Follow Us @literasi_smkn23jkt

Minggu, 03 Mei 2015

Gempa Nepal



GEMPA NEPAL
Oleh : Tifani Herawati/XI PM 1
Sabtu (25/4) adalah hari paling buruk di negara Nepal. Terjadi gempa bumi dahsyat di ibukota Nepal, antara kota Kathmandu dan Pokhara dengan kekuatan 7,8 SR. Sejauh informasi yang ada, sudah mendekati 6.000 orang korban tewas karena gempa yang dianggap terburuk dalam waktu 80 tahun itu, seperti dilansir BBC.  

Apakah kamu percaya kalau manusia bisa meramal atau memprediksi sesuatu yang belum terjadi? Mungkin kamu tak akan percaya. Namun bukan berarti hal itu tak pernah terjadi. Karena manusia memiliki kemampuan ilmu pengetahuan untuk memprediksi apa yang bakal terjadi di masa depan.
Hal itulah yang terjadi pada gempa bumi dahsyat yang menghancurkan Nepal pada Sabtu (25/4) pagi. Rupanya gempa dengan kekuatan 7,8 SR itu sudah diprediksi oleh ilmuwan geologi sedunia. Tercatat, seminggu sebelum gempa itu terjadi rupanya sekitar 50 ahli gempa dari seluruh penjuru Bumi sudah datang ke Nepal. 
            Rupanya kedatangan para ahli gempa ke Kathmandu itu untuk meneliti kondisi ibukota Nepal yang sangat padat tetapi juga tidak sejahtera itu. Dari penelitian itu, mereka justru terkejut dengan sesuatu yang sangat mengkhawatirkan mengenai potensi gempa tektonik di Nepal, seperti dilansir Independent.
Namun saat itu, para ahli gempa masih belum bisa menebak bahwa bakal ada gesekan lempeng tektonik Bumi yang menghasilkan tenaga 7,8 SR dan menghancurkan hampir seluruh Nepal. Sampai sejauh ini, kematian karena gempa besar itu sudah menembus 6.000 jiwa.

"Gempa bumi di Nepal adalah mimpi buruk mengerikan yang terjadi. Aku tak membayangkan kalau hal tersebut bakal terjadi begitu cepat. Saat kami meneliti Kathmandu seminggu yang lalu, kami merasakan bahwa akan ada suatu hal mengerikan yang terjadi. Aku bahkan berjalan-jalan di sekitar area pusat gempa bumi. Pedihnya, kalau kalian tinggal di lembah Kathmandu masih ada hal-hal buruk yang terjadi seperti udara dan air yang buruk, kemiskinan dan lalu lintas macet," jelas James Jackson ahli ilmu gempa dari Universitas Cambridge.
Gempa bumi yang menghantam Nepal ini memang menjadi yang terparah semenjak 80 tahun terakhir. Selain menewaskan ribuan orang, gempa itu juga menghancurkan berbagai situs budaya bersejarah warisan UNESCO di sekitar Kathmandu. Bahkan sebuah video gempa Nepal juga sukses membuat siapapun terkejut dan ketakutan pada dahsyatnya gempa akhir pekan lalu. (ind/aia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar