Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 08 Mei 2015

SALJU

Oleh : Krisdianti

Salju adalah sebuah fenomena alam yang hanya dijumpai di negara-negara yang memiliki iklim subtropis. Salju akan turun pada bulan tertentu. Biasanya terjadi pada bulan Desember. Salju tidak akan terjadi di Indonesia, karena Indonesia memiliki iklim tropis. Salju berwarna putih, lembut, dan dapat mencair. Karena itulah mengapa salju tidak dapat turun di Indonesia.
            Salju berasal dari butiran-butiran air hujan yang belum turun ke bumi. Dengan melalui proses pembekuan oleg angin dan atmosfer, butiran air tersebut berubah menjadi kristalan kecil. Dan pada saatnya kristalan itu akan turun ke bumi seperti hujan. Iklim dari suatu negara juga memperngaruhi turunnya salju. Bila suatu negara beriklim subtropis, maka secara otomatis udara pada negara tersebut akan berubah menjadi sangat dingin dan akhirnya akan memperngaruhi turunnya hujan. Salju akan bertahan pada suhu sekitar 0º Celsius. Apabila tidak pada suhu dingin, salju akan meleleh atau mencair.

            Walaupun salju terlihat indah, namun ada beberapa faktor yang dapat membahayakan dari salju. Salju akan menumpuk di jalanan dan menutupi jalanan. Akibatnya, orang-orang sulit beraktivitas dengan kendaraan mereka. Faktor lainnya, jalanan akan berubah menjadi sangat licin. Jadi, ban-ban kendaraan harus diganti dengan ban yang khusus untuk jalanan licin. Dan orang-orang harus menggunakan sepatu boot agar tidak tergelincir. Namun, dibalik dampak buruk dari turunnya salju, banyak sekali hal-hal menyenangkan yang dapat dilakukan. Aktivitas yang paling sering dilakukan dengan menggunakan salju adalah membuat manusia salju dan berselencar di danau-danau yang membeku. Kita juga dapat bermain perang bola-bola salju dengan membangun benteng dari salju. Dan hal lainnya, seperti memancing di danau yang membeku dengan membuat lubang-lubang kecil. Di beberapa negara diadakan festival memancing pada danau-danau beku.

            Jadi, salju memberikan banyak kegembiraan. Namun, kita harus tetap waspada karena salju dapat berakibat membahayakan bagi kita. Salju tidak akan terjadi di Indonesia karena iklim di Indonesia tidak mendukung. Salju di Indonesia hanya terjadi pada pegunungan tertinggi di Papua, Indonesia. Pada negara beriklim tropis, salju akan terjadi hanya pada pegunungan tertinggi saja, karena semakin tipis atmosfer udara semakin dingin.


sumber : http://uzi15.blogspot.com/2015/02/contoh-teks-eksplanasi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar