Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 15 Mei 2017

“Merry Riana Mimpi Sejuta Dolar” : Setiap Usaha Pasti Punya Hasil

Disusun Oleh : Devi Anggraeni


Judul Film     : Merry Riana Mimpi Sejuta Dolar
Tahun            : 2014
Sutradara      : Hestu Saputra
Pemain          : Chelsea Islan
                        Dion Wiyoko
                        Kimberly Ryder
                        Ferry Salim
                        Niniek L. Karim
                        Sellen Fernandez
                        Mike Lucock
                        Cynthia Lamusu
                        Tuti Kembang Mentari

Orientasi
            Film Merry Riana Mimpi Sejuta Dolar ini adalah film asal Indonesia bergenre drama dan dirilis pada tanggal 24 Desember 2014. Film ini terinspirasi dari pengalaman nyata yang di tulis dalam buku dengan judul yang serupa dan film ini diproduksi oleh MD Pictures. Pemain utama dalam film ini adalah Chelsea Islan yang berperan sebagai Merry Riana. Film yang berdurasi 105 menit ini berkisah tentang perjuangan hidup seorang Merry Riana untuk meraih kesuksesan di Singapura dengan melalui banyak rintangan dan tantangan yang pada akhirnya ia dapat meraih kesuksesan tersebut.

Tafsiran Isi 1
            Berawal dari kerusuhan tahun 1998, kisah Merry Riana dalam film ini ditampilkan. Dengan adanya kerusuhan itulah, akhirnya ayah Merry memaksakan Merry untuk pergi ke Singapura mencari keamanan dengan menemui pamannya yang berada di Singapura. Tetapi ketika Merry sudah tiba di Singapura ia tidak menemukan pamannya. Akhirnya Merry harus berjuang agar bisa hidup di Singapura dengan modal laptop dan uang yang sedikit dari ayahnya.

Tafsiran 2
            Merry mencoba mencari teman lamanya pada saat SMA yang bersekolah di Singapura. Akhirnya Merry pun menemui teman lamanya, Irene. Sejak saat itulah Merry bersembunyi tinggal bersama Irene di asrama tempat Irene bersekolah. Hingga pada suatu hari Merry harus meninggalkan asrama karena ketahuan bukan mahasiswa dari asrama tersebut. Irene pun menyarankan agar Merry mendaftarkan dirinya untuk mengikuti pendaftaran mahasiswa baru di tempat asramanya, Merry pun lolos dan berhasil menjadi mahasiswa di tempat tersebut. Dengan bersekolah disalah satu Universitas di Singapura, akhirnya Merry harus meminjam biaya sekolah sebesar 40.000 dolar dari Universitas tersebut.

Tafsiran 3
            Dalam film ini pesan moral yang dapat diambil adalah pantang menyerah, uang bukan segalanya, dan kejujuran. Dari beragam kesusahan hidup yang dialami oleh Merry, ia tidak mudah menyerah. Karena menurut dia, hidup adalah suatu perjuangan yang perlu diperjuangkan sampai meraih kemenangan. Serta dalam perjuangan pasti akan banyak rintangan dan tantangan yang harus dihadapi dengan kejujuran.

 Tafsiran 4
            Makna cerita dalam film ini adalah keberhasilan seorang gadis yang dalam usia mudanya telah berhasil memperoleh uang lebih dari 1 (satu) juta dollar di negeri Singapura. Keberhasilan yang didapatkan dari kesungguhannya dalam menghadapi kehidupan yang penuh rintangan dan tantangan dengan semangat yang pantang menyerah.

Tafsiran 5
            Film ini dapat ditujukan untuk para anak remaja yang agar bisa memiliki semangat pantang menyerah yang besar. Menurut bapak BJ Habibie pula film ini harusnya di saksikan oleh para anak remaja.

Evaluasi
            Dalam jangka waktu 1 (satu) minggu film ini telah ditonton oleh lebih dari 250.000 penonton. Film ini juga mendapatkan komentar positif dari Presiden ke-3 Republik Indonesia, bapak BJ Habibie. Pada tahun 2015 film ini telah memperoleh penghargaan dalam kategori Film Biografi dan juga pemenang dalam kategori Apresiasi Film Biografi. Kisah perjuangan dalam film ini juga dikemas secara baik. Setting tempat yang diambil di Singapura menampilkan scene yang bagus.
            Tidak pernah luput dari kekurangan film ini juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya dari pengambilan latar yang kurang selaras dengan kisah nyatanya. Kisah nyata Merry Riana terjadi pada tahun 1998, dan itu sangat berbeda dengan kondisi Singapura pada tahun 2014 saat film dibuat. Kekurangan berikutnya terdapat pada unsur tema dan alur cerita. Dengan judul film Merry Riana Mimpi Sejuta Dolar ini, seharusnya kisah yang lebih ditampilkan adalah perjuangan hidup Merry hingga menggapai 1 (satu) juta dolar pertamanya. Tetapi nyatanya film ini lebih menampilkan kisah percintaan Merry.

Rangkuman
            Film Merry Riana Mimpi Sejuta Dolar ini adalah kisah perjuangan hidup Merry di Singapura. Perjuangan yang penuh dengan rintangan dan tantangan yang dapat dihadapinya dengan semangat dan pantang menyerah. Jadi, film ini telah menggambarkan sosok pemuda yang pantang menyerah dalam menghadapi kehidupannya di Singapura. Maka film ini layak untuk ditonton karena memiliki nilai kisah perjuangan yang patut ditiru oleh setiap orang.



Sumber :
  1. http://indaaahs17.blogspot.co.id/2016/08/teks-ulasan-film-merry-riana-mimpi.html
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/Merry_Riana:_Mimpi_Sejuta_Dolar
  3. http://www.updateceria.com/2015/04/nilai-inspiratif-merry-riana-dalam-film.html
  4. http://filmindonesia.or.id/movie/title/lf-m026-14-554827_merry-riana-mimpi-sejuta-dolar/award
  5. http://merryriana.com/article/film-merry-riana-tembus-%C2%BC-juta-penonton/


Diakses pada tanggal 13 Mei 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar