Follow Us @literasi_smkn23jkt

Rabu, 10 Mei 2017

TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS "Angin Topan"

Angin Topan
Disusun oleh : Achmad Rizal Al Firdausi


Pernyataan Umum
           Angin Topan adalah pusaran angin yang sangat kencang, dan bergerak memutar dengan inti pusaran angin membentuk pola membulat seperti mata. Kecepatan Angin Topan rata-rata ada di atas 120 km per jam hingga level tertinggi pada kecepatan di atas 252 km per jam. Sering terjadi di wilayah Tropis di antara garis balik utara dan selatan, kecuali di daerah-daerah yang sangat berdekatan dengan Khatulistiwa.
Urutan Sebab-Akibat
          Angin Topan terjadi karena terdapat perbedaan tekanan atau suhu udara di suatu wilayah atau daerah. Terjadinya angin berkaitan dengan besarnya energi panas matahari yang diserap Bumi. Daerah yang menerima energi matahari lebih besar akan memiliki suhu udara yang lebih panas. Kemudian, daerah ini juga memiliki tekanan udara yang cenderung lebih rendah. Lalu akan terjadi perpindahan aliran udara pada wilayah yang lebih banyak menerima energi panas dengan wilayah yang lebih sedikit menerima energi panas.
         Angin Topan biasanya terjadi di laut sekitar Khatulistiwa. Wilayah ini kurang lebih berada pada 5° LU. Di wilayah ini, suhu air laut hangat sampai melebihi 27° C. Jika suhu air laut memanas, maka udara akan naik. Karena banyak udara yang naik, maka tekanan udara di atas lebih tinggi dibanding dengan tekanan udara di bawah. Lama-kelamaan, udara yang naik akan mendingin kemudian menurun.
        Sementara itu, udara yang hangat naik. Proses naik dan turunnya udara ini terjadi berulang-ulang. Hal ini menghasilkan tekanan uap yang sangat besar dan suhu udara menjadi sangat rendah. Kemudian, akan menghasilkan gumpalan udara yang berputar yang disebut Angin Topan.
        Akibat dari bencana alam ini adalah kerusakan pada rumah serta infrastruktur pada suatu daerah, menimbulkan korban jiwa, menimbulkan kerugian material, merusak kebun-kebun warga, meciptakan banyak puing-puing dari kerusakan materi serta sampah yang berserakan, dan dapat mengganggu jalannya perekonomian.


Sumber :
- http://deabasa.com/2016/10/05/teks-eksplanasi-angin-topan-besertastrukturtekseksplanasi/ (05 April 2017)

- https://brainly.co.id/tugas/216367 (05 April 2017)













Tidak ada komentar:

Posting Komentar