Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 01 Mei 2015

PENEBANGAN HUTAN SEACARA LIAR

Oleh : Fransiska Dua Mawar

hutan_gundul 

Penebangan hutan secara liar sekarang ini sedang marak terjadi di Indonesia. Penebangan hutan secara liar dapat merugikan mereka sendiri, dapat membuat mereka celaka, dan dapat berdampak negative bagi mereka.

Penebangan hutan secara liar itu sangat tidak baik untuk lingkungan kita. Jika penebangan hutan dilakukan maka pohon-pohon dihutan akan habis dan hutan akan gundul. Hutan gundul itu dapat menyebabkan longsor. Dan jika longsor terjadi maka mereka sendirilah yang rugi.

Sebab lain dari penebangan hutan lainnya yaitu karena keadaan ekonomi. Keadaan ekonomi warga Indonesia itu sangat kurang sehingga manusia lebih mementingkan kebutuhannya sendiri untuk mencukupi keperluan ekonominya dan tidak memperdulikan keadaan alammnya.

Karena sudah banyak dampak negative dari penebangan pohon secara liar maka terdapat pula akibat dari menebang pohon secara liar yaitu banjir dan longsor. Banjir bisa terjadi apabila misalnya ada hujan yang besar, air tersebut langsung dapat turun ke pemukiman warga karena tidak ada pohon yang menyerapnya, karena pohon-pohon yang berfungsi untuk menyerap air telah habis ditebang.

Dengan demikian, penebangan hutan secara liar perlu dihentikan, karena terlalu banyak memberikan dampak negative. Oleh karena itu, sebaiknya setelah kalian telah menebang pohon marilah kita menanam kembali pohon tersebut mulai lagi dari bibit nya dan kita rawat untuk dapat digatikan sebagai pohon yang kita tebang. Kita harus menjaga pohon yang ada disekitar kita, dan tidak menebangnya secara liar.

 
 Sumber diadaptasi oleh : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar