Follow Us @literasi_smkn23jkt

Rabu, 06 Mei 2015

Badai Salju Nemo


Disusun oleh : Agustina Putri

Badai Salju Nemo (juga dikenal dengan Nor’easter Februari 2013 atau Badai Salju 2013 adalah badai musim dingin berkekuatan tinggi yang berkembang dari kombinasi antara dua wilayah bertekanan rendah, terutama sekali mempengaruhi Amerika Serikat Timur Laut dan sebagian Kanada, yang menyebabkan turunnya hujan salju dan bertiupnya angin badai. 

Badai ini dimulai di Texas dan bergerak ke Kanada dalam beberapa hari berikutnya. Akibat badai ini, Kanada mengalami tumpukan salju setebal enam sentimeter atau lebih. Di Amerika Serikat sendiri, badai ini telah mencurahkan salju setinggi hampir dua meter di California.

Lebih dari 85 juta warga Amerika diperkirakan melakukan perjalanan sedikitnya 80 kilo meter dari tempat tinggal mereka untuk menghindari badai. Badai juga mengakibatkan dibatalkannya lebih dari tiga ribu jadwal penerbangan sejak hari Natal, termasuk diantaranya 746 jadwal di hari kamis. Menurut tracker FlightAware, badai datang dari arah teluk Meksiko menuju ke wilayah Great Lakes sebelum ke laut. Di New York City, angin kencang menyebabkan dibatalkannya 186 jadwal penerbangan di tiga bandara utama, yaitu Kennedy, LaGuardia, dan Newark. Cuaca buruk dan badai juga menjadi penyebab utama berbagai jadwal perjalanan di Kanada terganggu. Di Bandar Udara Internasional Pearson Toronto, lebih dari 200 penerbangan terpaksa dibatalkan dengan alasan cuaca.

Kombinasi angin kencang dan kuat dengan salju basah menyebabkan 700.000 warga terpaksa bertahan tanpa listrik. Sedikitnya delapan belas kematian terjadi akibat badai ini, lima orang diantaranya merupakan warga Connecticut. Dua orang lainnya tewas akibat keracunan karbon monoksida dalam kejadian terpisah di Boston. Sementara dua korban lainnya berasal dari Poughkeeppsie, New York dan satu orang dari New Hampshire.
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Badai_Salju_Nemo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar