Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 12 Desember 2017

KHADIJAH WANITA MULIA DI SISI RASULULLAH


 DISUSUN OLEH ESA FITRI ROKHIYANSAH

  
1.       Khadijah binti Khuwailid ibnu Asad ibnu 'Abdil 'Uzza ibnu Qushay. Pada nama Qushay, kakeknya yang keempat, nasabnya Khadijah bertemu dengan Rasulullah Saw. Dilahirkan pada tahun 68 sebelum Hijriyah, di sebuah keluarga yang mulia dan terhormat. Dia tumbuh dalam suasana yang dipenuhi dengan perilaku terpuji, Ulet, cerdas dan penyayang merupakan karakter khusus kepribadiannya. Sehingga masyarakat di zaman Jahiliyah menjulukinya sebagai At-Thahirah (seorang wanita yang suci).
2.       Ibu Khadijah bernama Fatimah binti Za'idah. Nenek Khadijah dari pihak ibu bernama Halah binti 'Abdu Manaf. 'Abdu Manaf adalah kakek ketiga Rasulullah. Ayah Khadijah, Khuwailid, terkenal sebagai lelaki yang cerdas, kaya, terhormat, berkhlak, jujur dan bisa dipercaya. Jadi, dari pihak ayah maupun ibu, Rasulullah dan Khadijah memiliki hubungan kekerabatan yang dekat. Suami pertamanya adalah Abu Halah an- Nabbasy ibnu Zurara at Taymi dikaruniai dua anak, yakni hindun dan Halah. Lalu Kadijah menikah lagi dengan 'Athiq ibnu 'Aidz al- Makhzumi memperoleh anak perempuan bernama hindun. Hingga akhirnya khadijah menikah dengan Rasulullah Saw dikaruniai anak perempuan bernama syeda Fatimah (Fatimah Az - Zahra)
3.       Khadijah dari kecil oleh ayahnya sudah diajarkan pada dunia perdagangan  sehingga Khadijah berprofesi sebagai pedagang sukses.  Sepeninggal ayahnya, Khadijah mengambil alihbisnis keluarga dan segera mengembangkannya. Dengan keuntungan yang di dapatkannya, ia tidak lupa untuk membantu orang-orang miskin, janda, anak yatim dan orang orang kebutuhan khusus.
4.       Hampir setiap kafilah memuat dagangannya dalam jumlah besar. Khadijah juga mempekerjakan orang Quraisy yang jujur dan terpercaya untuk mengawasi barang  dagangannya.
5.       Pada saat Khadijah ingin melahirkan Fatimah Az zahra tidak ada satu orang pun  yang menolongny.  Hingga akhirnya Allah mengutus 4 bidadari untuk membatu Khadijah melahirkaan salah satunya adalah hawa ibu dari seluruh umat manusia
6.       Khadijah, seorang tangan kanan Rasulullah yang senantiasa membantu beliau dalam menjalankan dakwah dan menyebarkan ajaran-ajarannya, meninggal pada tanggal 10 Ramadhan, tahun 10 kenabian di kota Makkah pada usia 65 tahun.Wafatnya Khadijah merupakan musibah besar, di mana setelahnya diikuti berbagai musibah dan peristiwa yang datangnya secara beruntun. Rasulullah SAW memikul beban dengan penuh ketabahan dan kesabaran demi mencapai ridha Allah SWT.
7.       Sepantasnya sesosok khadijah menjadi teladan bagi semua wanita muslim di dunia. Sikapnya yang teguh, jujur, dan pekerja keras, serta mengerahkan semua raga, harta untuk membantu penyebaran agama islam.





DAFTAR PUSTAKA
«  http/www.jadipintar.com
«  Buku Khadijah Cinta Sejati Rasulullah,Abdul Mun'im Muhammad Umar



«    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar