Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 15 Mei 2017


Teks Ulasan Film dan Drama
Dengan Cinta Ketidaksempurnaan menjadi Indah “My Idiot Brother”
Disusun oleh: Rifki Fatma Suryani Putri

 

ORIENTASI
Film ini diadaptasi dari Novel karya Agnes Davonar. Di produksi oleh studio Rumah Satu Film dan di rilis pada 2 Oktober 2014. Film ini di sutradarai oleh Alyandra dengan pemeran utama Adila Fitri sebagai Angel dan Ali Mensan sebagai Hendra (kakak Angel yang mempunyai keterbelakangan mental). Film ini berdurasi 93 menit.
My idiot brother adalah sebuah novel yang menceritakan tentang kehidupan seorang gadis remaja berumur 13 tahun yang hobi bermain basket. Gadis yang bernama Angel ini tidak pernah bisa menerima keadaan kakaknya Hendra yang terlahir dengan keterbelakangan mental. Hari-hari Angel, selalu diisi dengan menjaga kakaknya. Suatu pekerjaan yang sangat dibencinya ini hanya memiliki satu alasan, yaitu untuk mendapatkan uang saku lebih dari ibunya. Angel merasa tidak adil dengan perlakuan ibunya yang selalu memberikan uang saku kakaknya lebih banyak, sedangkan dia harus membanting perasaan dengan cara seperti ini agar dapat lebih. Tidak adil, bagaimanapun Angel bukan anak kecil lagi yang masih suka bermain monopoli, permainan yang sangat digemari kakaknya. Ia malu jika teman-teman sekolahnya tahu keadaan kakaknya yang idiot menjadi bahan ejekan disekolah, terutama Agnes yang selalu bermusuhan dengan Angel dan merasa kalau Angel adalah ancaman baginya untuk mendapatkan hati seorang pria bernama Aji.

TAFSIRAN 1 (konflik cerita)
            Ketika ibunya dengan sengaja membawa kakaknya yang idiot itu ke sekolah untuk menjemputnya karena ibunya harus pergi arisan mendadak. Dari situ Angel tidak bisa menutupi tentang kondisi keluarganya. Lebih-lebih tentang nilai Angel yang kurang, menjadi pelengkap bagi Agnes untuk mengejek Angel sebagai perempuan bodoh dan idiot seperti kakaknya. Ini memperparah kebencian Angel terhadap kakaknya. Diusir dari kamar, di marahin, di ejek, tentu saja itu hanya berani dilakukannya ketika di belakang ibunya.

TAFSIRAN 2 (pesan moral)
Dalam film “My Idiot Brother” pesan moral yang disarankan adalah lebih menghargai seorang kakak dan menerima segala kekurangannya. Angel sangat malu dan membeci kakaknya yang memiliki keterbelakangan mental.

TAFSIRAN 3 (penyelesaian)
Sangat bertolak belakang dengan Hendra, kakaknya yang Idiot itu. Meski Angel menaruh kebencian lebih terhadapnya, Hendra tidak pernah bersedih hati. Dia tetap setia memberikan kasih sayang seorang kakak kepada adiknya, ia tidak pernah lupa memberikan kado boneka Babi Pink kepada Angel setiap ulang tahun Angel. Sedangkan Angel, ingat ulang tahun Hendra saja tidak. Suatu ketika, Angel mengalami kecelakaan dimana tak ada seorang pun yang mampu menyelamatkan dirinya selain Hendra. Demi cintanya kepada adiknya, Hendra rela mengorbankan apapun termasuk nyawanya sendiri untuk Angel.



TAFSIRAN 4 (simbol/makna cerita)
            Pelajaran yang dapat dipetik bagi Angel adalah menghormati orang yang memiliki keurangan. Angel malu dan benci mempunyai kakak yang cacat, dia tidak mengerti bahwa Hendra begitu menyayanginya.

TAFSIRAN 5 (membandingkan karya)
            Jika dibandingkan dengan film dari novel Agnes Davonar sebelumnya seperti “Ayah Mengapa Aku Berbeda?” dan “Surat Kecil untuk Tuhan”, mungkin lebih unggul kedua film tadi. Karena rasa sedih sudah ada sejak awal film sehingga, sepanjang film mampu membangkitkan emosi kesedihan.

TAFSIRAN 6 (sasaran penonton)
            Film ini dapat di tonton untuk semua orang dan tidak terbatas umur. Film ini juga mengajarkan bagaimana kita bersikap terhadap orang lain, yang lebih tua, bahkan memiliki kekurangan/disabilitas. Memperlihatkan kita bagaimana cara untuk bersikap kemanusiaan terhadap penyandang cacat, serta memperkenalkan betapa indahnya jika kita memiliki rasa cinta dan kasih sayang yang tinggi terhadap sesama.

EVALUASI 1 (penilaian, kelebihan, dan kekurangan karya)
Film ini telah di tonton oleh 500 ribu orang. Biaya yang dikeluarkan selama proses produksi mencapai 3,5 miliar. Kelebihan dari film ini terdapat pada alur cerita yang begitu mengharukan dan keunggulan pesan moral dari kisah yang diceritakan. Kekurangan dari film ini adalah kurang membuat orang menjadi sangat sedih atau iba. Adila Fitri sebagai Angel harus lebih mendalami Karakter Angel.

RANGKUMAN
Film ini sangat bagus untuk ditonton, meskipun bukan dari kisah nyata namun banyak pesan moral yang dapat diambil dari film ini. Film ini layak ditonton untuk semua usia. Penulis mampu menyampaikan pesan moral dengan suasana yang mengharukan.

Sumber:

Diakses pada tanggal: 8 Mei 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar