Follow Us @literasi_smkn23jkt

Sabtu, 06 Mei 2017

FENOMENA EQUINOX PENANDA BUMI BERGANTI MUSIM

Disusun oleh :
Sindy Rukmayanti


Peryataan Umum :
       Fenomena Equinox yang akan terjadi pada akhir Maret 2017 membawa rumor bahwa suhu udara di Asia Tenggara akan meningkat ekstrem. Rumor tersebut mengatakan, suhu udara akan meningkat hingga 40 derajat Celsius. fenomena alam ini ternyata tidak berdampak pada peningkatan suhu udara secara drastis. Di Indonesia, jika Equinox berlangsung, suhu udara diprediksi setidaknya berkisar di 32-36 derajat Celsius. Equinox berasal dari dua kata latin: aequus (sama) dan nox (malam) yang berarti Equinox yang berlangsung di Bumi akan menghadirkan fenomena siang dan malam dengan durasi yang sama. Kenyataannya, Bumi justru lebih lama mengalami waktu di siang hari saat Equinox berlangsung.



Urutan Sebab-Akibat 1 :
       Fenomena ini dipengaruhi poros bumi yang sebenarnya tidak tegak lurus. Sumbu bumi menyimpang 23.5 derajat berbanding lintasan orbitnya terhadap matahari. Alhasil, ketika bumi mengitari matahari porsi paparan sinar dibagian utara dan selatan tak rata karena posisinya miring. Namun saat terjadinya equinox, durasi siang dan malam menjadi sama, masing-masing 12 jam yang dikenal sebagai equinox. Akibat equinox, suhu diperkirakan mencapai 40 derajat celsius.



Urutan Sebab-Akibat 2 :
       Pada masa equinox matahari biasanya akan terbit pukul 6 pagi dan terbedam pukul 6 sore. Kondisi ini terjadi hampir diseluruh bumi, kecuali dikawasan kutub. Namun periode durasi waktu tersebut tidak dialami serentak diseluruh bumi. Ukuran matahari yang jauh lebih besar dari bumi, penerapan zona waktu, dan kecepatan orbit mempengaruhi durasi equinox yang dirasakan manusia di tempat berbeda di bumi.



Urutan Sebab-Akibat 3 :
       Equinox berlangsung 2 kali dalam setahun. Fenomena ini juga memiliki istilah yang berbeda. Wilayah belahan Bumi utara menyebut ekuinoks yang terjadi pada Maret sebagai Vernal (musim semi) Equinox. Sementara di belahan Bumi selatan disebut Autumnal Equinox. Selama fenomena equinox ini berlangsung ada baiknya beradaptasi dengan mengonsumsi air 3 liter sehari, meningkatkan daya tahan tubuh, memperbanyak makan sayuran, dan mandi sesering mungkin.





DAFTAR PUSTAKA
1. Koran Tempo : Ilmu dan Teknologi
2. http://tekno.liputan6.com/read/2888261/5-fakta-fenomena-equinox-yang-patut-kamu-ketahui
3. http://news.liputan6.com/read/2893558/3-jurus-hadapi-fenomena-equinox-hari-ini
4. http://suryamalang.tribunnews.com/2017/03/20/seperti-apa-dampak-fenomena-equinox-di-indonesia-simak-baik-baik-penjelasan-bmkg-ternyata?page=3

Diakses pada tanggal 18 Maret 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar