Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 30 April 2018

TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS "SELFIE"

Disusun oleh : Marcella Lo


Pernyataan umum :
Selfie adalah jenis foto potret diri yang diambil oleh diri sendiri dengan menggunakan sebuah kamera, baik kamera digital atau kamera telepon. Selfie biasa disebut dengan memfoto diri sendiri, foto narsis atau swafoto. Istilah yang sering digunakan untuk meyebut selfie di indutri hiburan Korea adalah Selca yang merupakan kependekan dari Self Camera. Istilah Selfie muncul dan digunakan pertama kali pada 13 September 2002 dalam sebuah forum internet Australia (ABC Online). Karena kepopulerannya kata selfie ini, kata selfie tercantum dalam Oxford English Dictionary versi daring pada tahun 2013. Dan Oxfor Dictionary menobatkan kata selfie sebagai Word of the year tahun 2013 pada bulan November 2013. Pada saat melakukan foto diri sendiri, pose-pose yang paling banyak dan umum digunakan adalah yang bersifat kasual, baik saat menggunakan kamera yang diarahkan pada diri sendiri atau dengan bantuan pantulan cermin. Jarak jangkau foto selfie juga terbatas, sehingga objek yang paling jelas dan paling nampak adalah sang fotografer (pemfoto atau orang yang melakukan selfie) itu sendiri atau beberapa orang yang bisa dijangkau oleh kamera.


Urutan sebab akibat:
Dengan kemudahan yang diakibatkan oleh pesatnya perkembangan teknologi, selfie atau memfoto diri sendiri saat ini sudah menjadi sebuah budaya baru yang sangat populer. Banyak orang yang bilang kalau foto selfie merupakan hal/budaya populer yang modern, namun sebenarnya memfoto diri sendiri sudah pernah dilakukan dan sudah ada sejak jaman dulu. Pada jaman itu sekitar tahun 1900-an, seorang puteri bangsawan dari kekaisaran Rusia telah mengambil gambar dirinya sendiri lewat pantulan cermin dengan menggunakan kamera box Kodak Brownie. Puteri bangsawan itu bernama Anastasia Nikolaevna, ia merupakan puteri keempat dari Tsar Nicholas II dari Rusia.Setelah melakukan foto diri sendiri, ia kemudian mengirim foto tersebut kepada temannya pada tahun 1914 bersama sebuah surat. Pada surat yang dikirim tersebut, ia menulis: “Saya mengambil foto ini menggunakan cermin, sangat susah dan tangan saya gemetar.” Dengan aksi yang dia lakukan tersebut, sejarah mencatat bahwa Anastasia Nikolaevna sebagai orang yang pertama kali melakukan foto selfie.

Urutan sebab akibat :
Selfie memiliki dampak negatif dan dampak positif. Dampak negatifnya yaitu menggangu orang lain karena terlalu banyak meng-upload foto selfie kita ke social media. Membuat rasa percaya diri berkurang jika jumlah ‘like’ dan pujian yang didapatkan tidak sesuai ekspetasi. Selfie juga dapat mengundang tindak kejahatan karena foto yang diupload kurang sopan. Tetapi ada juga dampak positif dari selfie yaitu dapat membuat seseorang menjadi senang dan gembira karena bisa kapan saja melihat lagi foto tersebut. Lalu dapat membuat rasa percaya diri kita meningkat karena kita mendapat respon positif dari orang lain.

Referensi:
https://pasberita.com/pengertian-selfie-sejarah-foto-selfie/ diakses pada 25 April 2018
http://kepo.loop.co.id/articles/7-sisi-positif-dan-negatif-dari-hobi-selfie diakses pada 25 April 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar