Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 27 April 2015

BEGAL

PEMBEGALAN

Oleh : Muhamad Rudi Khoirudin



            Saat ini kasus pembegalan sangat heboh di Indonesia baru-baru ini terjadi di daerah Jakarta . Arti begal itu adalah penyamun, mem-begal berarti merampas di jalan. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa pembegalan adalah proses, cara atau perbuatan perampasan di jalan. Begal yang dimaksud adalah perampasan, pemerasan, perampokan, jambret, dan lain semacamnya yang sering terjadi di malam hari.

            Mungkin bagi sebagian orang mengangap bahwa pembegalan adalah perampasan sepedah motor, namun ternyata tidak pembegalan adalah perampasan barang-barang berharga yang di bawa oleh korban (pengendara sepedah motor) sehinga disebut dengan begal motor.
          





       Biasanya kasus ini didasari oleh kondisi ekonomi pelaku yang tidak stabil menyebabkan pelaku tindakan criminal ini harus berfikir keras untuk menafkahi keluarganya, sangat sulit bagi masyarakat yang tidak mengenyam pendidikan untuk mencari nafkah , sehingga memungkinkan mereka untuk melakukan tindakan apapun demi memenuhi kebutuhan hidup mereka .

            Hal inilah yang menyebabkan terjadinya kasus pembegalan, selain itu factor lainya adalah adanya kesempatan (peluang) yang memungkinkan. Sebagian besar kasus korban pembegalan kehilangan organ tubuh, harta mereka, luka-luka di semua bagian tubuh bahkan sebagian kasus pembegalan menyebabkan korban tewas karena pembunuhan yang dilakukan oleh pelaku.

          
  Kasus pembegalan berujung pembunuhan pada umumnya terjadi karena si korban berusaha untuk  menyelamatkan barang-barang yang hendak dirampas oleh pembegal , namun karena korban tidak bisa mempertahankan dan menyelamatkan dirinya serta banyaknya jumlah pelaku pembegalan menyebabkan kasus pembunuhan terjadi 
Untuk pelaku pembegalan akan mendapatkan tindakan hukum bila tertangkap pihak berwajib  bahkan tak segan pelaku pembegalan di hakimi massa bila tertangkap warga setempat sampai pernah dibakar hidup hidup.

Berikut ini adalah tips-tips untuk menghindari begal :

1. Menghindari Rute Jalan Sepi
Rute jalan yang sepi biasanya menjadi sasaran empuk bagi mereka. Karena mereka biasanya beroperasi di jalan-jalan yang sepi. Jadi untuk menghindari begal hindari lah rute jalan yang sepi.

2. Hindari Pulang Malam atau Keluar Malam Hari
Apabila anda sering berpergian hindarilah pulang terlalu larut malam (lebih dari pukul 22.00). Para begal biasanya beroperasi pada malam hari/dini hari karena pada waktu-waktu ini jalan sudah mulai sepi. Jadi selain menghindari rute jalan yang sepi, hindari pula pulang terlalu larut malam agar terhindar dari pembegalan. Atau jika anda berpergian dan pulang terlalu larut lebih baik menginap saja di tempat teman anda dan jangan lupa beri kabar keluarga di rumah.

3. Usahakan tidak Berpergian Sendiri
Jika anda bisa mengajak teman anda saat akan berpergian, ajaklah mereka untuk menemani anda.

4. Hindari Mengenakan Pakaian atau Perhiasan Berlebihan
Jika anda berpergian keluar rumah, hindarilah mengenakan perhiasan yang berlebihan. Karena hal ini dapat menjadikan anda pusat perhatian dan bisa menjadi sasaran pembegalan. Cobalah untuk mengenakan sesuatu yang sewajarnya saja.

5. Kenali dan Ingat Ciri-Ciri Pelaku
Jika melihat atau terkena begal cobalah untuk mengenali dan mengingat ciri-ciri pelaku dan segerala lapor kepada polisi terdekat.

 Sumber :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar