Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 30 April 2018

Teks Eksplanasi Kompleks Fenomena Sosial Demam Berdarah Dengue - Julian Safitri XI-AP2

TUGAS TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS
“Demam Berdarah Dengue”
disusun oleh Julian Safitri





Pernyataan umum :
Demam berdarah termasuk salah satu penyakit mematikan di dunia. Di Indonesia saja, demam berdarah termasuk kasus yang sering ditemui. Banyaknya korban yang meninggal akibat penyakit inilah yang menjadi indikatornya. Demam berdarah merupakan suatu penyakit yang terjadi akibat infeksi virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti.

Urutan Sebab-Akibat :
Penyakit demam berdarah disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Untuk faktor internalnya, yaitu daya tahan tubuh atau imunitas yang lemah. Daya tahan tubuh yang lemah biasanya terdapat pada kalangan anak-anak, apalagi yang belum diimunisasi. Imunisasi ini bertujuan untuk mencegah berbagai macam penyakit sedari kecil, sehingga ketika tumbuh dewasa nanti, daya tahan tubuh seseorang menjadi kuat. Maka dari itu, anak-anak lebih rentan terkena atau tertular penyakit demam berdarah. Akan tetapi, bukan berarti kalangan anak-anak saja yang mudah terkena penyakit demam berdarah, melainkan seluruh kalangan masyarakat, baik tua maupun muda.
Sedangkan, faktor eksternalnya adalah banyaknya genangan air akibat hujan yang tersebar di mana-mana, seperti di selokan yang mampat, kaleng-kaleng atau botol-botol bekas, atau fasilitas TPA yang kurang baik. Akibatnya, tempat-tempat tersebut sering dijadikan sebagai tempat perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti.
Ketika nyamuk betina menggigit atau menghisap darah orang yang mengalami infeksi dengue, virus akan masuk kedalam tubuh nyamuk, diperlukan waktu 9 hari oleh virus dengue untuk hidup dan berkembang biak didalam air liur nyamuk, apabila nyamuk yang terjangkit menggigit manusia ia akan memasukkan virus dengue yang berada didalam air liurnya kedalam sistem peredaran darah manusia , setelah 4-6 hari penderita akan mulai mendapat demam tinggi.
Penularan juga dapat terjadi apabila nyamuk aedes betina sedang menghisap darah orang yang terkena infeksi virus dengue diganggu, dan nyamuk itu akan segera menggigit orang lain pula hal itu akan menyebabkan virus yang berada dibelalai nyamuk akan masuk kedalam peredaran darah orang kedua tanpa proses penularan kemudian sakit, seekor nyamuk yang sakit akan membawa virus tersebut sampai berakhir kehidupannya.
Gejala-gejala yang timbul akibat penyakit demam berdarah juga dapat dipelajari, seperti beberapa contoh berikut. 
1.    Mendadak demam tinggi selama 2-7 hari, tampak lesu, serta suhu badan sekitar 38ºC sampai 40ºC atau lebih. 
2.    Tampak bintik-bintik merah pada kulit dan jika kulit direnggangkan, maka bintik merah itu tidak hilang. 
3.    Terkadang mengalami pendarahan di hidung atau mimisan. 
4.     Nyeri di seluruh tubuh dan terkadang juga nyeri di ulu hati karena terjadi pendarahan di lambung. 
5.    Mengalami muntah darah dan BAB darah. 
6.    Terjadi pembesaran pada plasma yang identik dengan kenaikan dinding pembuluh darah.
Bila mendapati gejala penyakit yang demikian, sebaiknya segera menghubungi dokter karena bagaimanapun juga penyakit demam dengue yang diderita ini harus segera mendapatkan penanganan secepatnya sebelum mengalami komplikasi menjadi demam berdarah dengue.
Penyakit ini akan mulai menunjukkan gejalanya setelah 4-10 hari pasca gigitan nyamuk.
Oleh karena itulah, sebelum virus yang dibawa oleh nyamuk ini menyerang, ada baiknya melakukan langkah-langkah pencegahan seperti yang dipaparkan berikut ini:
1.    Membersihkan seluruh lingkungan rumah.
2.    Mengubur barang bekas yang menampung air.
3.    Menguras bak kamar mandi dan toilet.
4.    Menutup penampungan air.
5.    Memasang obat anti nyamuk atau menyemprot obat pembasmi nyamuk terutama pada bagian-bagian yang biasanya dijadikan sarang nyamuk.
6.    Memasang strimin anti nyamuk di seluruh ventilasi rumah.
7.    Tidak terlalu sering membiarkan pintu rumah dan jendela terbuka terutama pada sore dan malam hari.
8.    Gotong royong dengan masyarakat untuk serempak membersihkan lingkungan dan melakukannya secara rutin.
9.    Fogging atau pengasapan di area kebun atau got saluran air.


Daftar Pustaka :

Diakses Pada Kamis, 26 April 2018


Tidak ada komentar:

Posting Komentar