Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 05 Mei 2017

PENGANGGURAN


Disusun Oleh : IKA



1.    Pernyataan Umum

 Pengangguran atau tuna karya adalah istilah untuk orang yang tidak bekerja sama sekali, sedang mencari kerja, bekerja kurang dari dua hari selama seminggu, atau seseorang yang sedang berusaha mendapatkan pekerjaan yang layak. Pengangguran umumnya disebabkan karena jumlah angkatan kerja atau para pencari kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang ada yang mampu menyerapnya. Pengangguran seringkali menjadi masalah dalam perekonomian, karena dengan adanya pengangguran, produktivitas dan pendapatan masyarakat akan berkurang sehingga dapat menyebabkan timbulnya kemiskinan dan masalah-masalah sosial lainnya.Secara umum, banyak yang mengartikan bahwa pengganguran adalah orang dewasa yang tidak bekerja, sedang mencari pekerjaan, atau tidak memiliki pekerjaan secara formal dan tidak mendapatkan penghasilan.



2.    Urutan Sebab Akibat

Alasan utama orang tersebut pengangguran yaitu karena tidak memiliki kemauan sama sekali untuk bekerja maupun mencari pekerjaan sehingga sehari –hari nya hanya dihabiskan untuk dirumah.Tidak jarang pula mereka hanya bergantung pada belas kasian keluarga atau orang yang berada di sekeliling nya.

3.    Urutan Sebab Akibat

Pengangguran juga dapat disebabkan oleh hadirnya perubahan stukturan pada tenaga kerja dengan segala jenis atau pada tingkat ketrampilan yang berbeda – beda pula. Sehingga, untuk  kulifikasi yang dimiliki dari para pencari kerja itu tidak sesuai lagi dengan tuntunan yang sudah hadir.Dan juga yang bisa sudah terjaadi adalah pengangguran yang memang disebabkan oleh munculnya pemutusan hubungan kerja pada karyawan atau buruh yang populer dikenal dengan PKH.

4.    Urutan Sebab Akibat

Akibat terjadinya pengangguran, yaitu menurunkan aktifitas perekonomian. Dari pengangguran bisa memunculkan berbagai macam permasalahan ekonomi dan sosial bagi yang mengalami hal tersebut. Orang yang tidak memiliki pekerjaan itu tidak akan dapat memperoleh penghasilan. Kalau jumlah pengangguran tersebut sangat begitu banyak maka akan menimbulkan kekacauan sosial.

5.    Urutan Sebab Akibat


Maka dari itu pengangguran adalah masalah besar yang harus dicarikan solusi. Langkah yang sangat nyata untuk kita bisa tempuh yakni dengan cara memperbaiki kondisi dari lapangan kerja.Dengan semakin memperbaikinya kondisi lapangan kerja maka permasalahan kekerasan sosial yang sudah disebabkan oleh pengangguran tersebut bisa segera teratasi dan terminimalisir.


Sumber Referensi
1). https://id.wikipedia.org/wiki/Pengangguran ( Senin, 21 Maret // 10.45 WIB )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar