Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 30 April 2018

Teks Eksplanasi Kompleks Fenomena Alam Sun Dog - Mundari XI AP 2

     Teks Eksplanasi Kompleks
                   “Sun Dog”
          Disusun oleh : Mundari



Pernyataan Umum :          
               Fenomena Sun Dog (Sundog) yang kadang juga disebut dengan Parhelion adalah sebuah fenomena ketika kita bisa melihat adanya kumpulan cahaya tambahan di kedua sisi matahari. Kadang, kumpulan cahaya ini bisa terlihat seperti bola yang membuat kita berpikir kalau cahaya ini adalah matahari tambahan. Sebagain orang bahkan beranggapan bahwa peristiwa ini merupakan pertanda bahwa bumi akan segera runtuh, kiamat? Tentu saja tidak, Sun Dog meupakan peristiwa yang dapat dijelaskan secara ilmiah dan masuk akal. Seekor anjing matahari atau sundog, nama ilmiah parhelion (parhelia jamak) dari bahasa Yunani παρήλιον (parēlion), yang berarti "di samping matahari" juga disebut matahari pura-pura atau matahari hantu, adalah fenomena atmosfer yang menciptakan titik terang cahaya di langit, sering pada bercahaya cincin atau lingkaran cahaya di kedua sisi matahari.

Urutan Sebab-akibat :


          Sun Dog terjadi ketika cahaya matahari bersinar menembus kumpulan lempeng es kristal hexagonal yang tersusun secara horizontal di langit yang mengakibatkan cahaya itu dibelokkan dengan sudut minimum 22 derajat. Proses ini bisa disamakan dengan proses terciptanya pelangi yang terbentuk karena cahaya matahari yang menyinari tetesan air di angkasa. Fenomena ini bisa muncul dimana saja dan kapan saja. Namun, ia akan lebih mudah terlihat ketika matahari berada pada posisi yang lebih rendah di Horizon (saat terbit atau terbenam). Pada matahari terbit, matahari akan naik semakin tinggi, Sun Dog pun akan bergeser dari sudut 22 derajat. Ketika matahari menjadi lebih tinggi lagi, Sun Dog pun lenyap. Umumnya Sun Dog berwarna merah ketika ia berada pada jarak terdekat dari matahari. Ketika ia semakin menjauh dari matahari, warnanya akan berubah mengarah ke biru.
Parhelic Circle adalah garis lengkung berwarna putih yang menembus matahari. Kita bisa melihatnya dengan jelas di rekaman di atas. Walaupun seringkali hanya terlihat sepotong, kadang, garis lengkung ini bisa membentuk sebuah lingkaran sempurna di langit. Sama seperti Sun Dog, Parhelic Circle juga terbentuk karena cahaya matahari yang dibelokkan oleh es kristal hexagonal. Namun, jika untuk mendapatkan Sun Dog kita harus memiliki es kristal hexagonal yang horizontal, maka untuk mendapatkan Parhelic Circle, es kristal hexagonal tersebut harus berada pada posisi vertikal atau hampir vertikal.
Fenomena Sun Dog kadang bisa terlihat tanpa Parhelic Circle seperti yang terlihat pada Sun Dog di kota Harbin. Jika keduanya bergabung, maka kita mendapatkan sebuah orkestra bisu di langit.
Sundog dapat muncul sebagai patch berwarna cahaya ke kiri atau kanan matahari, 22 ° jauh dan pada jarak yang sama di atas cakrawala seperti matahari, dan di lingkaran es.
Sundog umumnya dibuat oleh pembiasan cahaya dari kristal es heksagonal berbentuk piring di awan cirrus tinggi dan dingin atau, selama cuaca yang sangat dingin, kristal es ini disebut debu berlian, dan hanyut di udara pada tingkat rendah. Kristal ini bertindak sebagai prisma, membengkokkan sinar cahaya yang melewatinya dengan defleksi minimal 22 °. Jika kristal secara acak berorientasi, cincin lengkap mengelilingi matahari terlihat halo. Namun seringkali, ketika kristal tenggelam di udara, mereka menjadi selaras vertikal, sehingga sinar matahari dibiaskan secara horizontal, dalam hal ini sundog terlihat.
Saat matahari terbit lebih tinggi, sinar yang melewati kristal semakin miring dari bidang horizontal. Sudut penyimpangan mereka meningkat, dan sundog bergerak lebih jauh dari matahari. Namun, mereka selalu berada di ketinggian yang sama dengan matahari. Sundog berwarna merah di sisi terdekat matahari. Lebih jauh keluar tingkat warna melalui jeruk ke biru. Namun, warna-warna tumpang tindih dan begitu banyak yang diredam, tidak pernah murni atau jenuh. Warna-warna dari Sundog akhirnya bergabung ke putih lingkaran parhelic (jika yang terakhir terlihat).
Secara teoritis mungkin untuk memprediksi bentuk-bentuk sundog seperti yang akan terlihat di planet dan bulan lainnya. Mars mungkin memiliki sundog yang dibentuk oleh es air dan es CO2. Pada planet gas raksasa Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus, kristal lainnya membentuk awan amonia, metana, dan zat lain yang dapat menghasilkan lingkaran cahaya dengan empat atau lebih sundog.
Upaya untuk melihat sun dogs, yang biasa dilakukan masyarakat tradisional adalah melalui genangan air di dalam baskom yang diletakkan di bawah bayangan matahari. Atau jika ingin melihatnya bisa menggunakan kacamata.




Daftar Pustaka


2.    http://poety22.blogspot.co.id/2013/09/explanation-text-of-sundog.html
jjdiakses : 26 April 2018














Tidak ada komentar:

Posting Komentar