Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 16 Mei 2017

Perjuangan Sang Pendaki "Vertical Limit"

Disusun oleh : Windy


Judul               : Vertical Limit
Tahun Rilis      : 2000
Sutradara         : Martin Campbell
Pemain                        :Chris O’Donnell
 Bill Paxton
 Robin Tunney
 Scott Glenn
 Izabella Scorupco
 Temuera Morrison
 Stuart Wilson

Orientasi :
Vertical Limit adalah sebuah film yang bergenre action, adventure dan drama. Film ini diproduksi oleh Columbia Picture dengan durasi 124 menit. Yang menceritakan tentang seorang pendaki gunung terkenal bernama Royce Garret. Dan sudah banyak gunung dengan ketinggian luar biasa serta medan yang sangat berat berhasil ditaklukkan oleh Royce Garret. Sang pendaki ini memiliki dua orang anak yang bernama Peter Garret dan Annie Garret. Kedua anaknya tersebut juga memiliki bakat seperti sang ayah menjadi seorang pendaki.

Tafsiran isi 1 :
Dinamakan Vertical Limit karena pada saat pendaki berpetualang mereka terjebak dalam sebuah gua di bawah tumpukan salju pada ketinggian 26.000 kaki - zona mematikan yang melampaui batas vertikal dimana tubuh manusia tidak mungkin dapat bertahan dalam jangka waktu lama. Semua rela berkorban untuk keselamatan teman-temannya (tim), bagaimana manusia bisa memperluas batas-batas kemampuannya termasuk melampaui batas-batas egonya.

Tafsiran isi 2 :
Semenjak kecil, mereka berdua sudah dilatih untuk panjat tebing dan juga melakukan berbagai aktivitas petualangan di alam bebas. Hal tersebut dilakukan untuk membuat mereka berdua menjadi pribadi yang kuat serta tangguh dalam menghadapi apa pun yang nantinya bakal mereka jalani.

Tafsiran isi 3 :
Hingga kemudian, Royce mengajak kedua anaknya untuk melakukan pendakian ke sebuah gunung. Sang ayah ingin menaklukkan gunung tertinggi tersebut. Namun pendakian tersebut tidak berjalan sesuai dengan rencana. Pengaman tali tersebut tidak mampu untuk menahan beban mereka semua sehingga harus dikurangi. Jalan satu-satunya adalah harus ada yang mengorbankan nyawanya agar pendaki yang lainnya selamat.

Tafsiran isi 4 :
Cuaca serta keadaan yang mendadak berubah menjadi ekstrim membuat kecelakaan tersebut tidak dapat dihindari. Sebagai seorang ayah yang harus bisa melindungi kedua anaknya, Royce lebih memilih untuk kehilangan nyawanya ketimbang harus kehilangan kedua anaknya tersebut. Lalu sang ayah menyuruh Peter untuk memotong tali pengaman nya agar kedua anaknya dan pendaki lainnya dapat selamat. Mendengar perkataan sang ayah Annie tidak setuju dengan keputusan ayahnya dan melarang Peter untuk memotong tali pengaman sang ayah namun dengan berat hati Peter memotong tali pengaman tersebut dan ayahnya terjatuh dari tebing oleh pisau yang dipegang Peter.

Tafsiran isi 5 :
Pendakian tersebut meninggalkan trauma yang mendalam bagi mereka berdua.Karena dalam pendakian tersebut, mereka harus kehilangan ayah yang begitu mereka cintai. Waktu terus berlalu, kini mereka berdua telah tumbuh dewasa. Namun mereka berdua telah memiliki pilihan hidup masing-masing. Peter lebih memilih untuk meninggalkan hobinya mendaki gunung dan bekerja sebagai seorang fotografer. Nyatanya kematian ayahnya benar-benar mengubah jalan hidup dari Peter. Hanya Annie yang masih menjadi pendaki gunung.

Tafsiran isi 6 :
Bagi Annie kematian dari ayahnya malah semakin meneguhkan keyakinannya untuk bisa menjadi pendaki gunung yang tangguh. Hingga kemudian Annie disewa oleh seorang milioner bernama Elliot Vaugh untuk menaklukkan sebuah gunung yang sangat terkenal dengan medan yang sulit. Namun Annie berhasil menaklukkan semua rintangan tersebut.

Tafsiran isi 7 :
Vertical Limit adalah Film yang menceritakan pengorbanan seorang ayah untuk anak-anaknya. Dan terus berjuang dalam menjalani hidup walau ada trauma yang mendalam yang  pernah terjadi dalam hidupnya. Pantang menyerah dalam melewati rintangan yang dihadapi

Evaluasi :
Film ini sangat bagus untuk ditonton karena banyak pelajaran yang didapat diambil dari film ini. Mengajar kan banyak hal positif bagi penontonnya. Dan tempatnya  sangat bagus dan memadai. Ini produksi yang harus terus di lanjutkan karena ceritanya sangat menarik. Namun pemainnya kurang menjiwai peran dan keterangan sang ibu tidak diceritakan. Pembuatan filmVertical Limit ini mengeluarkan biaya sekitar  75 juta dollar.

Rangkuman :
Vertical Limit merupakan sebuah film yang menceritakan tentang petualangan pendaki Gunung terkenal yang memiliki dua anak yang rela kehilangan nyawanya demi anaknya. Film ini layak untuk ditonton karena sangat menginspirasi. Banyak pesan moral yang dapat diambil dari film ini yaitu pengorbanan, perjuangan, dan sikap pantang menyerah untuk  terus melangkah maju dan di film ini juga mengajarkan tentang cinta.

Daftar pustaka
https://www.google.co.id/amp/www.kompasiana.com/amp/lakeikomae/pengorbanan-cinta-dan-kehidupan_550121dfa333111d72512962
Diakses pada tanggal 11 Mei 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar