Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 04 Mei 2017

GERHANA BULAN

Disusun oleh: Rafael Afonsus


Pernyataan Umum:
Gerhana bulan adalah fenomena alam yang sering kali kita jumpai.Peristiwa alam ini terjadi apabila bulan sedang beroposisi dengan matahari.Namun,oposisi antara bulan dengan matahari tidak akan selamanya terjadi gerhana bulan. Mengapa? Karena kemiringan orbit bulan dengan bidang ekpliptika.Perpotongan antara  bidang orbit bulan dengan bidang ekliptika akan memunculkan dua titik yang dikenal dengan istilah node.Bulan membutuhkan waktu 29,53 hari untuk bergerak dari satu titik oposisi ke titik oposisi lainnya.


Urutan Sebab-Akibat :
Ketika terjadi gerhana bulan seringkali bulan masih dapat terlihat,hal ini dikarenakan adanya sinar matahari yang dibelokkan ke arah bulan oleh atmosfer bumi dan kebanyakan sinar yang dbelokkan ini mempunyai spectrum berwarna merah,itulah sebabnya ketika terjadi gerhana bulan,bulan dapat terlihat berwarna gelap,merah tembaga,jingga,bahkan coklat.Gerhana bulan dapat dijangkau dengan mata telanjang,akan tetapi bila ingin lebih jelas dapat menggunaka teropong atau teleskop.
Ketika bayangan bumi menutupi sebagai atau seluruh penampang bulan, maka pada saat itulah akan terjadi gerhana bulan. Terutama ketika bumi menempati posisi di antara matahari dan bulan, dan berada pada satu garis lurus yang sama, yang kemudian membuat sinar Matahari tidak dapat mencapai bulan karena dihalangi oleh posisi bumi saat itu.
    



DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar