Follow Us @literasi_smkn23jkt

Sabtu, 06 Mei 2017

Tsunami

Disusun Oleh: Anggraeni Permata Sari


Pernyataan Umum
        Tsunami adalah istilah yang berasal dari bahasa Jepang, yang terdiri dari dua kata yaitu “tsu” dan “nami” yang masing-masing berarti “pelabuhan” dan “gelombang”. Sedangkan ilmuwan mengartikannya sebagai “gelombang pasang” (tidal wave) atau gelombang laut yang diakibatkan oleh gempa (seismic sea waves).
        Tsunami adalah gelombang laut besar yang datang dengan cepat dan tiba-tiba menerjang kawasan pantai. Gelombang tersebut terbentuk akibat dari aktivitas gempa atau gunung merapi yang meletus dibawah permukaan laut. Besarnya gelombang tsunami menyebabkan banjir dan kerusakan ketika menghantam daerah pantai.

Urutan Sebab-Akibat
        Tsunami terbentuk pada saat permukaan dasar laut naik turun di sepanjang patahan yang disebabkan oleh terjadinya letusan gunung berapi, gempa bumi, longsor, maupun meteor yang jatuh ke permukaan bumi. Patahan tersebut mengakibatkan terganggunya keseimbangan air laut. Beberapa saat setelah terjadi gempa air akan surut, setelah surut air laut akan kembali ke daratan dalam bentuk gelombang besar.
        Kecepatan gelombang tsunami lebih besar dari gelombang normal pada umumnya, yaitu dapat melaju hingga 700 km/jam (hampir setara dengan laju pesawat terbang). Kecepatan tersebut akan menurun saat gelombang tsunami memasuki lautan dangkal, tetapi tinggi gelombang justru akan semakin bertambah. Tinggi gelombang tsunami pada umumnya 50-100 meter dan menyebar ke segala arah. Selain itu tinggi gelombang tsunami juga dipengaruhi oleh bentuk pantai dan kedalamannya.
        Tsunami mengakibatkan jatuhnya korban jiwa yang tidak sedikit. Korban jiwa ini diakibatkan karena hantaman air yang begitu besar maupun material yang terbawa oleh aliran gelombang tsunami. Selain korban jiwa, tsunami juga berdampak pada bangunan, tumbuh-tumbuhan, maupun pencemaran lahan pertanian, tanah dan air bersih.




DAFTAR PUSTAKA

·         Artikel
·         http://www.eduspensa.id/2016/01/contoh-teks-eksplanasi-tsunami.html
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar