Follow Us @literasi_smkn23jkt

Sabtu, 02 Mei 2015

Pillars Of Light


 Oleh : Nur Hasanah


Pilar Cahaya

Pillars Of Light (Pilar Cahaya) merupakan fenomena cahaya menyala yang mengarah ke langit seperti pilar langit yang bersinar keatas. Fenomena Pilar Cahaya biasanya muncul di daerah dingin dimana suhu didaerah tersebut mencapai dibawah 10° C, sayangnya daerah yang berada di garis Khatulistiwa
seperti Indonesia tidak akan muncul fenomena seperti ini.

Fenomena Pilar Cahaya begitu terkenal di daerah sekitar kutub dan daerah-daerah sub tropis apalagi ketika musim dingin tiba.

Fenomena visual ini diciptakan oleh pantulan cahaya dari kristal es dekat permukaan yang paralel dari sebuah bidang horisontal. Cahaya dapat berasal dari matahari, biasanya terjadi saat matahari terbenam sehingga fenomena ini juga sering disebut sebagai pilar matahari.

Fenomena ini juga bisa disebabkan oleh bulan atau dari sumber cahaya di bumi (terrestrial) seperti misalnya lampu jalan, lampu mobil, atau sumber cahaya yang kuat dari arena skating es.


Pilar cahaya tampak seperti bulu-bulu cahaya yang memperpanjang vertikal atas atau di bawah sumber cahaya, atau kadang-kadang keduanya.  Jika dilihat dari kejauhan, sebuah pilar cahaya akan terlihat seperti aurora .


https://bamssatria22.wordpress.com/2013/05/01/lights-pillars/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar