Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 04 Mei 2017

TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS "PENGANGGURAN"

Disusun Oleh : Yasinta Alviani



Pernyataan Umum :
Persoalan pengangguran bukan hanya menyangkut masalah ekonomi, melainkan juga masalah sosial. Layaknya sebuah penyakit kronis, pengangguran juga menyerang sisi kehidupan suatu negara dalam kehidupan bermasyarakat. Entah sudah berapa banyak penanggulangan yang sudah dilakukan, tetapi permasalahan tersebut tidak serta merta menghilang. Tidak hanya di Indonesia saja, tetapi masalah pengangguran ini ada di semua negara di dunia. Pada setiap rezim, agenda pemberantasan pengangguran selalu menjadi prioritas utama
Pengangguran atau tuna karya adalah satu faktor penyebab perubahan sosial yang berhubungan dengan aspek ketenagakerjaan yang sejak dulu menjadi permasalahan di masyarakat. Secara umum, banyak yang mengartikan bahwa pengangguran adalah orang yang tidak bekerja, sedang mencari pekerjaan, atau tidak memiliki pekerjaan secara formal dan tidak mendapatkan penghasilan.

Urutan Sebab :
Pengangguran umumnya disebabkan karena Alasan tidak memiliki ijazah yang diperlukan untuk bekerja, kurangnya motivasi untuk bekerja, minimnya pengetahuan orang tersebut, kurangnya keterampilan orang tersebut dalam mencari pekerjaan, jumlah angkatan kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangan pekerjaan yang mampu menyerapnya, dan tidak mampu bersaing dengan para pekerja lainnya.
Pengangguran seringkali menjadi masalah dalam perekonomian karena dengan adanya pengangguran, produktivitas dan pendapatan masyarakat akan berkurang sehingga dapat menyebabkan timbulnya kemiskinan dan masalah – masalah sosial lainnya.
Alasan utama orang tersebut pengganguran yaitu, karena tidak memiliki ijazah yang diperlukan untuk bekerja, kurangnya motivasi untuk bekerja, minimnya pengetahuan orang tersebut, kurangnya keterampilan orang tersebut dalam mencari pekerjaan, dan tidak mampu bersaing dengan para pekerja lainnya.
Tingkat pengangguran dapat dihitung dengan membandingkan jumlah pengangguran dengan jumlah angkatan kerja yang dinyatakan dalam persen.

Urutan Akibat :
Akibat terjadinya pengangguran menimbulkan berbagai persoalan ekonomi dan sosial bagi yang mengalaminya. Ketiadaan pendapatan menyebabkan pengangguran harus mengurangi pengeluaran konsumsinya yang menyebabkan menurunnya tingkat kemakmuran dan kesejahteraan.
Pengangguran yang berkepanjangan juga dapat menimbulkan efek psikologis yang buruk terhadap pengangguran dan keluarganya. Tingkat pengangguran yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan kekacauan politik keamanan dan sosial sehingga menganggu petumbuhan dan pembangunan ekonomi. Bila jumlah pengangguran banyak, akan timbul kekacauan sosial, jumlah gelandangan meningkat pesat, dan berpotensi menimbulkan kriminal.
Pengaruh terjadinya pengangguran bagi perekonomian negara dan bagi masyarakat.
1)    Bagi perekonomian negara
a)   Penurunan pendapatan perkapita.
b)   Penurunan pendapatan pemerintah yang berasal dari sektor pajak.
c)   Meningkatkan biaya sosial yang harus dikeluarkan oleh pemerintah.
d)    Dapat menambah hutang negara

2)    Bagi Masyarakat
a)  Pengangguran merupakan beban psikolog dan psikis.
b)  Pengangguran dapat menghilangkan keterampilan, karena tidak digunakan
     apabila tidak bekerja.
c)   Pengangguran akan menimbulkan ketidakstabilan sosial dan politik.
Maka dari itu pengangguran adalah masalah besar yang harus dicarikan solusi. Beberapa cara untuk mengatasi pengangguran yaitu, dengan memperbaiki kondisi lapangan kerja, dengan semakin baiknya kondisi lapangan kerja, kekerasan sosial akibat pengangguran bisa dikurangi atau diatasi, dengan memperbaiki komposisi lulusan sarjana yang dihasilkan dan disesuaikan dengan kebutuhan pasar tenaga kerja, memberikan informasi dengan cepat apabila tersedia lowongan kerja, memberikan keterampilan yang memadai untuk mereka usia kerja sehingga dapat menciptakan lapangan kerja sendiri.



DAFTAR PUSAKA

Diakses pada tanggal 30 Maret 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar