Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 01 Mei 2015

PUSARAN AIR WHIRLPOOL DAN MAELSTROM

Oleh : Dian Permata Sari


Whirlpool adalah pusaran air yang biasanya dihasilkan oleh pertemuan arus yang berlawanan. Sebagian besar pusaran air tidak sangat kuat. Pusaran arus yang sangat kuat disebut Maelstroms. Sedangkan Vortex adalah istilah yang tepat untuk setiap pusaran air yang memiliki downdraft (aliran kebawah secara vertical).

Pusaran air di lautan biasanya disebabkan oleh pasang surut. Pusaran air yang sangat kecil dengan mudah dapat dilihat ketika mandi atau saat menguras wastafel, tapi pusaran ini diproduksi dengan cara yang sangat berbeda dengan yang ada di alam. Pusaran air kecil juga mensul di dasar banyak air terjun. Dalam kasus air terjun yang kuat, seperti Air Terjun Niagara, pusaran air ini bisa sangat kuat. Pusaran air yang paling kuat yang diketahui saat ini adalah pusaran air yang terbentuk dalam selat sempit yang dangkal dengan air yang mengalir cepat.
Saat ini sungai dipaksa untuk memutar disekitar objek atau untuk mengalir ke sungai sempit. Air mengalir cepat dan lebih mungkin untuk menciptakan turbulensi berputar yang energik di laut tergantung pada geologi dasar laut. Arus laut dapat bertabrakan dan menciptakan arus pasang surut yang bertentangan. Air berputar berlawanan arah jarum jam di utara khatulistiwa dan di selatan khatulistiwa searah jarum jam. Interaksi destruktifnya dapat membentuk pusaran air, arus air yang berputar kuat. Sebuah Maelstrom, pusaran air kuat yang memiliki vortex, adalah yang paling mematikan dari semua pusaran air yang ada.

Baru-baru ini Ilmuwan AS menemukan dua pusaran air raksasa di Samudera Atlantik lepas pantai Guyana dan Suriname. Ini menjadi penemuan sensasional karena bagian dari laut ini telah dipelajari dengan seksama dan taka da yang menyangka hal seperti itu muncul disana. Lebih penting lagi, tidak ada yang bisa memahami darimana pusaaran air ini dating dan kejutan apa yang dapat mereka berikan kepada manusia.
Sebenernya, fenomena pusaran air di Samudera Dunia bukan hal baru bagi ilmu pengetahuan. Dalam kebanyakan kasus, ‘kawah’, atau ‘cincin, demikian para ilmuwan menyebutnya, terbentuk sebagai hasil dari apa yang disebut arus vertical, yang muncul karena perbedaan kepadatan air yang disebabkan karena perbedaan suhu lapisan air. Sudah menjadi pengetahuan umum bahhwa air dingin lebih tebal dan lebih berat, sehingga tutun, dibwah massa air hangat, yang lebih ringan. Ini adalah alas an mengapa arus hangat di Samudera Dunia selalu mengalir lebih dekat ke permukaan sedangkan arus dingin mengalir lebih dekat ke bawah.

Harian Pravda juga melaporkan ditemukannya dua pusaran air raksasa di Samudera Atlantik lepas pantai Guyana dan Suriname. Menurut para ilmuwan pergerakan air laut seperti ini mungin tidak selalu bergantung pada perbedaan temperature dari kolom air. Perbedaan salinitas juga bisa menjadi alas an. Mekanismenya adalah sama, kepadatan air asin yang kurang asin keatas, jenis fusi vertical ini sering terjadi di daerah tropis karena suhu tinggi menyebabkan penguapan air dari permukaan. Garam tidak menguap bersama air dan tetap di laut yang menaikkan tingkat salinitas pada lapisan atas air. Lapisan ini ‘tenggelam’ dan memberikan jalan untuk perairan kuran asin dibawah untuk naik. Pergerakan vertical air seperti ini membuat pusaran air raksasa yang diameternya bisa mencapai puluhan bahkan ratusan kilometer dan bisa berlangsung selama berbulan-bulan dan bahkan bertahun-tahun. Gerakan vertical perairan adalah prses yang lambat.

Mengapa pusaran-pusaran air itu ada waktu yang lama? Ini adalah sebagian efek dari medan magnet bumi. Selain itu, air laut mengandung banyak ion bermuatan, Na dan Cl misalnya, yang membuat molekul-molekul air berbentuk dipol yang bermuatan positif disatu sisi dan muatan negative di sisi lain.

Setiap dipol akan berputar ketika bergerak dalam medan magnet. Sebuah ‘cincin’ lautan mengumpulkan miliaran molekul bersama. Itulah mengapa gerakan lingkaran raksasa yang dipicu oleh gerakan vertical air dapat berlangsung selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Ion juga memberikan lebih banyak tenaga untuk ‘kawah’. Natrium dan Chlorum juga bermuatan, dan pergerakan mereka dalam medan  magnet bumi juga menyebabkan munculnya gerakan melingkar.

sumber :  http://versesofuniverse.blogspot.com/2013/08/pusaran-air-whirlpool-maelstrom.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar