Follow Us @literasi_smkn23jkt

Sabtu, 02 Desember 2017

Jackie Chan - Bintang dari Asia

Disusun Oleh : Aulia Prasasti

  1. Jackie Chan. Lahir di Hongkong pada 7 April 1954. Jackie Chan, yang memiliki nama kecil Chan Kong Sang, yang berarti lahir di Hongkong, ini menghabiskan masa kecilnya di lingkungan elit, Distrik Victoria Park. Ketika kecil, Chan mendapat julukan Pao Pao yang berarti b ocah peluru. Pemberian nama ini bukannya tanpa alasan, karena Chan ketika kecil dikenal sebagai anak yang memiliki karakter yang lincah. Kelincahan yang menggiringnya ke dunia seni bela diri dan a krobatik p. Kemampaun bela diri ini pula yang membesarkan namanya di layar lebar. Kedekatan Chan dengan dunia peran tidak lepas dari andil dari kedua orang tuanya. Mereka melihat ada bakat seni yang tersimpan di dalam tubuh Chan. Karena itu ketika kecil kedua orang tua Chan mendaftarkan Chan ke Akademi Drama Cina, Peking Opera School. Memiliki keahlian bela diri martial arts dan akrobatik, akhirnya membawa Chan untuk diikut sertakan dalam Seven Little Fortunes, yaitu sebuah kelompok pertunjukkan yang beranggotakan pelajar terbaik yang ada di sekolahnya. Jackie Chan telah terjun ke dunia film sejak berumur delapan tahun, saat ia tampil dalam film berjudul Big Little Wong Tin Bar. Dalam film ini, Jackie Chan bermain bersama Sammo Hung Kam-Bo serta Li Hua Li. S etahun berikutnya Chan kembali bermain bersama Li Hua Li dalam film musi k al The Love Eterne.
  2. Kedua orang tuanya bernama Charles dan Lee-Lee Chan, pengungsi dari masa Perang Saudara Cina. Orang tuanya bekerja pada Kedutaan Perancis untuk Hong Kong. Tahun 1982, Jackie Chan menikahi Lin Feng-Jiao, seorang aktris Taiwan. Dalam tahun yang sama mereka mendapatkan seorang anak laki-laki, penyanyi dan aktor, Jaycee Chan. Dalam sebuah skandal pada tahun 1999, ia mengakui memiliki seorang anak perempuan dengan pemenang Miss Asia Pageant 1990, Elaine Ng, walaupun paparazzi juga sering menghubung-hubungkannya dengan semua orang dari para penyanyi wanita Taiwan Teresa Teng sampai aktris terkenal Anita Mu.
  3. Chan bersekolah di Nah-Hwa Primary School di daratan Hong Kong, namun sayang, dia tidak lulus sehingga orang tuanya mengeluarkannya dari sekolah. Pada tahun 1960, ayahnya beremigrasi ke Canberra, Australia dan bekerja sebagai kepala juru masak untuk kedutaan Amerika, dan Chan disekolahkan ke Chinese Drama Academy, sebuah Sekolah Opera Peking yang dimiliki dan dijalankan oleh Master Yu Jim Yuen. Selama bersekolah di sana, ia banyak mendapatkan pelajaran berharga dan memiliki keahlian di bidang seni bela diri kung fu dan akrobatik. Beberapa kali dia pernah ikut dalam kelompok Seven Little Fortunes, sebuah kelompok penampil yang diambil dari murid-murid terbaik dari sekolah tersebut, dan mendapatkan nama panggung Yuen Lo atas pencapainnya yang tertinggi. Dalam waktu itulah dia berteman dekat dengan Sammo Hung dan Yuen Biao, dimana tiga serangkai ini kemudian terkenal dengan nama julukan Tiga Bersaudara atau Tiga Naga.
  4. Chan berprofesi sebagai aktor, sutradara, produser, koreografer, penyanyi.
  5. Penghargaan 
    1. Piala Oscar Kehormatan 2016
    2. MTV Movie Award Untuk Perkelahian Terbaik 2002 (Rush Hour 2)
    3. Penghargaan Perfilman Hong Kong untuk Film Terbaik 1988 (Rouge)
    4. Penghargaan Perfilman Hong Kong untuk Koreografi Aksi Terbaik 2013 (Chinese Zodiac), 1999 (Who Am I ?), 1996 (Rumble in the Bronx)
    5. Penghargaan Golden Rooster untuk Aktor Terbaik 2005 (New Police Story)
    6.  Penghargaan Perfilman Hong Kong untuk Professional Spirit Award 2005
    7. Nickelodeon Kids Choice Award untuk Tokoh Pecundang Terfavorit (The Karate Kid)
    8. MTV Movie Award untuk Duo Terbaik1999 (Rush Hour)
    9. People's Choice Awards untuk Aktor Film Aksi Terfavorit 2011 (The Karate Kid, The Spy Next Door)
    10. MTV Movie Award untuk Lifetime Achievement1995
    11. Nickelodeon Kids Choice Awards untuk Buttkicker Lelaki Favorit
  6. Keadaan keluarga harmonis itu baru terjadi di awal tahun 2000-an. Sebelumnya, kisah rumah tangga Jackie Chan pernah tidak semulus kariernya.Sempat bikin heboh dengan kabar pernikahan diam-diamnya dengan aktris Lin    Feng Jiao atau Joan Lin. Hingga memiliki anak hasil dari perselingkuhan. Saat, skandal perselingkuhannya ini terungkap, Jackie Chan hampir saja cerai dengan istrinya. Cerita tentang hubungannya dengan sang anak, Jaycee Chan, cukup mirip.Jackie Chan bisa dibilang pernah menjadi seorang ayah yang tidak peduli anak.
  7. Jackie Chan sangat layak dijadikan sebagai Inspirasi karna kerja keras untuk mencapai cita-citanya. Awalnya, tidak sedikit orang yang meremehkannya, namun Chan tetap terus berusaha. Hingga akhirnya Chan dapat membuktikan semuanya, membuat semua cacian menjadi pujian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar