Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 10 Mei 2019

Mengejar Impian dalam Novel Hello Salma

DISUSUN OLEH DINA KAMILA A'LA


Judul buku          : Hello Salma
Penulis                : Erisca Febriani
Penerbit              : Coconut Books
Tempat Terbit      : Jawa Barat
Tahun Terbit        : Maret 2018
Edisi Penerbitan : Cetakan pertama
Tebal Buku          : 384 halaman
Harga                  : Rp. 95.000,-


· PENDAHULUAN

     Erisca Febriani, merupakan penulis muda yang berasal dari Bandar Lampung yang sukses dengan novel pertamanya yang berjudul Dear Nathan. Setelah mengeluarkan novel Dear Nathan yang selalu menjadi best seller dan juga telah dibaca jutaan kali di aplikasi Wattpad. Kini, Erisca menerbitkan novel baru berjudul Hello Salma, yang merupakan Sekuel dari novel Dear Nathan. Novel Hello Salma ini merupakan kelanjutan dari kisah percintaan antara Nathan dan Salma. Nathan yang merupakan sosok laki-laki bad boy, tampan, kaya, dan menjadi idola di SMA Garuda, yang menyukai seorang gadis bernama Salma Alvira. Berbeda dengan Nathan, Salma adalah sosok yang pendiam, pintar, dan aktif di organisasi. Hubungan mereka baik-baik saja sampai suatu hari terjadi sesuatu yang menyebabkan Salma dengan mudahnya memutuskan hubungannya dengan Nathan, dan karena kejadian itu pula Nathan juga dikeluarkan dari sekolahnya.

· ISI RESENSI
     Dalam novel ini menceritakan kisah setelah Nathan dan Salma mengakhiri hubungan mereka dan juga kehidupan Nathan di sekolah barunya, dimana ia mengenal sosok Rebecca. Seorang gadis tertutup yang membuat Nathan penasaran akan dirinya. Selain itu, ditambah konflik Salma yang tidak lulus seleksi masuk perguruan tinggi membuat Salma mendapat tekanan dari ayahnya agar bisa masuk perkuliahan jurusan kedokteran sehingga Salma mengalami depresi.
Sampai akhirnya Salma bergabung ke dalam suatu komunitas untuk mengurangi bebannya dan Salma kembali bertemu dengan Nathan di suatu tempat. Hingga Salma kembali menjalin hubungan bersama Nathan dan berjuang menggapai cita-citanya menjadi penulis dengan mendapat dukungan dari Nathan. Serta orang tua Salma yang akhirnya mendukung cita-citanya dan membiarkan anaknya meraih apa yang diinginkannya.

· KEUNGGULAN BUKU
     Novel Hello Salma ini sangat menarik dan sangat cocok untuk dibaca oleh berbagai kalangan, khususnya bagi para remaja. Karena ceritanya yang sangat menarik dan membuat siapapun penasaran dengan kisah-kisah selanjutnya. Selain kisah percintaan, dalam novel ini juga terdapat bagian yang momotivasi dan menginspirasi kita untuk tetap bermimpi. Serta terdapat kesan dan pesan yang tersirat didalam novel ini. Sehingga menjadikan novel ini menarik dan tidak membosankan. 
Erisca mengemas novel ini dengan alur maju, dengan jalan cerita yang mengalir serta konflik batin ditonjolkan dalam novel ini yang mampu membuat pembaca terhanyut dan ikut merasakan emosi dari tokoh novel ini dengan seksama. Dengan latar waktu tahun 2017 ketika Salma lulus dari bangku SMA, pembaca diajak merasakan bagaimana tekanan batin dan permasalahan remaja pada umumnya ketika akan melanjutkan ke bangku kuliah.

· KEKURANGAN BUKU
     Novel ini memang menarik namun sayang tidak adanya daftar isi membuat pembaca merasa kesusahan apabila menemukan halaman yang ingin dibacanya. Serta adanya sedikit kesalahan penulisan ejaan atau tanda baca pada novel ini. Namun hal ini tidak mempengaruhi jalan cerita dalam novel ini.

· PENUTUP
     Terlepas dari itu semua, novel ini sangat direkomendasikan untuk remaja yang menyukai cerita-cerita fiksi remaja, serta dapat dibaca oleh semua kalangan masyarakat, karena isi novel menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Nilai-nilai yang terkandung dapat menginspirasi dan juga memberikan pelajaran berharga bagi para pembaca. Kendati demikian, semua yang ada di buku ini memang patut di acungi jempol terutama untuk penulisnya yang saya kagumi.

1 komentar: