Follow Us @literasi_smkn23jkt

Minggu, 29 April 2018

Teks Eksplanasi Kompleks "Pelangi"

Teks Eksplanasi Kompleks
Pelangi

Nama       : Cynthia Belinda
No absen : 07
Kelas        : XI AP 2


I. Pernyataan Umum
     Pelangi merupakan suatu busur          spektrum besar yang terjadi karena pembiasan cahaya matahari oleh butir-butir air. Pelangi juga dianggap sebagai gejala optik dan meteorologi berupa cahaya beraneka warna saling sejajar yang tampak di langit atau medium lainnya.Pelangi tampak sebagai busur cahaya dengan ujungnya mengarah pada horizon pada suatu saat hujan ringan dengan membentuk warna-warni indah di langit yang muncul di cakrawala.
   Fenomena alam ini dapat dilihat di sekitar air terjun yang jelas dan biasanya pelangi muncul setiap selesai hujan. Banyak orang yang menyukai pelangi, tak heran bila kemudian pelangi dijadikan suatu simbol keceriaan dan kebahagiaan yang berlaku secara universal.

II. Urutan Sebab Akibat
     Pelangi terjadi disebabkan oleh proses pembiasan cahaya oleh prisma air hujan sehingga menciptakan spektrum warna. Cahaya matahari yang dibiaskan oleh titik-titik air hujan bergerak menjauhi partikel-partikel datangnya air hujan. Inilah yang kemudian membuat bentuk pelangi melengkung seperti bentuk busur panah. 
    Syarat terjadinya pelangi ada 3, yaitu adanya cahaya matahari, redanya hujan, serta objek yang melihatnya. Cahaya matahari berfungsi sebagai sumber cahaya yang dibiaskan oleh prisma air hujan. Tanpa cahaya matahari tidak akan pernah ada pelangi. Inilah yang menyebabkan mengapa pada malam hari kita tidak akan pernah menemukan adanya pelangi yang terbias di langit sekitar rumah , begitupun bila kondisi siang yang mendung tanpa ada matahari yang masuk menembus awan-awan tebal.
      Selain cahaya matahari, redanya hujan juga menjadi syarat utama terjadinya pelangi. Hujan yang reda menyisakan butiran-butiran air berukuran kecil yang berfungsi sebagai prisma penghasil ilusi optik. Cahaya matahari dipendarkan dan dibiaskan menjadi beragam warna indah dengan urutan merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu. Warna-warna tersebut sering dikenal dan disingkat menjadi mejiku-hibiniu. 
     Dan syarat terakhir terjadinya pelangi adalah adanya objek yang melihat atau mengamatinya pada titik yang tepat. Berarti, pelangi sebenernya hanya sebuah ilusi optik. Pelangi dapat dilihat dari suatu titik. Namun, orang yang berada di sekitar tempat munculnya pelangi bisa tidak melihatnya atau melihat tetapi pada titik muncul yang lain. 
     Dengan terjadinya proses pembiasan cahaya sinar matahari oleh butir-butir  air hujan mengakibatkan langit  menjadi indah karena adanya pelangi yang berwarna-warni yang dapat dilihat dengan jelas melalui indra penglihatan


Sumber http://contohmajasku.blogspot.co.id/2017/02/contoh-teks-eksplanasi-pelangi.html?m=1

https://www.eduspensa.id/contoh-teks-eksplanasi-pelangi/

https://www.google.co.id/amp/m.merdeka.com/amp/pendidikan/proses-terjadinya-pelangi-yang-muncul-saat-hujan-gerimis.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar