Follow Us @literasi_smkn23jkt

Minggu, 03 Mei 2015

NARKOBA


 Nama : LEON CHALVINE ONG 

 Narkoba adalah obat yang sangat terlarang di dunia ini,tetapi di zaman sekarang orang banyak yang memakai narkoba dan ujung-ujung nya berakibat kematian bagi  sang pemakai nya.Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya. Selain "narkoba", istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah Napza yang merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif.
   Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan (Undang-Undang No. 35 tahun 2009). Narkotika digolongkan menjadi tiga golongan sebagaimana tertuang dalam lampiran 1 undang-undang tersebut. Yang termasuk jenis narkotika adalah:
  • Tanaman papaver, opium mentah, opium masak (candu, jicing, jicingko), opium obat, morfina, kokaina, ekgonina, tanaman ganja, dan damar ganja.
  • Garam-garam dan turunan-turunan dari morfina dan kokaina, serta campuran-campuran dan sediaan-sediaan yang mengandung bahan tersebut di atas.
    Hingga kini penyebaran penyalahgunaan narkoba sudah hampir tak bisa dicegah. Mengingat hampir seluruh penduduk dunia dapat dengan mudah mendapat narkoba dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Tentu saja hal ini bisa membuat orang tua, organisasi masyarakat, dan pemerintah khawatir.
Upaya pemberantas narkoba pun sudah sering dilakukan, namun masih sedikit kemungkinan untuk menghindarkan narkoba dari kalangan remaja maupun dewasa, bahkan anak-anak usia SD dan SMP pun banyak yang terjerumus ke dalam penyalahgunaan narkoba. Hingga saat ini upaya yang paling efektif untuk mencegah penyalahgunaan Narkoba pada anak-anak adalah pendidikan keluarga. Orang tua diharapkan untuk mengawasi dan mendidik anaknya agar selalu menjauhi penyalahgunaan Narkoba.
Berikut ini adalah contoh pemanfaatan yang di salah gunakan :

Ganja
Tumbuhan ganja telah dikenal manusia sejak lama dan digunakan sebagai bahan pembuat kantung karena serat yang dihasilkannya kuat. Biji ganja juga digunakan sebagai sumber minyak.
Namun, karena ganja juga dikenal sebagai sumber narkotika dan kegunaan ini lebih bernilai ekonomi, orang lebih banyak menanam untuk hal ini dan di banyak tempat disalahgunakan.


MORFIN
Morfin adalah alkaloid analgesik yang sangat kuat dan merupakan agen aktif utama yang ditemukan pada opium. Morfin bekerja langsung pada sistem saraf pusat untuk menghilangkan sakit. Efek samping morfin antara lain adalah penurunan kesadaran, euforia, rasa kantuk, lesu, dan penglihatan kabur. Morfin juga mengurangi rasa lapar, merangsang batuk, dan meyebabkan konstipasi. Morfin menimbulkan ketergantungan tinggi dibandingkan zat-zat lainnya. Pasien morfin juga dilaporkan menderita insomnia dan mimpi buruk.
Kata "morfin" berasal dari Morpheus, dewa mimpi dalam mitologi Yunani.

KOKAIN
Kokain adalah senyawa sintetis yg memicu metabolisme sel menjadi sangat cepat.
Kokain merupakan alkaloid yang didapatkan dari tanaman Erythroxylon coca, yang berasal dari Amerika Selatan, dimana daun dari tanaman ini biasanya dikunyah oleh penduduk setempat untuk mendapatkan “efek stimulan”.
Saat ini Kokain masih digunakan sebagai anestetik lokal, khususnya untuk pembedahan mata, hidung dan tenggorokan, karena efek vasokonstriksif-nya juga membantu. Kokain diklasifikasikan sebagai suatu narkotika, bersama dengan morfin dan heroin karena efek adiktif.


-         - AKIBAT PENYALAH GUNAAN NARKOBA
     
 1.BAGI DIRI SENDIRI
                        a.Terganggunya fungsi otak dan perkembangan normal remaja
                        b.Intoksikasi (keracunan)
                        c. Overdosis (OD)
                        d. Gejala putus zat
                        e. Berulang kali kambuh
                        f. Gangguan perilaku mental dan sosial
                        g. Gangguan kesehatan
                        h. Kendornya nilai-nilai
                        i. Keuangan dan hukum
       2.BAGI KELUARGA
                                    Suasana hidup aman dan nyaman menjadi terganggu.Membuat keluarga menjadi resah karena barang-barang berharga dirumah
hilangAnakberbohong,mencuri,menipu,bersikap kasar,acuh tak acuh dengan urusan keluarga,tidak bertanggung jawab,hidup semaunya, dan asosial.
                                    Orang tua malu karena memiliki anak pecandu, merasa bersalah, tapi juga sedih dan marah.Mereka berusaha menutupi perbuatan anak agar tidak diketahui orang lain.
                                    Orang tua menjadi putus asa karena masa depan anak tidak jelas.Anak putus sekolah atau menganggur,karena dikeluarkan dari sekolah atau pekerjaan.tres meningkat dan membuat kehidupan ekonomi morat marit,dan masih banyak lagi.
         3.BAGI SEKOLAH
                             Narkoba merusak disiplin dan motivasi yang sangat penting bagi proses belajar. Siswa penyalahguna narkoba prestasi belajar menurun drastis.Penyalahgunaan narkoba berhubungan dengan kenakalan dan putus sekolah.Kemungkinan siswa pecandu narkoba membolos lebih besar dibanding siswa lain.
         4.BAGI MASYARAKAT
                                    Mafia perdagangan gelap selalu berusaha memasok narkoba.Terjalin hubungan antara pengedar dan korban sehingga terjadi pasar gelap.Oleh karena itu sekali pasar terbentuk, sulit sekali memutus mata rantai pengedarannya.Dan narkoba akan menimbulkan keresahan dalam masyarakat.
 UPAYA PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGANNYA
   Penyalahgunaan narkoba dapat dicegah.Adalah lebih baik mencegah dari pada mengobati atau menanggulangi.Pencegahaan merupakan upaya yang sangat penting,bahkan terpenting.Untuk mencegah remaja dari penyalahgunaan narkoba hal yang paling penting adalah membentengi diri sendiri dengan imtaq(iman taqwa). selain itu ada hal-hal lain diantaranya :
1. Menjaga diri sendiri dan teman terdekat dari hal yang menjurus ke narkoba
2. Pendekatan pada siswa disekolah
3. Latihan peningkatan percaya diri
4. Melatih remja mengelola situasi sehari-hari melalui pendekatan pemecahan masalah dan
    curhat
5.Memberi kegiatan yang cocok pada kehidupan remmaja
6.Mendorong partisipasi pada kegiatan yang positif
7.Memberi kesempatan agar remaja mengembangkan kegiatannya
8.Membentuk perkumpulan dalam gerakan anti narkoba (say no to drugs)
9.Saling memberi dukungan dan kasih sayang
10.Meningkatkan keterampilan dasar.
11.Mencoba mengubah kebiasaan buruk, dan menjauh dari hal-hal yang negatif
12.dan yang paling penting adalah selalu waspada, karena banyak modus-modus pengedar
     narkoba.
13.jika ada remaja yang sudah menjadi pecandu,harus diberi pengertian sedikit demi sedikit,
    dan tidak dijauhi atau di acuhkan di masyarakat.
            Masih banyak lagi hal yang bisa dilakukan untuk mencegah remaja memakai narkoba.
dan untuk mencapainya harus ada kekompakan antara individu,keluarga,sekolah,dan masyarakat sekitar.yang semuanya memiliki peran penting dalam upaya pencegahan dan penanggulangan narkoba.



SUMBER : - http://id.wikipedia.org/wiki/Narkoba#Pengertian
                   - https://fradifradian.wordpress.com/2014/01/26/pencegahan-  dan-penanggulangan-penyalahgunaan-narkoba/





Tidak ada komentar:

Posting Komentar