Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 14 Mei 2019

Patah Hati Terhebat ( Koala Kumal )


Patah Hati Terhebat ( Koala Kumal )
DISUSUN OLEH : BAYU NUR HIDAYAT


·          IDENTITAS NOVEL

Judul Novel                   : Koala Kumal
Pengarang Novel         : Raditya Dika
Penerbit                          : Gagas Media
Tahun Terbit                  : 17 Januari 2015
Jumlah Halaman          : x+ 250 hlm; 13 x 20 cm
Genre                              : Comedy, Drama
Bahasa                           : Indonesia
ISBN                                : 979-780-769-x
Harga                              : Rp.65.000

·          PENDAHULUAN
Koala kumal adalah kumpulan cerita yang berisi pengalaman pribadi Raditya Dika yaitu tentang patah hati. Buku ini novel ke tujuh dari raditya dika. Ceritanya pun sama seperti novel sebelumnya mengandung cinta dan komedi. Tidak hanya tentang cinta saja tapi persahabatan, cinta pertama, Bahkan tentang patah hati terhebat semua di bungkus dalam komedi yang membuat orang terhibur dengan pengalaman dia dan memotivasi kita tentang percintaan.

·          ISI RESENSI NOVEL
Koala Kumal adalah buku komedi yang menceritakan pengalaman Raditya Dika Mulai dari Dika yang tidak memiliki teman dimasa kecilnya, yang saat itu sibuk dengan dunianya sendiri sampai akhirnya dia mendapat teman baik yang bernama Bahri Dan Dodo dari kejadian layangan putus saat itu . Sampai akhirnya perang antar komplek menggunakan petasan Jangwe yang berujung menghancurkan persahabatan mereka bertiga, selain cerita itu Raditya dika juga pernah PDKT dengan Lady Boy Thailand setelah Radit tahu dia sungguh kaget, mulai cerita perempuan tanpa nama, mulai Jurit Malam SMP yang berakhir dengan kekacauan sampai bertemu perempuan yang mahir bermain tombak sampai berujung cerita patah hati terhebat yang di alami Trisna salah satu temen Raditya dika yang patah hati saat kekasihnya pergi untuk selamanya, dan terakhir cerita raditya dika yang di putusin oleh pacarnya ketika LDR sampai setelah 3 tahun mantan pacar nya itu minta balikkan sama radit akan tetapi radit merasakan rasa yang sudah berubah. Radit jadi teringat oleh seekor koala kumal yang ia lihat di situs Huffington Post koala kumal itu tinggal di New South Wales, Australia. Koala itu bermigrasi dari tempat tinggalnya. Beberapa bulan kemudian, ia kembali ke hutan tempat dia tinggal. Namun, Ternyata setelah ia pergi, hutan yang pernah menjadi rumahnya ditebang, Diratakan dengan tanah oleh para penebang liar. Si koala kebingungan kenapa tempat tinggalnya tidak seperti dulu. Ia hanya bias diam tanpa berbuat apapun.




·          KELEBIHAN DAN KEKURANGAN NOVEL
A.    Kelebihan Novel
1)     Memiliki ciri khas menggabungkan antara Komedi, Cinta, Tips, Dan pengalaman hidup jadi satu
2)     Setiap cerita mempunyai pelajaran yang dapat di ambil oleh pembaca
3)     Menggunakan Bahasa sehari-hari sehingga mudah dimengerti oleh semua kalangan
4)     Banyak kata penyemangat dan motivasi
5)     Cover buku ini sangat Menarik
6)     Dari segi kertas cukup bagus

B.   Kekurangan Novel
1)     Bahasa yang vulgar
2)     Bahasa yang sedikit gaul
3)     Cerita Klimaks yang kurang greget
4)     Pesan-pesan yang kurang mengenakkan seperti dendam dan sebagainya

·          KESIMPULAN
Menurut saya novel Koala Kumal sangat menarik untuk dibaca, banyak kata-kata motivasi, kata penyemangat, cocok dibaca untuk siapa aja. Banyak pelajaran yang dapat kita ambil terutama patah hati. Patah Hati merupakan proses menuju kedewasaan kata-kata itu yang saya dapatkan dalam novel ini. Tidak hanya itu novel ini akan membuat kita terhibur sampai tertawa dengan masa lalu Raditya dika.

·          SARAN
Menurut saya novelnya sangat menarik akan tetapi novel ini tidak cocok untuk anak-anak lebih di peruntuhkan oleh kalangan remaja atau dewasa dan kata kasar harus dikurangkan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar