Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 12 Mei 2017

Gerhana Matahari

Disusun Oleh : Icha Witrida Samillah 

 
 
Pernyataan Umum :
Gerhana merupakan fenomena yang sangat menakjubkan. Gerhana hanya dapat terjadi 2 kali sampai 5 kali dalam setahun. Gerhana dibagi menjadi 2 jenis yaitu gerhana bulan dan gerhana matahari. Fenomena alam ini adalah salah satu dari kebesaran Tuhan. Salah satu fenomena alam yang terjadi selama berpuluh – puluh tahun sekali disuatu wilayah adalah fenomena atau peristiwa gerhana matahari. Gerhana matahari merupakan suatu keadaan dimana pada waktu matahari tersebut tiba- tiba tertutupi oleh bulan yang berotasi mengelilingi bumi. Dengan kata lain gerhana matahari adalah kejadian dimana matahari tertutup oleh bulan karena pada saat itu posisi matahari, bulan, dan bumi berada pada satu garis lurus. Sehingga ketika gerhana matahari tersebut terjadi kondisi bumi akan menjadi gelap gulita.
  
Urutan Sebab Akibat :

Gerhana matahari terjadi ketika posisi matahari, bulan dan juga bumi berasal dalam satu garis yang lurus yang akan menyebabkan matahari tertutupi oleh bulan karena posisi bulan yang menghalangi bumi, sehingga dari bumi itu sendiri yang akan tertutup oleh bulan yaitu semua cahaya matahari tertutupi oleh bulan. Jarak posisi bulan rata – rata yaitu sejauh 384.400 kilometer dari bumi yang lebih dekat bila dibandingkan jarak matahari dari bumi yang mencapai 149.680.000 kilometer. Karena jarak yang demikian perbedaanya, maka bayangan bulan menutupi sinar atau cahaya matahari.

Urutan Sebab Akibat :

Dalam beberapa hal gerhana matahari dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang ada didunia kejadian yang langka ini dapat menunjukan fenomena alam yang luar biasa. Masyarakat pada umumnya mengabadikan momen tersebut dengan mengambil foto gerhana matahari tersebut dan melihat langsung gerhana itu dengan menggunakan kacamata dan  juga biasanya masyarakat yang beragama islam melakukan sholat gerhana.

Sumber  :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar