Follow Us @literasi_smkn23jkt

Minggu, 29 April 2018

Teks Eksplanasi- Angin puting Beliung



Teks Eksplanasi
Angin Puting Beliung

Disusun Oleh:
Nama : Shita Valencia Naydi
Kelas : XI AP 2
No. Absen : 27


Fenomena Angin Puting Beliung





Struktur Teks Eksplanasi Angin Puting Beliung

Pernyataan Umum
     Angin puting beliung adalah kolom udara yang berputar kencang yang membentuk hubungan antara awan cumulonimbus atau dalam kejadian langka dari dasar awan cumulus dengan permukaan tanah. Angin puting beliung muncul dalam banyak ukuran namun umumnya berbentuk corong kondensasi yang terlihat jelas yang ujungnya menyentuh bumi menyempit dan sering dikelilingi oleh awan yang membawa puing-puing.

Urutan Sebab- Akibat
     Angin puting beliung biasanya terjadi pada musim pancaroba karena pada siang hari suhu udara panas, pengap, dan awan hitam mengumpul. Akibat radiasi matahari di siang hari tumbuh awan secara vertikal, selanjutnya di dalam awan tersebut terjadi pergolakan arus udara naik dan turun dengan kecepatan yang cukup tinggi. Arus udara yang turun dengan kecepatan tinggi menghembus ke permukaan bumi secara tiba-tiba dan berjalan secara acak.

     Angin puting beliung sering terjadi di Indonesia dan menyebabkan berbagai kerusakan. Kerusakan itu diantaranya menyebabkan korban jiwa, robohnya bangunan, pohon tumbang, kerugian material dan merusak apa saja yang disentuhnya.



Daftar Pusaka
(http://srichandrapawitri.blogspot.com)
(http://idkf.bogor.com)
(http://artikel.okeschool.com)
(http://artikel.okeschool.com)
(http://artikel.okeschool.com)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar