Follow Us @literasi_smkn23jkt

Minggu, 03 Desember 2017

Kana Hanazawa : Artis yang Multi Talenta Sedari Kecil

Disusun oleh : Tedy Leonardo Dharmawan

  1. Kana Hanazawa adalah seorang seiyuu yang berasal dari Tokyo. Lahir pada tanggal 25 Februari 1989, Kana yang biasa dipanggil Kanachan ini tergabung dalam agensi Osawa Office bersama dengan seiyuu-seiyuu ternama, seperti Noto Mamiko dan Kawasumi Ayako. Kana-chan merupakan anak pertama dari dua bersaudara. Jika bertemu dengan orang yang belum ia kenal, Kana-chan selalu menunjuka sikapnya yang pemalu. Karena itulah, Kana-chan memiliki masalah saat pertama kali interview pada suatu acara di radio. Hobi Kana-chan adalah mandi dan Kanachan pintar dalam meniru sesuatu, seperti sulap dan bercerita. Tipe pria yang disukai oleh Kanachan adalah yang berambut hitam dan terlihat keren bila mengenakan setelan jas dan kacamata.
  2. Sebelum menjadi seiyuu, pada tahun 1996 sampai dengan 2000, Kana-chan yang saat itu masih berumur 7 tahun mengisi suatu acara yang bernama Sanma Dai Sensei. Di sana Kana-chan bersama anak-anak yang lain membahas beberapa hal yang berhubungan dengan sekolah atau anak kecil. Kemudian di umurnya yang ke-14, Kana-chan memulai debutnya di dunia anime sebagai seorang seiyuu. Kana-chan memulai debutnya di anime Last Exile (2003) sebagai Holly Mad-thane, yang merupakan supporting character. Hanazawa masuk ke universitas pada 2007, pada waktu yang sama, Kana-chan mulai dipercaya untuk menjadi seiyuu main character dari anime ber-genre mecha yang bernama Zegapain.
  3. Setelah penampilannya di Zegapain, salah satu agensi seiyuu tertarik dengan bakat akting dan suara dari Kana-chan. Kana-chan resmi dikontrak oleh Osawa Office pada tahun 2007. Osawa menyadari bahwa Kana-chan memiliki suara dan akting yang bagus dan memiliki prospek yang baik ke depan, hal ini menjadi pengaruh besar dalam karirnya. Bersama dengan Osawa, Kana-chan memiliki banyak tawaran kerja lebih banyak daripada sebelumnya. Salah satunya adalah anime Potemayo. Ogataya Haruka,  mangaka dari anime tersebut menyatakan, ia memilih Kana-chan sebagai seiyuu dari karakter utama di animenya karena Kana-chan memiliki suara yang benar-benar pas seperti yang dibayangkan olehnya. Selain Potemayo, Kana-chan menjadi main character di dua anime yaitu Mushi-Uta dan Sketchbook ~full color’s~.
  4. Suaranya digambarkan sebagai tenang, ramah dan kekanak-kanakan. Dia kebanyakan berbicara gadis dalam rentang usia dari balita untuk anak SMA. Cara Kana-chan memainkan suaranya yang tidak hanya ‘moe’, tetapi juga suara-suara yang serius atau suara-suara tipe ojou-sama dapat ia lakukan. Dia sering bernyanyi membuka atau berakhir tema untuk animes, sebagian besar hidupnya dijadikan sebagai pengisi suara karakter anime.
  5. Di tahun-tahun berikutnya, Sutradara-sutradara anime tidak lagi memandang Kana-chan sebagai seiyuu pendatang baru, tetapi sudah menjadi seiyuu profesional. Kana-chan mulai dipercaya para sutradara anime menjadi main character di anime mereka. Tahun 2008 tercatat sekitar enam main character yang dimainkan Kana- chan.
  6. Sejak 2008 popularitasnya naik ke keadaan yang tak terduga, Di tahun 2009 hampir semua anime yang ia mainkan merupakan main character. Sebut saja Suou Pavlichenko di Darker than Black: Ryuusei no Gemini, Sengoku Nadeko di Bakemonogatari, dan anime lain yang tak kalah terkenalnya. mulai tahun 2010 sampai sekarang dia punya setiap musim setidaknya satu peran , sebagian besar ia bertindak dalam satu musim selama lebih dari satu karakter. karakter paling populer adalah Tenshi dari Angel Beats! dan Mayuri Shiina di Steins;GATE.
  7. Buktinya anime yang ia mainkan di tahun 2010 dua kali lebih banyak dari tahun sebelumnya, tercatat 19 anime dimainkan oleh Kana-chan di tahun 2010 dan 13 diantaranya adalah main character. Dari 19 anime itu pun terdapat anime-anime yang terkenal seperti Durarara!, Ore no Imouto ga Konna ni Kawaii Wake ga Nai, Angel Beats! dan lain sebagainya.
  8. Tahun ini pun Kana-chan masih tetap eksis di dunia anime. Dari anime yang menyuguhkan fanservice sampai anime yang epic sekalipun dimainkan oleh Kana-chan.  Tahun ini pun Kana-chan memiliki sebuah PV dari anime Ro-Kyu-Bu! Dalam PV tersebut, Kana-chan bernyanyi dan menari dengan empat seiyuu Ro-kyu-Bu! lainnya. ia mulai membuat tandanya sebagai aktris pengisi suara, ikut dalam 2010 sebagai "Aktris Pengisi Suara Perempuan Terbaik" oleh para penyimak program radio Nonko and Nobita's Anime Scramble (ノン子とのび太のアニメスクランブル?).Ia lulus dari universitas pada 2011, dan pada tahun yang sama ia menjadi aktris pengisi suara waktu penuh. Pada akhir 2010, ia diundang ke konvensi anime Anime Festival Asia di Singapura.
  9. Selain menjadi seiyuu, Kana-chan membawakan salah satu acara di radio bernama Hanazawa Kana no hitori de dekiru kana’ [Can Hanazawa Do it Alone?]. Selain acara tersebut, Kana-chan juga menjadi host di acara radio yang berhubungan dengan anime yang pernah ia bintangi seperti Angel Beats! Radio dan Ore no Imouto ga Konna ni Kawaii Wake ga nai Radio.
  10. Pada 23 Februari 2012, media mengumumkan bahwa Hanazawa akan meluncurkan situs web resminya. Beberapa hari berikutnya, saat "acara Pesta Presentasi Debut Solo Kana Hanazawa", media mengumumkan bahwa ia akan merilis empat singel pada tahun tersebut, Rilis pertamanya adalah "Hoshizora Destination" dirilis pada 25 April, yang berhasil debut di #7 di tangga lagu Oricon . Diikuti oleh musim panasnya single "Hatsukoi no Oto" dirilis pada 18 Juli, ini bahkan lebih tinggi dengan memetakan debut di #4. Jatuh single "Happy Ending" dirilis pada 24 Oktober juga menempati posisi #7 dan terakhirnya musiman tunggal , musim dingin bertema satu, "Silent Snow" dirilis pada 16 Januari 2013 debut di #8. Hanazawa Kana rilis album debutnya claire termasuk semua empat single musimnya, Album pertamanya Claire dirilis pada 20 Februari 2013, dan album keduanya 25 dirilis pada 26 Februari 2014.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar