Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 04 Mei 2017

ANAK PUTUS SEKOLAH

Disusun oleh: Sindi Suhardiyanti


Pernyataan Umum :
            Anak putus sekolah adalah keadaan dimana anak mengalami keterlantaran karena sikap dan perlakuan orang tua yang tidak memberikan perhatian yang layak terhadap proses tumbuh kembang anak tanpa memperhatikan hak – hak anak untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Undang – Undang nomor 4 tahun 1979, anak terlantar diartikan sebagai anak yang orang tuanya karena suatu sebab, tidak mampu memenuhi kebutuhan anak sehingga anak menjadi terlantar. Menurut Undang – Undang nomor 23 tahun 2002 bahwa anak terlantar yakni anak yang kebutuhannya tidak terpenuhi secara wajar, baik kebutuhan fisik, mental, spiritual maupun sosial. Menurut Departemen Pendidikan di Amerika Serikat (MC Millen Kaufman, dan Whitener, 1996) mendefinisikan bahwa anak putus sekolah adalah murid yang tidak dapat menyelesaikan program belajarnya sebelum waktunya selesai atau murid yang tidak tamat menyelesaikan program belajarnya.

Urutan Sebab Akibat :
Ketidak mampuan ekonomi keluarga dalam menopang biaya pendidikan yang berdampak terhadap masalah pesikologi anak yang mengakibatkan anak tidak bisa bersosialisasi dengan baik dalam bergaul dengan teman sekolahnya dan akhirnya minder dan malas untuk pergi  ke sekolah dan akhirnya anak pun putus sekolah.
Karena pengaruh teman yang tidak sekolah dan senangnya hanya bermain, sehingga si anak menjadi ikut-ikutan untuk bermain  akibatnya anak menjadi sering bolos dan tidak naik kelas, prestasi disekolah menurun dan sampai akhirnya malu untuk pergi kembali ke sekolah.
Kurangnya perhatian orang tua terhadap si anak, sehinggga  anak menjadi lebih bebas juga nakal sehingga dapat mengakibatkan anak tidak lagi memiliki semangat untuk pergi sekolah.
Hubungan keluarga yang kurang harmonis dapat berupa perceraian oranng tua dan hubungan antar keluarga tidak saling peduli,  keadaan ini merupakan dasar anak mengalami permasalahan yang serius dan hambatan dalam pendidikan si anak sehingga anak mengalami putus sekolah.
Membiarkan anak mencari uang sendiri dalam waktu belajar dapat membuat anak harus memilih mana yang lebih mudah dan lebih enak untuk masa sekarang. Yaitu lebih mementingkan uang daripada sekolah sehingga lebih cenderung meninggalkan bangku sekolah.
Persoalan putus sekolah merupakan persoalan yang sangat serius, sehingga perlu usaha untuk mengatasinya. Untuk mengatasi terjadinya anak putus sekolah harus adanya kesadaran dari orang tua untuk menyekolahkan anak, dalam hal ini tokoh masyarakat yang disegani diharapkan bisa menyadarkan orang tua anak akan pentingnya pendidikan bagi masa depan anak nantinya. Selain itu orang tua pun wajib untuk mendorong dan meberikan motivasi kepada anak sehingga anak lebih bersemangat untuk sekolah.



DAFTAR PUSTAKA
1.     Tulisanterkini.com/artikel/artikel-ilmiah/7366-usaha-usaha-mengatasi-terjadinya-anak-putus-sekolah.html
2.     Sendaljepit23.blogspot.com/2013/03/makalah-anak-putus-sekolah.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar