Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 31 Mei 2019

Tentang Lelaki Yang Patah Hati


Judul             : Seperti Hujan Yang Jatuh Ke Bumi
Penulis          : Boy Candra
Penerbit         : Mediakita
Tahun Cetak  : 2018
Tebal Buku    : iv + 284 halaman
S
eperti hujan yang jatuh ke bumi merupakan novel yang cukup terkenal di kalangan remaja yang ditulis oleh Boy Candra, penulis yang memiliki pengikut 1,3 juta di instagram ini memang tengah naik daun. Dan kebanyakan dari karya yang ia tulis bertemakan percintaan.
Novel ini berkisah tentang dua orang sahabat dari kecil yang saling jatuh cinta, yaitu Kevin dan Nara Senja. Karena jarak rumah yang berdekatan, mereka menjalin persahabatan dari kecil hingga menjadi mahasiswa. Kevin adalah seorang laki-laki tampan dan terkenal dengan sifatnya yang dingin dan pendiam, ia juga terkenal orang yang suka membaca buku, baik itu buku pengetahuan, umum, dan juga buku yang bertemakan percintaan. Karena wajahnya yang tampan tak heran jika ada wanita yang menyukainya, namun dengan sifatnya yang dingin dan pendiam ia menolak itu. Ia hanya ingin dekat dengan Nara sahabatnya sejak kecil. Sedangkan Nara adalah wanita yang suka mendengarkan lagu lewat earphone dan memiliki wajah yang manis, ia juga terkenal mudah sekali jatuh cinta dan seringkali gagal dalam hal percintaan.Persahabatannya yang hingga kini masih berlanjut membuat Kevin mempunyai rasa suka pada Nara. Namun Nara tidak pernah tahu bahwa Kevin memendam rasa terhadap dirinya sejak lama. Pada bagian prolog terdapat kisah seseorang yang bernama Juned yang ikut andil dalam kisah Kevin dan Nara.
Penulis menulis novel ini dengan gaya bahasa yang ringan dan sederhana sehingga mudah dipahami oleh pembaca. Alur ceritanya pun sangat runtun dan tersusun sangat baik. Sampul buku ini pun terlihat sangat elegan dan membuat pembaca tertarik. Di setiap awal bab terdapat ilustrasi gambar yang sangat bagus dan unik, ditambah lagi diakhir bab terdapat qoutes yang mengena perasaan para pembacanya sehingga membuat novel ini semakin menarik.
Selain keunggulan, novel ini juga terdapat kekurangan. Sampul novel yang berwarna putih membuat novel ini mudah kotor, Kertas yang digunakan dalam novel ini juga tipis sehingga mudah sobek terlebih lagi jika terkena air, Di dalam novel ini juga terdapat beberapa kesalahan dalam penulisan kata dan terdapat beberapa kata yang sulit dipahami.
Menurut saya novel ini sangat cocok untuk remaja yang baru mengenal dunia novel seperti saya, sebab memiliki cerita yang ringan untuk diikuti serta bahasa yang mudah dipahami. Selain itu, sampul berwarna pada novel ini sangat mudah menjadikan novel ini kotor, alangkah baiknya jika sampul novel ini diberi warna hitam dan ilustrasi yang berwarna putih, agar tidak cepat kotor namun tetap elegan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar