Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 10 Mei 2019

Kisah Cinta di dalam Amplop - Novel 147 LETTERS

DISUSUN OLEH FRANSISCA NATASYA SAPUTRA


Judul Buku      : 147 Letters
Penulis             : Achi TM
Penerbit           : Mizan Media Utama
Kota Penerbit  : Bandung
Tahun Terbit    : 2016
Tebal               : 228 Halaman
Cetakan           : 1
Harga Buku     : 52.000



Novel yang diciptakan oleh Asli Rakhmawati atau akrab dengan panggilan Achi TM ini  adalah novel yang bertema percintaan, seperti judulnya yaitu “147 Letters” , Novel ini menceritakan tentang seorang wanita bernama Tania yang selalu menaruh harapan pada seseorang pria.
 Tania selalu menuliskan  setiap harapannya yang sederhana diatas kertas kuning, dan dimasukan kedalam amplop kuning sampai menunggu jawaban disetiap pagi yang kekuningan, pagi yang penuh harapan bagi Tania.  Hingga akhirnya datang seorang lelaki lain yang datang menghancurkan semua harapan yang telah ditulis Tania diatas kertas kuning tersebut. Lelaki itu menguak semua dihadapan semua orang dan dia juga membuat Tania jatuh hati kepadanya, perasaan yang membuat Tania selalu memikirkannya, perasaan aneh yang tidak bisa dijabarkan. Tania merasa bahwa memang seharusnya dia menolak perasaan itu sejak awal, karena lelaki itu hanya datang untuk menipu Tania dengan membuat surat balasan palsu dan membuat Tania melonjak kegirangan . Surat balasan yang ia kira berasal dari harapannya , ternyata hanya hasil keisengan lelaki itu, sejak saat itu Tania hancur dan kecewa sehingga amplopnya berubah menjadi merah.
Keunggulan dari novel ini adalah terletak dari gaya bahasa yang mudah dipahami dan sudah mengikuti zaman ini membuat pembaca membaca novel ini dengan nyaman, terutama untuk anak muda zaman sekarang. Novel ini juga memiliki alur cerita yang tidak mudah ditebak dan membuat para pembaca menjadi penasaran dan terus membaca .
Kekurangan dari novel ini adalah tidak adanya Judul awal pada setiap Bab , hal ini menyulitkan pembaca yang ingin mengira-ngira kejadian di bab selanjutnya
Novel ini memberikan pesan agar hidup kita dan kebahagiaan kia jangan digantungkan pada seseorang karena jika semua tidak sesuai dengan yang kita harapkan maka kita akan kecewa. Novel ini adalah novel yang menggambarkan permasalahaan percintaan anak remaja sekarang. Saran saya untuk penulis agar menggambarkan latar suasana lebih jelas dan saran untuk pembaca agar dapat mengambil segi postif yang ada dalam novel.

1 komentar: