Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 15 Mei 2017

"Miracle From Heaven" : Kepercayaan Yang Dapat Mematahkan Ketidakmungkinan

Disusun oleh : Muk Siau Fung

Judul : Miracle From Heaven
Sutradara : Patricia Riggen
Tayang : 18 Maret 2016
Genre film : Drama Kristiani
Durasi : 110 menit
Adaptasi dari : Buku “Three Miracle From Heaven; A Sick Little Girl, Her Journey to Heaven dan buku The Last Forever Changed” karya Christy Beam yang diangkat dari sebuah kisah nyata
Penulis naskah : Randy Brown
Rumah produksi : Tri Star Picture
Pemain :  1. Jennifer Garner sebagai Christy Beam, ibu dari Anna
                2. Kylie Rogers sebagai Anna Beam
                3. Martin Henderson sebagai Kevin Beam, suami dari Christy dan Ayah dari Anna
                4. Brighton Sharbino sebagai Abbie Beam, putri tertua di  keluarga Beam
                5. Courtney Fansler sebagai Adelynn Beam, putri termuda di keluarga Beam
Orientasi
Miracle From Heaven adalah film Amerika bergenre drama kristiani yang diproduksi oleh Tri Star Pictures dan  diliris pada tanggal 18 Maret 2016 dengan durasi 110 menit. Film ini diadaptasi dari sebuah buku yaitu “Three Miracle From Heaven; A Sick Little Girl, Her Journey to Heaven dan buku The Last Forever Changed” karya Christy Beam yang diangkat dari sebuah kisah nyata. Miracle From Heaven  disutradarai oleh Patricia Riggen dan naskahnya ditulis oleh Randy Brown. Film ini diperankan  oleh Jennifer Garner sebagai Christy Beam, Kylie Rogers sebagai Anna Beam, Martin Henderson sebagai Kevin Beam, Eugenio Derbez sebagai Dr. Nurko, Brighton Sharbino sebagai Abbie Beam, Courtney Fansler sebagai Adelyn Beam.
Dalam film ini menceritakan tentang seorang anak yang berusia 10 tahun bernama Anna yang di vonis dokter memiliki penyakit yang mematikan di gangguan pencernaan yang tak dapat disembuhkan, Christy Beam sebagai seorang ibu dan suaminya (Kevin Beam) sudah melakukan usaha terbaik mereka demi kesembuhan sang putri dan pada suatu hari Anna dan kakaknya mengalami sebuah kecelakaan yaitu terjatuh dari pohon yang cukup tinggi, namun apa yang terjadi sebuah keajaiban kecelakaan tersebut malah menyembuhkan penyakit yang dimiliki Anna.
Tafsiran 1
Bermula dari Anna yang tiba-tiba mengalami sakit perut yang hebat. Hampir tiap hari ia berteriak kesakitan. Beberapa mendiagnosisnya naik asam lambung dan berbagai penyakit remeh lainnya yang tidak terlalu berbahaya. Ibunya, yang merasa sangat kenal dengan darah dagingnya, yakin bahwa penyakit yang diderita Anna bukan sekedar penyakit ringan. Ia terus mencari diagnosis dari beberapa dokter hingga ditemukan bahwa Anna mengalami penyakit langka terkait usus tersebut. Anna mulai berobat dengan berbagai cara. Namun, Anna di vonis tidak akan sembuh
Tafsiran 2
Beruntung Anna memiliki ibu yang tidak pantang menyerah. Christy Beam adalah seorang ibu yang tidak menyerah begitu saja pada diagnosis dokter. Suatu ketika, teman Christy Beam mamberitahukan kepada Christy Beam bahwa terdapat rumah sakit anak yang terkenal dapat menyembuhkan penyakit anak-anak dan pelayanannya di sana pun sangat bagus. Christy Beam pun mencoba membawa anaknya ke rumah sakit tersebut dan membutuhkan biaya yang besar karena harus pulang pergi kerumah sakit tersebut. Selama di rumah sakit Boston, Anna menjalankan begitu banyak pengobatan
Tafsiran 3
Anna akhirnya memutuskan untuk pulang kerumah dan menjalankan hari-hari seperti biasanya. Suatu ketika kakak Anna mengajak Anna untuk bermain bola dan kakaknya melihat ada kupu-kupu yang begitu indah hinggap di pohon. Lalu, kakaknya mengajak Anna menangkap kupu-kupu tersebut dan Anna memutuskan untuk memanjat pohon yang besar tersebut bersama kakaknya. Tiba-tiba ranting yang diduduki oleh mereka hampir patah, kakaknya mencoba untuk menyelamatkan Anna tetapi justru Anna terjatuh di lubang pohon yang dalam. Kakaknya memberitahukan ibunya dan segera mencari bantuan agar Anna dapat dikeluarkan dari lubang pohon tersebut. Selama seharian Anna di dalam lubang tersebut, mereka berdoa bersama agar Anna bisa selamat dari kecelakaan itu. Hinnga akhirnya, Anna dapat dikeluarkan dari lubang pohon yang dalam itu.
Tafsiran 4
Setelah sembuh, Anna menceritakan kepada keluarganya bahwa selama didalam lubang pohon itu, roh Anna keluar dari badannya dan melihat kupu-kupu tersebut lalu ia memegangnya tiba-tiba kupu-kupu itu berubah menjadi cahaya yang begitu terang. Hingga akhirnya Anna berada disuatu tempat yang indah yang menurut dia itu adalah surga dan bertemu dengan Tuhan. Dari sanalah Anna menemukan keajaiban yang membuatnya sembuh tanpa harus kembali kerumah sakit tersebut.
Tafsiran 5
Dalam film ini memiliki pesan moral bahwa kepercayaan kita paling berat diuji adalah ketika menghadapi masalah berat padahal kita adalah umat yang taat. Oleh karena itu, jangan pantang menyerah dan berputus asa, percaya bahwa mukjizat Tuhan bekerja luar biasa dalam hidup kita seperti yang dialami Christy Beam yang tanpa diketahui begitu banyak orang baik yang membantunya dalam kesembuhan anaknya yang luar biasa.
Tafsiran 6
Makna lain dalam film ini adalah jangan pernah menyerah dalam berbagai cobaan yang Tuhan berikan, sabar dalam menghadapi hidup yang penuh dengan rintangan dan tantangan dengan tidak mudah pantang menyerah dan tidak berputus asa percaya bahwa Tuhan akan memberikan mukjizat bagi kita.
Tafsiran 7
Film ini sangat cocok untuk ditonton oleh semua kalangan karena film ini sangat menyentuh iman bagi umat religius (bukan hanya Kristen) jika hanya menilai dari ceritanya secara keseluruhan.
Evaluasi
Film yang diangkat berdasarkan kisah nyata selalu punya pesonanya sendiri. Rasa penasaran sudah pasti akan menjadi motivasi pertama dari penonton untuk menyaksikan film Miracle from Heaven. Film ini menjadi menarik karena dua pekan berturut-turut menduduki posisi lima besar di box office Amerika Utara, hanya berada satu peringkat dibawah animasi laris “Zootopia”. Karakter Jennifer Garner dan Kylie Rogers dalam film Miracle From Heaven sangat menjiwai dalam melakukan pemeranannya.
Film ini juga memiliki beberapa kekurangan yaitu terletak pada talenta akting Queen Latifah yang berperan sebagai Angela kurang tereksplorasi. Tadinya, mengingat film ini berkisah tentang mukjizat, saya menyangka akan ada keajaiban yang ditampilkan lewat karakter Angela ini. Tapi ternyata dia hanya karakter yang dimunculkan pada saat Anna di Boston dan setelah Anna kembali kerumahnya, ia tidak dimunculkan lagi.
Film Miracle From Heaven ini juga mendapatkan beberapa penghargaan diantaranya ajang “Teen Choice Awards” dalam kategori Choice Movie-Drama dan dalam kategori Choice Movie Actress : Drama yang didapatkan oleh Jennifer Garner.
Rangkuman
Film “Miracle from Heaven” ini berkisah tentang sebuah keajaiban yang terjadi pada sebuah keluarga dimana salah satu putrinya sembuh dari penyakit ganas yang menurut dokter tidak dapat disembuhkan. Secara keseluruhan film ini mengajarkan tentang pentingnya percaya dan bagaimana kepercayaan itu dapat mematahkan ketidakmungkinan. Oleh karena itu, jangan pantang menyerah dan berputus asa, percaya bahwa mukjizat Tuhan bekerja luar biasa dalam hidup kita. Maka, film ini layak untuk ditonton oleh semua orang yang sedang didera masalah berat, film ini akan secara  efektif mengajak kita untuk tetap percaya bahwa mukjizat itu nyata.
Sumber :
Tanggal waktu mengakses : Senin, 15 Mei 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar