan Pele Masa Depan ini berhasil membawa timnya menang 2-1 melawan Oeste. Neymar mencetak 14 gol dari 48 pertandingangnya .Kepopuleran Neymar yang meningkat membuatnya dilirik tim sepakbola Inggris, West Ham United. Namun, Neymar yang mengaku ingin fokus di Brazil menolak tawaran kontrak sebesar 12 juta pounds (Rp 214 miliar). Meski begitu manajernya saat itu, Wagner Ribeiro, sadar benar keinginan. atletnya untuk berkarir di Eropa. Pesona Neymar juga sukses menarik perhatian Real Madrid. Di 2011, Los Blancos menunjukkan ketertarikan mereka dengan menawarkan pre-kontrak pada Neymar. Meski begitu pemain berusia 21 tahun ini memilih untuk memperpanjang kontrak dengan tim lamanya, Santos FC.

5.    Prestasi tersebut mengantarkan Neymar menempati posisi ketiga penghargaan South American Footballer of the Year 2010. Nama Neymar pun disejajarkan dengan legenda bola Brazil lainnya seperti  Robinho  dan Pele. Dia berhasil mencetak gol ke-100-nya serta memborong sederet penghargaan diantaranya Golden Ball (2012), Runner-Up FIFA Puskas Award (2012) dan South American Footballer of the Year (2012).

6.    Seperti kisah sukses pada umumnya, kegagalan berperan pada karier Neymar saat ini.Ada kegagalan Neymar yang mencengangkan pada turnamen U-17 pada 2009 di Nigeria. Ketika itu Brasil adalah satu dari delapan tim yang tidak mampu lolos dari babak penyisihan grup.Duet Neymar dan Philippe Coutinho tidak dapat mencetak gol saat hal itu sangat dibutuhkan. Gagal memberikan peran berarti pada tim, Neymar diganti di tengah pertandingan ketika Brasil kalah 1-0 dari Meksiko dan Swiss. Ketika kekalahan itu terjadi, Neymar sudah berkembang menjadi pemain bintang di tingkat senior bersama Santos di divisi utama Liga Brasil.  Pelajaran dari turnamen itu jelas: kompetisi sepakbola di level internasional berat dan Neymar harus benar-benar mempersiapkan diri sebelum menyeberangi Samudra Atlantik. Chelsea kala itu mengira telah mendapatkan satu sinyal mendapatkannya, tapi Neymar tetap bertahan di Santos hingga 2013 untuk terhindar dari jebakan kepindahan yang prematur.
7.    Neymar Da Silva Santos Junior patut menjadi teladan karena sifat ia yang gigih dalam menggembangkan kemampuan nya patut di acungi jempol karena ia bisa mengangkat ekonomi keluarganya . lewat hobinya yaitu bermain sepak bola membawa namanya hingga ke ajang Internasional dan menjadi salah satu tokoh terkenal.1.    Neymar da Silva Santos Junior atau yang akrab dikenal sebagai Neymar adalah pesepakbola yang lahir di Mogi das Cruzes, Brazil, 5 Februari 1992. Dia merupakan anak dari pasangan Neymar da Silva Sr. dan Nadine Santos. Neymar bergabung dengan klub bola pertamanya, Portuguesa Santista, ketika usianya 11 tahun. Namun tidak sampai setahun ia harus meninggalkan klub itu. Hal ini disebabkan oleh kepindahan keluarganya ke kota Santos.

SUMBER
https://m.wowkeren.com/seleb/neymar/bio.html
https://id.m.wikipedia.org/wiki/neymar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar